Connect with us

Padang Pariaman

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek – siarminang.net

Yayasan Fisabilillah Bangun Surau Di Nagari Tandikek – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,-Acara peletakan batu pertama pembangunan mushalla Ar-Rasul, Korong Data Kampung Jambak, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman, berjalan sukses dan khidmad, Kamis (31/12/2020).

Ketua Yayasan Fi Sabilillah Sumatera Barat, Hj. Suarni Alif, SH dalam sambutannya mengatakan, yayasan ini, baru terwujud tahun 2020 ini. Namun perencanaan untuk mendirikannya, sudah sejak 2 tahun silam. Pendirian yayasan ini, berawal dari saran dan masukan salah seorang kakak tertua Basyaruddin Alif, agar tanah peninggalan kakek dan nenek yang berna Ar-Rasul dan Zainab, dapat dimanfaatkan untuk mencari Ridha Allah Swt.

Masukan dan saran tersebut, diterima dengan baik oleh anggota keluarga beradik kakak dan anak dan sesuai dengan nama yayasan Fi Sabilillah, artinya, bergerak dalam jalan Allah, intinya semua kegiatan yayasan bertujuan untuk mencari kasih sayang Allah dan bukan untuk usaha bisnis.

Lebih jauh disampaikan Suarni Alif, yayasan ini bergerak dibidang sosial sosial, menyelenga=garakan pendidikan keagamaan, baik formal atau pun non formal dan mendirikan rumah ibadah, pondok pesantren serta madrasah. Selain itu juga menerima dan menyalurkan amal zakat, infak dan sedekah kaum muslimin dan muslimat.

“Alhamdulillah, pada hari ini kita mulai membangun rumah ibadah yaitu mendirikan mushalla berukuran 12×14 meter. Bangunan mushalla ini sampai seesai akan menelan biaya Rp. 500 juta rupiah, sebagai dana awal kami menghimpun sumbangan dalam keluarga. Kedepannya, kami sangat mengharapkan bantuan dan uluran tangan dari seluruh umat Islam dimana saja berada,” ujar Suarni Alif.

Ditambahkan Suarni Alif, diharapkan akan tumbuh menjadi pusat pendidikan keagamaan bagi masyarakat sekitarnya. Selain itu juga untuk dapat dipakai sebagai ibadah rutin (shalat berjemaah 5 watu ). Disamping itu dapat juga sebagai pusat aktitas pendidikan keagamaan bagi generasi muda, seperti Hafisd Al-Qur’an dan belajar kitab kuning.

Bupati Padang Pariaman, diwakili Sekcam Patamuan, Marjoni, memberikan apresiasi kepada pengurus Yayasan Fi Sabilillah Sumatera Barat, atas ini siatifnya untuk mendirikan rumah ibadah umat Islam ini. “Kami berharap, niat baik ini dapat didukung bersama-sama ,” ucapnya.

Ikut memberikan sambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, diwakili Kasi Bimas Adri Ahmad, s.Hi, Ketua MUI Padang Pariaman, H. Syofyan M, Tuanku Bandaro, KUA Patamuan, Kasmir, S.Ag dan Wali Nagari Tandikaek, Syaharuddin.
Terlihat hadir dalam acara itu, pemuka masyarakat Nagari Tandikek, Bujang Pandawa, SE, Bainsa, dan Babinkhamtibmas serta Ketua Bamus Nagari Tandikek, anggota majelis taklim.(aa/andra)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Pariaman

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani – siarminang.net

Prospek Cerah Usaha Minyak Nilam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Kesejahteraan Petani – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net – Tanaman nilam yang bernama latin Pogostemon  patchouli atau Pogostemon cablin Benth adalah tanaman perdu wangi yang memiliki daun berwarna hijau tipis dan tidak kaku. 

Daunnya berbentuk bulat oval dan bulat panjang-menyerupai jantung pada permukaan bagian atas daun terdapat bulu-bulu dan kasar, berwarna hijau tua keungun-unguan dan mengeluarkan aroma yang unik bila diremas, berbatang segiempat, mempunyai banyak cabang dan tumbuh sehingga satu meter tinggi.

Untuk mendapatkan minyak pati (biang) nilam (patchouli oil),  daun tanaman ini dikeringkan terlebih dahulu selama 3-4 hari di atas rak bambu, sehingga mendapatkan berat kering kurang dari setengah berat semula. Adapun daun yang sudah kering lebih banyak menghasilkan minyak atsiri ketimbang daun yang masih basah.

Ada 3 cara untuk mendapatkan minyak nilam, direbus, dikukus, dan penyulingan dengan cara uap.

Minyak nilam ini memiliki sifat sebagai berikut : sukar menguap dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya, larut dalam alkohol, minyak dapat dicampur dengan minyak eteris-minyak terbang lainnya,  minyak nilam punya banyak kegunaan, mulai dari pembunuh serangga, hingga bermanfaat pula sebagai obat-obatan.

Masa panen pohon ini terbilang singkat dan pemeliharaannya terbilang cukup mudah. Bahkan, di sebagian daerah Indonesia tumbuh liar sebagai tumbuhan semak. Masih sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa kandungan daun ini sangat bermanfaat untuk berbagai bidang industri dan bernilai ekonomi.

Manfaat dan kegunaan minyak nilam yaitu: sebagai bahan campuran untuk parfum, sebagai aroma therapy, anti mikroba, sebagai anti oksidan, dan menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka. Selain itu mencegah kulit kering, bahan baku obat, anti serangga, merangsang hormon, dan menyembuhkan dan menghambat luka dari sengatan racun ular berbisa.

Melansir dari berita Ditjen Perkebunan Kementan RI (4/2020), “Indonesia merupakan negara produsen utama minyak nilam dunia, menguasai berkisar 95% pasar dunia. Saat ini, berkisar 85% ekspor minyak atsiri Indonesia didominasi oleh minyak nilam dengan volume 1.200-1.500 ton/tahun, dan diekspor ke beberapa negara diantaranya Singapura, Amerika Serikat, Spanyol, Perancis, Switzerland, Inggris, dan negara lainnya.” kata Kasdi Subagyono Direktur Jenderal Perkebunan dalam arahannya pada video conference meeting (1/4/2020).

“Prospek ekspor komoditi nilam pada masa yang akan datang masih cukup besar, mengingat tingginya permintaan dunia akan minyak nilam,” katanya. Fungsi minyak nilam adalah sebagai bahan pengikat (fiksator) dalam industri Parfum/Fragrance, kosmetik, farmasi, dan aromaterapi, sampai saat ini belum dapat disubstitusi oleh bahan yang lain.

Beberapa jenis nilam yang banyak dikembangkan di Indonesia diantaranya varietas tapak tuan, varietas sidikalang, varietas lhoksumawe dan varietas Pachoullina 1, dan 2 yang di kembangkan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro).

Agar usaha lebih menguntungkan dan dapat terus berjalan, petani nilam disarankan untuk memiliki alat penyulingan sendiri. Usaha ini dapat dilakukan bersinergi dengan BUMDes/ BUMNag yang ada di desa/ nagari.

Dengan demikian, petani dapat langsung melakukan penjualan secara mandiri kepada pihak eksportir (melalui BUMDes/ BUMNag) atau bahkan melakukan ekspor secara mandiri dengan memanfaatkan platform dagang digital, seperti: IDNStore, PaDi UMKM, TaniHUB, dan lain sebagainya.

Saat ini (2021), harga minyak nilam di Indonesia berada di kisaran Rp600 ribu sampai Rp700 ribuan per kg. Di Aceh Barat Daya misalnya, minyak nilam ditawarkan dengan harga berkisar Rp660 ribuan per kg di tingkat petani dan Rp700 ribuan per kg di tingkat penampung. Tidak jauh berbeda, di Touna, Sulawesi Tengah, minyak nilam dijual dengan harga Rp620 ribuan per kg. Sahabat petani, adakah yang berminat menanam tanaman Nilam ini?  oleh H. Ali Akbar. (Syamsul)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik – siarminang.net

DPC Gerindra Padang Pariaman Gelar Sosialisasi Pemakaian Pupuk Organik – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerindra Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga) didampingi DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman mengadakan sosialisasi pemakaian pupuk organik bersama Eco Farming dan Kelompok Wanita Tani KWT Jaya Abadi serta seluruh kelompok tani KWT yang ada di Sintoga,tentang penyuluhan tata cara bercocok tanam yang baik serta tata cara penggunaan pupuk organik yang dipimpin langsung oleh Leader Sumbar Romi Yanto dan Irwan.
Sabtu 8/5/2021

Adapun dalam penyuluhan tersebut Romi Yanto menyampaikan petani itu diajarkan cara bercocok tanam yang baik,dimana sebelum menanam yang harus diperhatikan adalah pemakaian bibit unggul,memperhatikan struktur tanah,pemupukan yang baik,dan selanjutnya Romi Yanto juga mengajarkan cara membuat pupuk kompos dari jerami, Sehingga dengan ilmu yang diajarkan itu petani akan menghemat biaya pemupukan dan kita bisa mengurangi pemakaian pupuk kimia minimal sampai 70 persen, ujarnya

Dikatakan oleh Romi Yanto juga akan membuka denpolot di KWT Jaya Abadi Sintoga untuk pertama kita akan coba bertanam cabe dulu dan seterusnya pupuk Eco Farming bisa digunakan untuk semua jenis tanaman.
“Alhamdulillah para petani tersebut merasa senang dengan pelatihan tersebut, ucapnya

Sementara itu Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Kabupaten Padang Pariaman berterima kasih banyak kepada bapak Romi Yanto dan bapak Irwan yang sudah mau membagi ilmunya untuk petani Jaya Abadi dan kelompok tani lainya yang ada di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga).
“Insyaallah beliau juga siap membantu para petani kita yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, kata Happy Neldy

Begitu juga Ketua PAC Gerindra Kecamatan Sintoga Indra Ravindra juga berterima kasih kepada bapak Romi Yanto dan bapak Irwan dan berharap mau membagi ilmu nya setiap saat untuk petani kita yang ada di Sintoga.
Acara sosialisasi tersebut dikatakan oleh Indra Ravindra agar supaya Para petani bisa memakai pupuk organik (Eco Farming) dan mengurangi pupuk kimia, Memanfaatkan lahan yang kosong, Cara bercocok tanam yang lebih baik dan mendapatkan hasil yang lebih baik serta memuaskan, dan Mencari solusi setiap keluhan petani baik di materi maupun dilapangan, imbuhnya

Dituturkan lagi oleh Indra Ravindra bahwa acara ini semua inisiatif dari Ketua PAC Gerindra Kecamatan Sintoga dan didukung oleh Ketua Gerindra Kabupaten Padang Pariaman Happy Neldy serta disponsori oleh Ketua Eco Farming Romi Yanto beserta Ridwan Palapa, tuturnya

Irwan juga menyampaikan terima kasih kepada bapak Happy Neldy yang sudah menjembatani KWT Jaya Abadi dengan EcoFarming dan juga terima ksih banyak kehadiran rombongan bapak diantaranya Ketua PAC Gerindra Kecamatan Lubuk Alung Dendy Febrianda serta bapak Reza Ramadanu H.

Ditambahkan oleh Indra Ravindra menuturkan sekali lagi kami sebagai Ketua PAC Gerindra dan Ketua KWT Jaya Abadi Sintoga mengucapkan terima kasih banyak semoga ilmu yang bapak berikan dapat bermanfaat bagi kami, pungkas Indra. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Cabul Terhadap Anak Bawah Umur – siarminang.net

Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Cabul Terhadap Anak Bawah Umur – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,-Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman dan gabungan Unit PPA Polres Padang Pariaman berhasil meringkus pelaku tindak pidana pencabulan anak dibawah umur, yang berusia 10 tahun dan masih pelajar kelas 3 SD.

Pelaku tersebut inisial A (47) warga Korong Pintu Gabang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman,Kamis 29/4/2021 sekira pukul 14:30 WIB.

Pelaku A ditangkap atas laporan dari keluarga korban, Dengan laporan polisi No : LP/B/136/IV/2021/Polres Padang Pariaman/Polda Sumbar tanggal 14 April 2021 tentang tindak pidana pencabulan anak dibawah umur.

Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman AKP Ardiansyah Rolindo Saputra mengatakan kronologis kejadian itu berawal pada hari kamis (8/4/2021) sekira pukul 13:00 WIB, saat itu korban sepulang dari sekolah di jemput oleh pelaku dan dibawa menggunakan sepeda motor ke toilet surau Kalarai, Korong Kampung Cubadak Tanah Runtuah, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman.

Sesampainya ditoilet surau kalarai tersebut pelaku itu melakukan aksi bejatnya dengan pencabulan terhadap korban dan setelah selesai melakukan aksi bejatnya korban diantarkan oleh pelaku kembali ke rumah sekira pukul 15:00 WIB dan dari pengakuan korban, pelaku sudah melakukan pencabulan terhadap dirinya sebanyak 4 (empat) kali ditempat yang sama.

Atas kejadian tersebut korban saat ini mengalami trauma dan kemaluan korban mengalami sakit saat buang air kecil. Selanjutnya pihak korban ini melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polres Padang Pariaman, ucap Ardiansyah Rolindo

Lebih lanjut AKP Ardiansyah Rolindo menuturkan setelah pihaknya mendapat laporan itu, Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan Unit PPA Polres Padang Pariaman melakukan penyelidikan terhadap laporan tersebut.

Terhendus keberadaan pelaku berada dirumahnya di Korong Pintu Gabang, Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Selanjutnya sekira pukul 12:00 WIB, Tim yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman langsung bergerak menuju rumah pelaku dan sekira pukul 14:00 WIB,tim mengepung rumah pelaku dan tim berhasil meringkus pelaku,yang mana pada saat itu pelaku selesai mandi.tuturnya

Pelaku berhasil diamankan secara persuasif tanpa ada perlawanan kepada petugas. Pada saat diamankan ditangkap pelaku tersebut pura-pura bodoh seolah tidak bersalah, pelaku merupakan labay/dzikir.

Selanjutnya tim membawa pelaku A ke Mapolres Padang Pariaman guna proses hukum lebih lanjut.
Sampai saat ini tim masih melakukan pengembangan terhadap kasus pencabulan tersebut. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer