Connect with us

Limapuluh Kota

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam – siarminang.net

Upacara Dan Tabur Bunga Peringatan Tragedi Titian Dalam – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Kendati gerimis, namun upacara tabur bunga dalam rangka peringatan peristiwa gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam di Kenagarian Pandam Gadang, Kecamatan Gunuang Omeh, Senin (11/1) kemaren tetap berlangsung hikmat dan lancar.

Upacara memperingati peristiwa berdarah dalam rangkaian sejarah Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) 72 tahun silam itu dipimpin Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Dedi Permana dan diikuti anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Khairul Apit, Kaban Kesbangpol Herman Azmar, Wakil Rektor III UMSB Mochammad Abdi, unsur Forkopimda, TNI/Polri, dan pelajar serta para tokoh dan berbagai elemen masyarakat setempat.

Dedi Permana mengatakan kegiatan ini merupakan momentum mengingat kembali perjuangan para syuhada dalam peristiwa bersejarah bangsa yang terjadi di Titian Dalam. Dikatakannya, generasi muda hendaknya benar-benar mengenal para pejuang PDRI di Titian Dalam yang telah mengorbankan jiwa dan raganya bagi negeri ini.

“Setiap tahun pada tanggal 10 Januari kita selalu melakukan peringatan gugurnya 9 Syuhada di Titian Dalam. Mari kita teladani dan warisi semangat pantang menyerah dan rela berkorban yang ditunjukan para syuhada yang gugur dalam medan pertempuran di Titian Dalam itu,” ujar Dedi.

Sementara itu Wakil Rektor III UMSB Mochammad Abdi mengungkapkan kawasan Pandam Gadang merupakan daerah yang kaya dengan potensi sejarah, sehingga ke depan nagari ini sangat layak untuk dikembangkan menjadi kawasan destinasi sejarah. Disamping komplek pemakaman 9 syuhada, juga ada rumah Tan Malaka.

“Kebetulan UMSB dengan Nagari Pandam Gadang juga sedang menyiapkan ke arah pengembangan destinasi wisata sejarah,” ungkapnya.

Sebelumnya, dalam tulisan lintas sejarah peristiwa gugurnya 9 Syuhada pejuang PDRI di Titian Dalam yang ditulis tokoh masyarakat Pandam Gadang Rusli Said Dt. Rajo Imbang menyebutkan, sembilan syuhada yang gugur di Titian Dalam itu adalah Syarif MP, Engku Kayo Zakaria, Dirin, Nuin, Radian, Manus, Nyik Ali, Abas dan Mak Nirin. Para pejuang itu gugur karena dihujani Belanda dengan tembakan ketika berusaha merusak jembatan Titian Dalam agar pasukan Belanda tidak bisa masuk ke Koto Tinggi tempat para pimpinan PDRI.

Dikatakan, kesembilan syudaha itu merupakan orang yang berperan penting dalam keberlangsungan Republik ini. Kalau mereka tidak membuat gangguan terhadap pasukan Belanda yang akan melakukan penyerbuan ke pusat PDRI di Koto Tinggi, barangkali para pemimpin PDRI akan tertangkap oleh para penjajah saat itu.

Rusli berharap, pihak pemerintah bisa membangun patung para syuhada itu menunjuk ke jembatan Titian Dalam, serta membuat prasasti dan tulisan permanen yang menuliskan nama-nama 9 Syuhada tersebut. (relis)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Limapuluh Kota

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra – siarminang.net

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,-Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Piagam penghargaan kompetisi tingkat nasional yang digelar Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) itu diserahkan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didampingi Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Limapuluh Kota Monalisa Irfendi Arbi dalam sebuah acara di pendopo rumah dinas bupati, Senin (25/1/2021).

Irfendi Arbi mengapresiasi dan berterimakasih atas kebolehan Maya. Menurutnya, Maya telah mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khususnya kerajinan tenun di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saya mengapresiasi Ibu Maya Trisno Eko atas prestasinya menjadi juara favorit cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia dengan menggunakan kain Tenun Kubang. Saya juga mengucapkan terimakasih karena beliau telah mempromosikan Tenun Kubang yang merupakan salahsatu kekayaan budaya kita,” papar Irfendi.

Irfendi berharap, prestasi membanggakan yang diraih Maya Trisno Eko menjadi momentum bagi Kabupaten Limapuluh Kota untuk terus melestarikan dan membangkitkan usaha kerajinan tenun di daerah ini. Menurutnya, dukungan terhadap Tenun Kubang akan berdampak positif terhadap penguatan ekonomi masyarakat.

Lebih jauh Irfendi mengajak masyarakat agar ikut mendukung keberadaan Tenun Kubang dengan menggunakan hasil kerajinan industri kain tradisional tersebut dalam berbagai ivent termasuk menjadi pakaian dinas bagi aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Limapuluh Kota setiap seminggu sekali.

“Mari kita viralkan memakai kain Tenun Kubang. Ini adalah warisan nenek moyang yang harus kita lestarikan,” tutur Irfendi sembari mengajak berbagai pihak di daerah ini untuk peduli dan bangga memakai hasil kerajinan tenun tradisional ini.

Sebelumnya Maya Trisno Eko mengaku pada awalnya memutuskan menjadi peserta kompetisi hanya sebatas ikut berpartisipasi karena ia tertarik dengan kain tradisional. Ia tidak menyangka akan keluar sebagai pemenang favorit dalam lomba tersebut.

“Saya maju sebagai perwakilan Bhayangkari se Indonesia dengan memakai pakaian dari Tenun Kubang yang merupakan koleksi pribadi saya. Saya sama sekali tidak menyangka akan menjadi pemenang favorit. Alhamdulillah, ternyata saya bisa mendapatkan dukungan 22.816 likes dan 427 comments,” ungkap Maya sembari berharap prestasi itu membawa semangat dan mampu mengangkat Tenun Kubang ke depannya.

Ikut hadir dalam acara itu Ketua Bhayangkari Cabang Payakumbuh, sejumlah kepala OPD dan organisasi pecinta pakaian tradisional.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang – siarminang.net

Edward DF Sato Sakaki Diacara Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,-Edward DF Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) DPRD Kota Payakumbuh sato sakaki terhadap kegiatan yang akan diselenggarakan Karang Taruna Jorong Padang Tangah Sialang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban.

“Kegiatan yang akan dikordinir generasi muda Jorong Padang Tangah Sialang tersebut adalah syukuran dan doa bersama dengan telah diresmikan dan disahkannya jorong kami oleh pemerintah kabupaten Limapuluh Kota hasil pemekaran dari Jorong Batu Payuang, ” ujar Wanda Samiga Walijorong Padang Tangah Sialang, di Kediaman Edward DF, Minggu (23/01).

Didampingi sekretaris panitia acara syukuran dan doa, Abdul Rahman Dt. Bagindo Bosa, Wali Jorong menyebutkan, Jorong Padang Tangah Sialang sebelumnya tergabung dengan Jorong Batu Payuang Kenagarian Batu Payuang. “Alhamdulillah aspirasi masyarakat untuk memekarkan Jorong ini dikabulkan pemerintahan nagari dan pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota, ” tutur Wanda Samiga yang diamini AR. Dt. Bagindo Bosa.

Untuk mensyukuri nikmat tersebut, jelas Wali Jorong, masyarakat akan melakukan doa bersama dengan menyembelih kambing hari Kamis tanggal 28 Januari 2021 depan. Edward DF memberikan bantuan dalam bentuk anggaran sebagai tambahannya.

Edward DF yang juga Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Randang berpesan, dengan dimekarkannya Jorong Padang Tangah Sialang dari Jorong Batu Payuang, persatuan dan kesatuan masyarakatnya jangan pula tercederai.

“Kita hanya berpisah secara administrasi, tapi secara sosial budaya dan ekonomi kita tetap bersatu dan kompak untuk memajukan Nagari Batu Payuang khususnya dan Kabupaten Limapuluh Kota umumnya, ” harap Edward DF seraya menambahkan semoga acara syukuran dan doa bersama nanti berjalan lancar dan sukses. (rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari – siarminang.net

DPD PKS Limapuluh Kota Kukuhkan Pengurus di 13 Kecamatan dan 79 Nagari – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,siarminang.net,- Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Limapuluh Kota gelar Musyawarah Cabang (Muscab) serentak se-Limapuluh Kota di Aula Hotel Sago Bungsu, Tanjung Pati, Ahad (24/1).

Dalam muscab tersebut, sebanyak 13 kepengurusan PKS pada tingkat kecamatan yang disebut Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan 79 kepengurusan tingkat nagari yang disebut Dewan Pengurus Ranting (DPRa) dikukuhkan dan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua DPD PKS Limapuluh Kota, David Fery Andrio.

David mengucapkan selamat kepada segenap pengurus DPC dan DPra yang baru dan mengucapkan terima kasih kepada pengurus sebelumnya. “Selamat, mari jadikan amanah ini sebagai ladang amal shalih bagi kita. Mari kita tambah anggota dan tambah kursi untuk momentum kemenangan PKS ke depan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua MPW PKS Sumbar, Ustaz Irsyad Syafar mendoakan agar para pengurus yang baru diberikan pundak yang kuat oleh Allah SWT untuk memikul amanah. “Semoga pengurus baru seiring dengan lambang dan mars PKS yang baru, menghadirkan semangat baru untuk bersama melayani rakyat,” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan Muscab tersebut, Ketua MPD PKS Limapuluh Kota Ustaz Dedi Arnofri, Sekretaris MPD H. Yos Sariadi, Sekretaris DED PKS Ustaz Suhadian Bafo, Ketua Fraksi PKS Ustaz Zukron, Anggota DPRD Bisron Hadi, Bendahara DPD PKS Ahlul Badrito Resha, Ketua Bidang Kaderisasi Ustaz Wardi Munir, Ketua Panitia Muscab Fajri Ramadhan dan segenap jajaran pengurus DPD, DPC, serta DPRa PKS se-Kabupaten Limapuluh Kota.(relis)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer