Connect with us

Tanah Datar

Polres Tanah Datar Gelar Konferensi Pers Menjelang Akhir Tahun – siarminang.net

Polres Tanah Datar Gelar Konferensi Pers Menjelang Akhir Tahun – Beritasumbar.com

Tanah datar,siarminang.net,-Jajaran Polres Tanah datar mengadakan konferensi pers dengan wartawan yang bertugas di Tanah Datar di gedung utama Mapolres Tanah datar pada Rabu 30 Desember 2020.

Kegiatan tersebut bertujuan mengupas serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait kinerja Polres Tanah Datar dalam satu tahun ini.

Hal tersebut disampaikan oleh kapolres tanah datar AKBP Rokhmad Harry Purnomo S.IK dalam pers rilis yang diserahkan kepada wartawan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat kinerja jajaran Polres Tanah datar satu tahun terakhir.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tugas, serta sudah sejauh mana pencapaian yang diraih serta antisipasi persoalan yang dihadapi saat bertugas dilapangan” terangnya

Ditambahkan lagi dalam pers rilis tersebut kasus yang meningkat pada jajaran polres tanah datar yaitu kasus narkoba pada kalangan dibawah umur.

“Selama tahun 2020 ada 8 kasus narkoba dibawah umur, ini meningkat sebanyak 800% dibanding tahun 2019 lalu” ulasnya lagi

Kedepan kita jajaran polres tanah datar akan tetap bersinergi bersama masyarakat mewujudkan ketertiban sehingga pelanggaran dapat diminimalisir harapnya. (Rezki)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tanah Datar

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBU – siarminang.net

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBU – Beritasumbar.com

Sering Konsumsi Narkoba Jenis Sabu,Pemuda Lintau Di Ciduk Polsek LBUTanah Datar,siarminang.net – Diduga sering mengkonsumsi narkoba jenis Sabu,seorang pemuda di Lintau diciduk Polsek Lintau Buo Utara Sabtu,10/07/2021 di warung milik Orang Tua Terduga.

Kapolsek Lintau Buo Utara,IPTU Pifzen Finot,S.H,M.H menerangkan,”memang benar telah terjadi penangkapan terhadap salah seorang pemuda berinisial GT alias A (31) tahun warga Jorong Ampek Korong,Nagari Balai Tangah.

Kronologi penangkapan,berawal dari informasi masyarakat yang memberikan laporan, bahwasanya GT alias A sering terlihat menggunakan Narkoba jenis Sabu di sekitar tempat tinggalnya.”dari informasi tersebut Polsek Lintau Buo Utara bersama anggota langsung melakukan penyelidikan.

“Saat di lakukan penyelidikan sekitar pukul 17.00 WIB,GT diciduk dan langsung di geledah hingga ke kamar dalam kedai tempat GT sering tidur.”ketika penggeledahan anggota Polsek menemukan 1 paket Sabu yang dibungkus plastik bening dibalut kertas timah rokok.”waktu di konfirmasi,terduga membenarkan paket tersebut adalah miliknya.

“Terduga beserta barang bukti,selanjutnya di amankan ke Mapolsek Lintau Buo Utara,guna dilakukan pemeriksaan lanjutan dan kemudian di serahkan ke Satuan Narkoba Polres Tanah Datar.

GT di jerat pasal 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) UU RI No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan pidana penjara 4 (empat) tahun hingga 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp.800.000.000.(haries)



Sumber

Baca Selengkapnya

Tanah Datar

Serbuan Vaksinasi Nasional Di Wilayah Hukum Polsek Lintau Buo Utara Tingkatkan Animo Masyarakat. – siarminang.net

Serbuan Vaksinasi Nasional Di Wilayah Hukum Polsek Lintau Buo Utara Tingkatkan Animo Masyarakat. – Beritasumbar.com

Tanah Datar,siarminang.net – Dalam rangka mendukung program pemerintah pusat,Polsek Lintau Buo bekerjasama dengan Dinas kesehatan selenggarakan Serbuan Vaksin Masal kepada Masyarakat di Kecamatan Lintau Buo,Sabtu 26/06/2021 di dua puskesmas setempat.

Iptu Pifzen Finot,SH.MH, Kapolsek Lintau Buo Utara mengatakan,”Penyelenggaraan kegiatan Serbuan Vaksinasi Nasional TNI – Polri yakninya,kegiatan sehari satu juta orang yang akan di vaksin masal.”pelaksanaan pemberian vaksin sendiri merujuk kepada dukungan aparatur TNI – Polri guna memperingati hari Bhayangkara ke 75 tahun 2021 serta mendukung program Presiden RI.

“Alhamdulillah,Kami dari anggota Polri sangat bersyukur karena tingginya tingkat animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi,dari yang kita targetkan berkisar 200 orang peserta,pada saat akan dimulainya vaksin menjadi 263 orang yang mendaftar di dua Pelayanan kesehatan masyarakat Kecamatan Lintau Buo Utara.

“Giat vaksin tersebut kita bagi menjadi dua tempat yakninya,Puskesmas Lintau Buo Utara I Lubuk Jantan, Puskesmas Lintau Buo Utara II Tanjung Bonai dan berikut sebagian datanya :
Petugas / Vaksinator Puskesmas Lintau Buo Utara I Lubuk Jantan berjumlah 6 orang

  1. Dr Yogi
  2. Ns. Syafrianti,S.Kep
  3. Nita Kurniati, Amd.Keb
  4. Nila Yulia Ningsih
  5. Silvia Agustari,Amd. Keb
  6. Nelna Ningsih. Amd.Kl
    Jumlah peserta
    • Datang Mendaftar : 122 orang
    • Screning : 119 orang
    • Divaksin : 99 orang
    • Tertunda : 20 orang

Petugas / Vaksinator Puskesmas Lintau Buo Utara II Tanjung Bonai berjumlah 6 orang, sbb :

  1. Dr. Mila Harmades
  2. Yeni Hasmita (Perawat)
  3. Salmaiza And keb (bidan)
  4. Yanti Deswita (Bidan)
  5. Eka Fikri Yani (perawat)
  6. Irma Febriani (perawat)
    Jumlah peserta
    • Datang Mendaftar : 141 orang
    • Screning : 127 Orang
  • Divaksin : 124 Orang
    • Tertunda : 3 Orang

Vaksinasi diberikan kepada masyarakat mulai dari usia 18 Tahun keatas yang memenuhi syarat untuk divaksin dan juga menunjukan kartu tanda pengenal berupa Kartu Tanda Penduduk atau Kartu keluarga. Adapun Mekanisme pemberian Vaksinasi sebagai berikut :
• Meja I. Pendaftaran/ Registrasi
• Meja II. Screning (Layak atau tidak)
• Meja III. Vaksinasi/penyuntikan
• Meja IV. Observasi (Sasaran dilaksanakan
Observasi selama lb kr 30 Menit, untuk
pemantauan KIPI) dan Pencatatan atau pelaporan.(haries)



Sumber

Baca Selengkapnya

Tanah Datar

Tim Pengabdian Masyarakat Dari Kampus Unand Gelar Perlatihan Optimalisasi Berkoperasi Di Nagari Pariangan – siarminang.net

Tim Pengabdian Masyarakat Dari Kampus Unand Gelar Perlatihan Optimalisasi Berkoperasi Di Nagari Pariangan – Beritasumbar.com

Tanah Datar,siarminang.net,-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Keperawatan, Universitas Andalas, Padang yang diketuai oleh Ns. Boby Febri Krisdianto, S.Kep., M.Kep., menyelenggarakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan dengan tema “Optimalisasi Potensi Desa Wisata Nagari Pariangan Melalui Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Penerapan Protokol Kesehatan dan Berkoperasi” pada Rabu, 2 Juni 2021. Nagari Pariangan merupakan nagari di kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat; disebut juga sebagai Nagari Tuo Pariangan merupakan desa atau nagari paling tua yang menjadi cikal bakal rakyat Minangkabau. Nagari Pariangan pernah dinobatkan sebagai desa terindah di dunia oleh media ternama asal New York beberapa tahun lalu. Pariangan termasuk dalam daftar lima desa terindah di dunia versi Travel Buget disandingkan dengan Wengen di Swiss, Eze di Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, dan Cesky Krumlov di Cekoslovakia. Terletak sekitar 95 kilometer arah utara ibu kota provinsi (Kota Padang), selain tanahnya subur dan berhawa sejuk, Pariangan berada di lereng Gunung Marapi.

Dalam penyuluhan tentang penerapan protokol kesehatan yang berfokus pada daerah wisata, Tim PKM F. Kep. Unand menghadirkan narasumber Ns. Feri Fernandes, S.Kep., M.Kep., seorang Dosen atau Akademisi dari Universitas Andalas. Sedangkan untuk pelatihan berkoperasi difasilitatori oleh Virtuous Setyaka, S.IP., M.Si., seorang Dosen atau Akademisi dari Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas yang juga Ketua Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM). Tim PKM F.Kep., Unand berharap melalui penyuluhan dan pelatihan yang pesertanya adalah masyarakat umum dan khususnya para pengelola tempat wisata di Nagari Pariangan.

Penyuluhan dan pelatihan yang diselenggarakan di Aula atau Ruang Pertemuan lantai 2 di Komplek Kantor Wali Nagari Pariangan itu dihadiri juga oleh para Perangkat Nagari dan Tokoh Masyarakat setempat. Para peserta sangat antusias ketika diskusi interaktif dengan narasumber dalam dua topik berbeda tapi saling melengkapi tersebut. Kebutuhan untuk peningkatan kesadaran dan kapasitas tersebut juga akan berdampak langsung pada peningkatan pendapatan atau penghasilan ekonomi melalui pengelolaan potensi wisata yang ada di sana.

Masyarakat di Nagari Pariangan sebelumnya sudah mengenal koperasi dan menyelenggarakan koperasi, namun koperasi simpan pinjam yang bernama Sandi Laweh. Meskipun sampai saat ini koperasi tersebut masih ada, namun terkendala dengan ketidaktaatan para anggotanya dalam mengembalikan pinjaman. Selain itu, koperasi tersebut juga sudah tiga tahun tidak menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan. Berbagai permasalahan yang dihadapi koperasi tersebut, dicoba untuk ditemukan solusinya secara bersama-sama dalam pelatihan tersebut.

Selain memfasilitasi untuk menemukan solusi, Virtuous Setyaka juga menyampaikan informasi tentang perlu dan pentingnya Koperasi Sandi Laweh untuk mengembangkan unit usaha dalam pengelolaan potensi wisata di sana. Koperasi wisata di Indonesia sudah ada dan semakin populer sejak tahun 2019 khususnya setelah adanya penetapan destinasi wisata premium di Indonesia oleh pemerintah. Selain itu, pada tahun 2020, Kementerian Koperasi dan UKM pun juga mendorong agar pengelolaan wisata yang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian, penciptaan lapangan kerja, dan penghasil devisa negara; sebaiknya memang menjadikan koperasi sebagai basis kelola wisata.

Virtuous Setyaka



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer