Connect with us

Pasaman Barat

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam – siarminang.net

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam – Beritasumbar.com

Pasaman Barat,siarminang.net,-Akhir akhir ini warga Pasaman Barat di resahkan dengan maraknya balapan liar. Sikapi keresahan warga tersebut, Polres Pasaman Barat melalu jajarannya lakukan razia. Sabtu 23/1 malam sekira pukul 22.00 wib razia digelar di Simpang Empat Pasbar.

Giat malam itu langsung dipimpin Kabag Ops. Kompol Muddasir didampingi beberapa Kasat lain dilingkungan Polres Pasbar.

Kapolres Pasbar AKBP. Sugeng Hariady menyatakan bahwa giat ini sebagai bentuk antisasi maraknya pelanggaran yang dilakukan pengendara sepeda motor dan aksi Balap liar yang kian meresahkan masyarakat khususnya di wilayah hukum Resort Pasaman Barat.

“Kita menindak para pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, serta memfokuskan pada pengendara yang mengunakan Knalpot Racing dan aksi berbahaya para pengendara di jalan raya, seperti balap liar dijalan raya, ” ungkap AKBP. Sugeng Hariady.(RM)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Buku Antologi Puisi

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat – siarminang.net

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat – Beritasumbar.com


Simpang Empat, Pasaman Barat (siarminang.net) – Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat  sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Peluncuran buku Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang dihadiri oleh para penulisnya, para pegiat literasi, guru-guru Bahasa Indonesia, dan beberapa guru penulis di Pasaman Barat, juga Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Pasaman Barat, serta para undangan. Acara berlangsung meriah dan penuh haru.

Ketua FPL Pasbar, Denni Meilizon secara simbolis menyerahkan buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ kepada Robiyanto, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Pasaman Barat.

Denni Meilizon, Ketua Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar), pada acara tersebut mengatakan bahwa buku antologi puisi Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang merupakan buku cetak perdana produksi FPL Pasbar. 

“Ada 75 orang remaja pelajar yang naskah puisinya dipilih tim kurator masuk dalam antologi perdana kita ini. Temanya tentang nasionalisme dan kemerdekaan. Bagaimana Indonesia saat ini dan masa depan di mata generasimuda kita. Nah, untuk proses pracetak dan cetak penerbitan buku ini kita bekerjasama dengan penerbit Denta Publisher yang kantornya berada di  Nagari Kapa Pasaman Barat. Sedangkan tim kuratornya dari FPL Pasaman Barat. Jadi buku ini insyaallah murni kerja bareng kita di Pasaman Barat,” kata Denni Meilizon. 

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Q Abdan Solihan, Ketua Panitia acara tersebut mengatakan pelaksanaan kegiatan peluncuran buku tersebut telah menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, bekerjasama dengan pihak Cafe Seven. 

“Jelas kita terapkan prokes. Kita sediakan cuci tangan, pengunjung kita imbau memakai masker dan duduk menjaga jarak. Alhamdulillah, acara sukses dan tertib,” kata Abdan. 

Acara peluncuran buku tersebut makin dimeriahkan oleh beberapa peserta dan pengunjung yang didapuk panitia untuk tampil membacakan puisi. Termasuk guru-guru yang datang mendampingi siswa yang karyanya terbit dalam antologi puisi tersebut. 

Sementara itu, Desma Enim Tanjung dari penerbit Denta Publisher tampil enerjik menjelaskan dengan detil bagaimana proses penerbitan sebuah buku di perusahaan penerbitnya. Penjelasan tersebut sangat bermanfaat bagi pengunjung terutama mereka yang sudah memiliki naskah, tetapi bingung untuk menerbitkannya. 

Robiyanto, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Pasaman Barat yang antusias datang bersama istri, seorang guru penulis yang baru saja menerbitkan buku kumpulan cerpen, mengatakan, “Kegiatan informal dengan isi positif ini harus diusahakan digelar sesering mungkin. Kalau dapat sebulan sekali. Banyak hal yang tersampaikan dalam forum terbuka, membaur dan mengalir seperti ini. Kita dapat berdiskusi lebih jujur dan intens, terkait konsep dan kegiatan kreatif di Pasaman Barat.”

Denni Meilizon didampingi Yusuf, Pemilik Cafe Seven, menanggapi, “Kita butuh ruang untuk kreatif. Cafe Seven dengan konsep ruang terbuka dan instagramable seperti ini saya harap bisa menjadi ruang lapang bagi kawan-kawan untuk mengusung kreatifitasnya ke arah yang positif. Ke depan diskusi buku dan kegiatan seni, sastra dan budaya dapat kita jadwalkan digelar di kafe ini.”

Najwa, salah seorang penulis buku Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang menyatakan rasa haru dan bangga atas terbitnya buku tersebut, “Ini buku pertama saya, walaupun keroyokan, yang jelas saya akan menulis lagi. Semoga nanti bisa terbit buku karya saya sendiri.”

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)



Sumber

Baca Selengkapnya

Pasaman Barat

Jelang Akhir Tahun, RISPA Adakan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi – siarminang.net

Jelang Akhir Tahun, RISPA Adakan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi – Beritasumbar.com

Pasaman Barat,siarminang.net,- Remaja Islam sebagai salah satu pilar penggerak masjid merupakan unsur penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian sosial masyarakat, khususnya bagi remaja.

Remaja Islam Pasar Satu atau disingkat RISPA kenagarian Air Bangis adalah salah satu organisasi remaja masjid yang sudah berdiri sejak tahun 2002 yang lalu, menjadi salah satu potensi sumber dalam pembentukan karakter dan kepribadian remaja di Air Bangis.

Hingga saat ini, setidaknya sudah tercatat sebanyak 7 kali suksesi kepemimpinan Remaja Islam Pasar Satu (RISPA), secara berturut-turut; Hiflan Nafis, M. Rezki Putra, Khairul Zikri, Hafia Akbar, Doni, Junaidi dan Abdul Rasyid.

Abdul Rasyid selaku Ketua RISPA ke-7 mengangkat kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (KMO) sebagai salah satu proses pengkaderan bagi seluruh anggota RISPA, sehingga bisa menjadi bekal dalam memimpin organisasi ke depannya. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di lantai 2 Masjid Nurul Yaqin Air Bangis (Masjid Tertua Pasaman Barat), hari ini (30/12).

Rasyid berharap agar dengan pelaksanaan kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan dan wawasan anggota RISPA untuk dapat dilaksanakan dalam melaksanakan keorganisasian.

Lebih lanjut, Rasyid mengharapkan agar segala bentuk kegiatan positif yang diangkat oleh RISPA ini bisa didukung oleh seluruh elemen masyarakat, terkhusus bagi jamaah Masjid Nurul Yaqin, ungkapnya.

Selanjutnya, Hafia Akbar selaku demisioner RISPA merasa bangga atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Semoga kegiatan seperti ini tetap bisa dilanjutkan dan diambil manfaatnya bagi seluruh anggota RISPA, tuturnya.

Insanul Maqfur selaku pendamping RISPA mengaku terkejut atas keberhasilan Pengurus RISPA dalam mengangkat kegiatan tersebut. Apalagi, kegiatan itu hanya dipersiapkan hanya dalam beberapa hari saja. Salut untuk adik-adik RISPA, tuturnya.

Acara pelatihan tersebut dimulai dari jam 14.00 dan berakhir sampai jam 22.00 dengan ragam muatan materi kepemimpinan dan manajemen keorganisasian serta Achievement Motivation Training (AMT).

Nurul Hidayah selaku peserta dalam acara tersebut, sangat apresiasi atas acara yang diangkatkan itu. Dia mengungkapkan bahwa tidak pernah merasakan kegiatan seperti ini sebelumnya dan dengan penuh bangga ia berterimakasih kepada Pengurus RISPA atas acara tersebut, pungkasnya.

Sementara itu, Khairul Zikri selaku inisiator dan penggagas acara juga merasakan surprise atas keberhasilan acara tersebut. Semoga RISPA semakin bangkit dan semakin berjaya dengan kegiatan-kegiatan produktif lainnya, tentunya agar mutu dan kualitas jamaah masjid kita juga semakin lebih baik lagi di masa mendatang, tutupnya. (khz).



Sumber

Baca Selengkapnya

Pasaman Barat

Polres Pasbar Gelar Sertijab 2 Jabatan Kasat dan 1 Kapolsek – siarminang.net

Polres Pasbar Gelar Sertijab 2 Jabatan Kasat dan 1 Kapolsek – Beritasumbar.com

Pasaman Barat,- siarminang.net,- Rotasi bergulir di Jajaran Polres Pasaman Barat. Dua jabatan Kasat (Kepala Satuan) dan satu Kapolsek (Kepala Polisi Sektor) di wilayah hukum Resort Pasaman Barat, Sumatera Barat terjadi pergantian. Acara Serah terima jabatan (sertijab) dilaksanakan pada Kamis (5/11) kemaren di halaman Mapolres setempat.

Kapolres Pasaman Barat AKBP. Sugeng Hariyadi, S.I.K,. M.H, langsung memimpin gelaran sertijab hari itu. Kasat Lantas AKP Asep Wahyudi digantikan pejabat Baru IPTU Indra Kusuma.

Sementara pejabat Baru AKP. Yulandi yang dulu menjabat Kasat Shabara di kota Wisata Bukittinggi mengantikan posisi Kasat Sabhara Pasbar yang di pegang AKP. Edi Yunasri. Untuk pejabat dijajaran sektor, Kapolsek Gunung Tuleh IPTU. Zulfikar digantikan oleh AKP. Mulyadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdiannya selama ini dan selamat bertugas di tempat yang baru, ” sampai AKBP.Sugeng Hariyadi dalam giat itu.

Setelah dilakukan sumpah Jabatan kepada Pejabat baru dan Penanda Tanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan, dikatakan Kapolres bahwa serah terima jabatan merupakan penghargaan pimpinan terhadap kinerja dan sebagai Promosi Jabatan.

“Semoga pejabat baru dapat menyesuaikan diri dan membantu sumbangsihnya dalam melaksanakan tugas kedepan di Polres Pasaman Barat, “harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Waka Polres Pasaman Barat, Kompol. Abdus Syukur Felani, Kabag Ops, Kabag Sumda, Kabag Ren, Para Kasat, Para Kasubag, Para Kapolsek , Para Perwira Polres, Personil Polres dan Polsek wilayah hukum Pasaman Barat.(RM)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer