Connect with us

News

PMI Bukittinggi Dirikan Posko Pertolongan Pertama di Jam Gadang

PMI Bukittinggi Dirikan Posko Pertolongan di Jam Gadang


Kepala markas PMI Kota Bukittinggi serta staf dan relawan fot bersama Walikota, Wakil Walikota dan forkopimda Bukittinggi di depan pos kesehatan, Rabu (13/6)

BUKITTINGGI – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Bukittinggi menyiapkan posko Pertolongan Pertama kepada masyarakat di area Jam Gadang, Kamis (13/6/2018).

Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas mengatakan, Keterlibatan relawan PMI Kota Bukittinggi adalah suatu kewajiban dari organisasi kepalangmerahan, karena dalam setiap kegiatan yang memerlukan pertolongan pertama, relawan PMI Kota Bukittinggi langsung turun dibawah komando kepala markas, Ahmad Jais. Sesuai dengan motto PMI Kota Bukittinggi “Siap Bantu” dan PMI Bersama Untuk Kemanusiaan, dalam artian PMI tidak dikenal sebagai transfusi dan donor darah saja, tetapi juga menolong sesama manusia.

Ditambahkannya, dalam posko Hari Raya Idul Fitri 1439 H di Jam Gadang PMI Kota Bukittinggi dilengkapi dengan ruang ibu menyusui dan unit kendaraan ambulance berikut tenaga media yang siap menolong, ucap Chairunnas.

Dalam penempatan posko kesehatan, PMI Kota Bukittinggi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota, sengaja PMI Kota Bukittinggi mendirikan posko kesehatan menyebar disegala arah di tempat keramaian pengunjung. Tenaga relawan berikut tenaga medis siap bantu dalam pertolongan nantinya, mengenai kendaraan ambulance baru, lengkap dengan peralatan medisnya untuk PMI Kota Bukittinggi, yang mana didapat dana hibah dari Pemerintah Kota Bukittinggi.

“Kendaraan ambulance yang baru ini, pada bulan Juli 2018 baru bisa dioperasikan, karena kita sengaja memesan kendaraan ambulance modern yang bisa langsung menjemput pasien dari tangga pesawat. PMI Kota Bukittinggi siap menjemput dari rumah dan mengantar pasien ke rumah sakit secara gratis tanpa dipungut biaya, program ini sudah berjalan sejak kepengurusan periode ini,” terangnya

“Dengan akan dibangunnya rumah sakit umum daerah, PMI Kota Bukittinggi siap membantu melaksanakan program Pemerintah Kota dalam menjemput dan mengantar pasien ke rumah sakit. Target kita bagaimana masyarakat Kota Bukittinggi bisa terayomi dan terbantu masalah kesehatan terhadap pertolongan pertamanya,” ucap Chairunnas.

Sementara itu, Kepala markas PMI Kota Bukittinggi, Ahmad Jais, menjelaskan, PMI Kota Bukittinggi akan menyiapkan 25 sampai 35 relawan tenaga medis yang akan ditempatkan dibeberapa titik untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi petugas dan masyarakat pengguna jalan ataupun yang memang yang akan berliburan ke Kota Bukittinggi, terutama di H+2 dan H+3 kemungkinan masyarakat akan ramai di Kota Bukittinggi.

Adapun posko induk berada di Markas PMI Kota Bukittinggi, sedangkan posko kesehatan lainnya berada berada di depan Jam Gadang, posko ini lengkap dengan peralatan medis dan juga ruangan ibu menyusui dan unit kendaraan ambulance.

Selain itu PMI Kota Bukittinggi juga menempatkan posko kesehatan di objek wisata Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK) atau yang lazimnya disebut objek wisata kebun binatang, dan juga posko kesehatan ditempatkan di pasar Aur Kuning, Birugo, dan halaman polsek Bukittinggi simpang mandiangin.

PMI Kota Bukittinggi dalam keterlibatannya di lapangan, lengkap dengan relawan yang telah terlatih dalam memberikan pertolongan pertama, unit kendaraan ambulance, serta unit kendaraan lapangan yang digunakan staf markas PMI Kota Bukittinggi.

Dalam kesempatan tersebut, Selasa (14/6/2018) Walikota, Wakil Walikota serta Forkopimda Kota Bukittinggi mengunjungi Pos Kesehatan PMI Kota Bukittinggi dan juga di tempat wisata yang ada di wilayah kota Bukittinggi.

Rombongan Forkopimda terdiri dari Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmartias, SH, Wakil Walikota Bukittinggi, H.Irwandi, SH, Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, SIK,MH, Dandim 0304 Agam Letkol Salim, Ketua DPRD Bukittinggi Beni Yusrial, SIP, Sekda Bukittinggi H. Yuen Karnova ,SE.ME dan Asisten 3 Pemko Bukittinggi Ir. H .Zet berkunjung ke Pos Yan Jam Gadang, Pos Pam Mandiangin, Pos Pantau Aur Kuning dan Pos Pantau Simpang DPRD.

Walikota dalam kunjungan ke posko 1 di depan Jam Gadang, sangat apresiasi dengan inovasi PMI Kota Bukittinggi menyediakan ruagan LAKTASI, dan Walikota Ramlan Nurmatias berpesan, semagat terus jaga kesehatan karena kegiatan masih kita panjang harinya, pesan Walikota Ramlan Nurmatias. (Iwin SB)

BOLA – Piala Dunia (PD) 2018 Rusia bakal segera bergulir. Setiap tim nasional (timnas) bakal diperkuat 23 pemain…

JAKARTA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi VII Rofi Munawar meminta PT. Pertamina…

NASIONAL – Presiden Joko Widodo bersyukur atas terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK)…

JAKARTA – Silaturahim Amien Rais, Prabowo Subianto dan Habib Rizieq menghasilkan kesepakatan bahwa umat Islam dan anak…

TANAH DATAR – Telah menjadi tradisi dalam bulan Suci Ramadhan, berbagai organisasi, kelompok, Syarikat, Komunitas atau…





Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Peringati Mosi Integral Mohammad Natsir, Fadli Zon Hadiahkan Karyanya kepada Anies Baswedan – Fadli Zon

Peringati Mosi Integral Mohammad Natsir, Fadli Zon Hadiahkan Karyanya kepada Anies Baswedan


Anggota DPR-RI, Fadli Zon memberikan karyanya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Karya tersebut berupa buku yang ditulisnya berjudul Islam dan Demokrasi. 

Politisi Senior dari Partai Gerindra ini, menyerahkan karya tulisnya kepada Anies Baswedaan bertepatan dengan peringatan “Mosi Integral” Mohammad Natsir. 

Peringatan tersebut jatuh pada tanggal 3 April 1950. Mosi Integral Mohammad Natsir dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia sering disebut sebagai Proklamasi ke-2. Sekaligus dicatat sebagai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari ini, 3 April (1950) kita peringati “Mosi Integral” Mohammad Natsir, Proklamasi ke-2 lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya, sebagaimana diposting dalam laman akun twitter pribadinya @fadlizon pada tanggal 3 April 2021.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Berita

Fadli Zon Bertemu Ernie Djohan, Tengku Zulkarnain Teringat Masa Kecil – Fadli Zon

Fadli Zon Bertemu Ernie Djohan, Tengku Zulkarnain Teringat Masa Kecil


Politikus Partai Gerindra Fadli Zon memosting pertemuannya dengan penyani legendaris Ernie Djohan di lini masa akun Twitternya.

Dalam pertemuannya dengan pelantun tembang-tembang lawas ini, Fadli meminta secara khusus minta tandata-tangannya di koleksi piringan hitamnya sebanyak 50-an.

Fadli mengungkapkan pelantun lagu Teluk Bayur dan Kau Selalu di Hatiku itu sebentar lagi akan memasuki usia 70 tahun.

“Ketemu penyanyi legendaris Uni Ernie Djohan sekalian minta tanda tangan utk 50an piringan hitam. Sebentar lg berusia 70 tahun, dan sudah berkarya sejak usia 12 tahun. Lagu yang terkenal antara lain Teluk Bayur, Kau Selalu di Hatiku, Mutiara yang Hilang. Sehat terus Uni,” kata Fadli dikutip dari lini masa akun Twitternya, @Fadlizon, Sabtu (27/3/2021).

Postingan Fadli Zon langsung direspons sejumlah pengguna Twitter. Salah satunya mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain yang mengaku saat kecil hafal lagu-lagu Ernie Johan.

“Salam buat Uni Ernie Djohan…Saat kecil hampir semua lagu beliau saya hafal. Mutiara yang Hilang salah satu yang terbaik…” cuit pria yang biasa disapa Ustad Tengku Zul ini.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Berita

Mereka Kelihatan Jujur – Fadli Zon

Polemik Hagia Sophia, Fadli Zon Sarankan Indonesia Tunjukkan Sikap Terbuka


Politikus sekaligus anggota DPR RI Fadli Zon baru-baru ini angkat suara menanggapi pernyataan Kapolsek Setu yang mengaku tidak tahu menahu soal adanya kabar dan informasi anggota polisi penembak Laskar FPIyang meninggal dunia.

Dalam cuitan yang diunggah di akun Twitternya, Fadli Zonmengungkapkan pendapatnya soal Kapolsek Setu yang menyampaikan bahwa dirinya tidak menerima laporan insiden kecelakaan tunggal yang mengakibatkan anggota polisi penembak FPI meninggal dunia.

Fadli Zonmenilai bahwa Kapolsek Setu terlihat sebagai sosok pemimpin yang jujur, sehingga pernyataan yang disampaikannya diyakini sebagai pernyataan yang penuh dengan kejujuran.

Kapolseknya kelihatan jujur,” tulis Fadli Zon sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari akun Twitter @fadlizon, Minggu, 28 Maret 2021.

Diketahui sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyebut satu orang polisi terlapor dalam kasus pembunuhan di luar hukum atau unlawful killing terhadap empat laskar FPI meninggal dunia akibat kecelakaan.

Diberitakan Pikiran Rakyat sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Harianto membenarkan informasi tersebut.

“Saat gelar perkara, saya mendapat informasi kalau salah satu tersangka meninggal dunia karena kecelakaan,” kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis, 25 Maret 2021.

Namun demikian Agus tidak merinci di mana lokasi kecelakaan anggota polisi tersebut hingga akhirnya meninggal dunia.

“Silahkan ditanya ke penyidik ya,” ucapnya.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer