Connect with us

dekranasda

Solok Selatan Luncurkan Seragam Daerah Bagi ASN Dan Pelajar – siarminang.net

Solok Selatan Luncurkan Seragam Daerah Bagi ASN Dan Pelajar – Beritasumbar.com

Padang Aro, siarminang.net – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) meluncurkan motif baju seragam daerah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelajar di daerah tersebut, Selasa (23/12).

Pelaksana Tugas Bupati Solok Selatan melalui Pejabat Sekretaris Daerah Fidel Efendi mengatakan bahwa peluncuran baju seragam daerah oleh Dekranasda untuk pegawai dan pelajar diharapkan akan membawa dampak positif terhadap pemerintah daerah, karna motif yang dibuat berdasarkan ciri khas dan ikon Pariwisata Daerah Kabupaten Solok Selatan.

“Saya mengapresiasi peluncuran baju motif bagi pegawai dan pelajar ini, semoga membawa dampak positif bagi Pemda dan menjadi ciri khas serta icon pariwisata,” katanya.

Ia mengatakan bahwa peluang BUMNAG (Badan Usaha Milik Nagari) untuk bekerja sama dengan perajin yang ada di nagari masing-masing sebagai bentuk usahanya terbuka lebar, sehingga permintaan seragam di nagari terutama untuk pelajar SD dan SMP bisa terpenuhi dengan bantuan modal Bumnag tersebut.

Motif baju yang sudah dibuat oleh Dekranasda, katanya bisa digunakan oleh semua perajin di Solok Selatan. Para pengrajin diimbau untuk terus meningkatkan kualitas sulaman dan bordiran, sehingga konsumen senang dan nyaman dalam menggunakan produk yang dibuat, serta dengan harga yang yang terjangkau.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan apresiasinya atas peluncuran motif seragam tersebut. Ia mengharapkan perusahaan yang ada di Kabupaten Solok Selatan bisa berkontribusi dalam melakukan pembinaan-pembinaan serta menyelenggarakan acara pemasaran sulaman khas daerah.

Ia meminta Pemda melalui OPD terkait untuk dapat mencarikan pemasaran hasil produk UMKM masyarakat, termasuk usaha sulaman bordir, serta dapat melakukan subsidi kerja sama dengan Bank melalui pembinaan dan pemasaran produk.

“Mari sama-sama kita mensupport kegiatan ini sehingga perajin Solok Selatan langsung mendapat peluang pasar di daerahnya sendiri,” himbaunya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Budiman mengatakan tujuan melaunching Motif baju seragam daerah ini adalah untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya daerah melalui motif untuk seragam baju daerah. Serta mananamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni bagi kehidupan, dan mendorong semangat kewirusahaan. Budiman juga mengatakan bahwa pengerjaan motif pada seragam berbentuk sulaman dan bordiran akan dikerjakan langsung oleh para perajin yang ada di Solok Selatan, sehingga dengan adanya pemakaian motif seragam tersebut akan ikut memberdayakan pengrajin di Solok Selatan. (Akbar)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

beritasumbar

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar – siarminang.net

Lantik Ny.Lira Rizki Kurniawan Nakasri Sebagai Ketua Dekranasda Limapuluh Kota, Ini Pesan Dekranasda Sumbar – Beritasumbar.com

Padang, siarminang.net – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harnely Mahyeldi melantik 11 orang Ketua Dekranasda kabupaten dan kota daerah itu di Kantor Gubernur Sumbar, Rabu (3/3).

Salah satu yang dilantik adalah Ketua Dekranasda Kabupaten Limapuluh Kota, Ny. Lira Rizki Kurniawan Nakasri. Dalam pelantikan itu Ny. Lira tampak menggunakan pakaian tenun khas Kubang Kabupaten Limapuluh Kota.

Ia mengatakan ke depan bisa bekerja sama untuk membawa kemajuan terhadap IKM dan UMKM Kabupaten Limapuluh Kota yang sejatinya memiliki banyak potensi pengrajin.

“Semoga kita bersama bisa membawa kemajuan bagi industri dan deskranada di Limapuluh Kota,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Ny.Hj.Harneli Mahyeldi, mengucapkan selamat kepada Ketua Dekranasda masa bhakti 2021-2024 yang baru saja dilantik. 

Amanah tersebut katanya, agar dapat dilanjutkan dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Pelantikan ini bukan hanya seremonial belaka, namun dibalik itu terdapat tanggung jawab besar dalam mengembangkan produk kerajinan lokal daerah ” tutur Hj Harneli Mahyeldi.

Ny.Harneli Mahyeldi mengatakan, bahwa Dekranasda dalam menjalankan fungsinya yakni membantu pemerintah dalam menggali, melestarikan dan membina kerajinan di daerah.

“Segala inovasi desain ditengah revolusi industri 4.0 harus dimaksimalkan. Sehingga, hasil kerajinan dapat bersaing baik di tingkat lokal maupun di mancanegara,” tuturnya.(Rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer