Connect with us

am. kuncoro

AM Kuncoro Rilis ‘Kau Dewiku’, Lagu Kontemplasi untuk Bersyukur – siarminang.net

AM Kuncoro Rilis 'Kau Dewiku', Lagu Kontemplasi untuk Bersyukur – Beritasumbar.com

Yogyakarta (siarminang.net) – Eksistensi AM. Kuncoro punya magnet tersendiri bagi industri musik Indonesia. Penyanyi asal Kota Yogyakarta tersebut hadir menyajikan karya-karya lagu anti mainstream, mengikuti idealisme bermusiknya sendiri tanpa terimbas trend musik yang ada, seperti pada lagu Kau Dewiku yang dirilis di channel YouTube Prima Founder TV dan diputar serentak di 78 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 20 April 2021.

AM. Kuncoro tinggal di Yogyakarta, saat diwawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Selasa (20/4/2021) ia mengatakan bahwa lagu Kau Dewiku memuat pesan bahwa apapun proses hidup yang kita alami harus disyukuri. Ketika kita mengenal seseorang, hidup bersamanya, dan mencintainya, tidak ada yang kebetulan, walaupun ada tantangan yang menghadang. Kita harus yakin, itu semua adalah hal yang baik untuk masa depan. Perjuangan dengan segenap jiwa raga sangat perlu dilakukan hingga hidup kita berakhir di dunia.

Seperti dijelaskan AM. Kuncoro, Lagu Kau Dewiku ia tulis pada tahun 2015 sebagai hadiah ulang tahun pernikahan untuk istri tercintanya. Lagu tersebut bercerita tentang proses dari saling mengenal, membangun kebersamaan, hingga akhirnya saling jatuh cinta.

“Kau Dewiku saya jadikan sebagai judul lagunya karena selain memang nama istri, Dewi juga mengandung arti makhluk khayangan, hal ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur dengan menamsilkan istri sebagai anugerah dari surga,” jelas AM. Kuncoro.

Menurut AM. Kuncoro, aransemen musik lagu Kau Dewiku menggunakan konsep pop romantis, instrument piano dan saxophone membuat nuansa romantis lagu tersebut jadi semakin kuat. Para musisi yang terlibat dalam penggarapannya yaitu; Anggoro (piano), Bangkit (saxophone), Luddy Roos (organ), Eckel Ross (mixing), Axel Naray (mastering), dan Rulli Aryanto (Vocal Director). 

Lebih lanjut AM. Kuncoro menjelaskan bahwa Kau Dewiku adalah single yang merupakan bagian dari album perdananya yang bertajuk ‘Teman dan Senang’. Lagu-lagu pada album tersebut sebagian besarnya ia tulis sendiri dan sebagiannya lagi merupakan karyanya bersama rekan-rekan grup band C4 yang personalnya yaitu; Herry Setiawan, Andri Prihantoro, Donatus Arie Hartanto, dan Krisna Winursito.

“Sebelum Prima Founder Records didirikan, banyak kenangan yang tak dapat saya lupakan bersama C4, grup band yang saya bentuk bersama teman-teman semasa kuliah. Saat itu kami belum ada yang punya alat musik. Untuk bisa bermusik, saya pinjam gitar teman yang lain. Bahkan gitar itupun sempat menjadi alat untuk bertahan hidup di Jogja dengan jadi pengamen saat krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998 lalu,” kata AM. Kuncoro. 

AM. Kuncoro menjelaskan motivasi awalnya untuk merilis lagu adalah untuk mendokumentasikan lagu-lagu yang ia tulis. Berkat dorongan dari istri dan keluarganya,  juga dari Rulli Aryanto, salah seorang Owner and Founder Prima Founder Records, maka ia memberanikan diri untuk memproduksi karya-karya lagunya tersebut, agar dapat dinikmati oleh semua orang secara lebih meluas. Dengan dirilisnya single Kau Dewiku, AM. Kuncoro berharap dapat menjadi tambahan semangat baginya, agar terus berkarya dan memberi manfaat bagi orang banyak.

”Bagi saya musik adalah bagian yang tidak bisa lepas dalam setiap proses hidup saya, perasaan suka dan duka dapat diterjemahkan menjadi lebih kuat maknanya melalui musik. Musik memiliki peran yang luas dari setiap aspek kehidupan saya, bukan hanya mengungkapkan rasa, tapi juga menjadi wadah mengungkapkan ide, imajinasi, kritik, ucapan syukur, doa, dan lain sebagainya,” kata AM. Kuncoro.

Rulli Aryanto, salah seorang pendiri Prima Founder Records menyebutkan 78 stasiun radio yang akan memutar serentak lagu Kau Dewiku dari AM. Kuncoro, yaitu: Megaswara FM (Sukabumi), Radio Inayah (Tasikmalaya), MeNara FM (Sukabumi), ADS Radio (Karawang), Taszkia FM (Kuningan), RCA FM (Banjar), Elmitra FM (Sukabumi), Gaya FM (Banjar), Mutiara Radio (Subang), Pusaka FM (Sukabumi), Tamala FM (Tasikmalaya), Trisara FM (Cianjur), Radio Sembilan (Subang), GSP Radio (Pemanukan), DFas FM (Indramayu), Inovasi Radio (Oki), DBFM (Belitang), Gema Randik FM (Musi), Radio Baturaja (SumSel), Global Radio (Palembang), Sriwijaya Radio (Palembang), Swara Unib (Bengkulu), ABCD FM (Prabumulih), Radio Jazirah UMB (Bengkulu), Kayu Agung Radio (Oki), Flamboyan FM (Bengkulu), BE Radio (Batam), UB Radio (Malang), Duta FM (Lampung), Bas Radio (Lampung), Sip FM (Lampung), Mandiri FM (Lampung), Inovasi Radio (Lampung), Rapemda Pass FM, Kis Fm (Cilegon), Serang Radio (Serang), Ujungkulon FM (Pandeglan), Samradio (Cilegon).

Selanjutnya; Prima FM (Serang), Planet DMC (Bima), Sonora FM (Bali), Radio AR (Bali), Duta FM (Bali), Favorit FM (Atambua), Gema Merdeka (Bali), Radio Publik (Bangli), CDBS FM (Bali), Suara Kota Wali (Demak), Salma FM (Klaten), Cbs Radar (Tegal), Suara Diponegoro (Semarang), Yes FM (Cilacap), Shoutuna (Purworejo), J FM (Semarang), Inn FM (Kebumen), Citra FM (Wonosobo), RT FM (Tarakan), Paras FM (Samarinda), KP FM (Pky), Tanjung FM (Bulungan Kaltara), Evella (Pky), FMentaya (Sampit), Stars FM (Palangkaraya), Tarakan FM (Kalimantan Utara), Soka Radio (Jember), Grindulu FM (Pacitan), SKFM (Kediri), Garasi FM (Situbondo), Akbar FM (Jember), Mahardhika FM (Blitar), Fajar FM (Banyuwangi), Si FM (Tuban), MCFM (Banyuwangi), DCS FM (Madiun), Bahana FM (Ngawi), Rasi FM (Magetan), dan Abdi Persada FM (Banjar Baru, KalSel).

Rulli Aryanto juga mengatakan, “Untuk info materi lagu, buat teman radio atau media yang mau ikutan support bisa ke +62 821-2207-0147 (Tixxy). Prima Founder Records bakalan open audisi buat penyanyi baru dari seluruh Indonesia, untuk bisa gabung membawakan karya-karya lagu apik dari AM. Kuncoro dan Donas.”

Video lirik lagu Kau Dewiku dari AM. Kuncoro ada di link berikut ini: https://youtu.be/FXj-BCQt3YU

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

am. kuncoro

Prima Founder Records Siapkan Program Streaming Baru di 2021 Setelah Sukses Menggelar Prima Founder Show – siarminang.net

Prima Founder Records Siapkan Program Streaming Baru di 2021 Setelah Sukses Menggelar Prima Founder Show – Beritasumbar.com

Yogyakarta (siarminang.net) – Prima Founder Records tengah jadi perhatian masyarakat pada saat ini. Aktivitas label di Kota Yogyakarta tersebut tak hanya sebatas musik saja, namun juga pada pelestarian alam. Secara rutin mereka turun ke pantai membersihkan sampah yang bertebaran, dan juga penanaman pohon.

Prima Founder Records didirikan oleh AM. Kuncoro dan Rully Aryanto. Mereka baru saja merilis Prima Founder Show. Program live streaming tersebut memperoleh animo luar biasa dari masyarakat, edisi berikutnya akan digelar pada Jumat, 5 Februari 2021 di kanal YouTube Prima Founder TV.

AM. Kuncoro tinggal di Yogyakarta, saat kami wawancarai melalui akun Whatsapp-nya pada Kamis (4/2/2021) ia mengatakan, “Prima Founder Show dapat menjadi wadah bagi para artis binaan untuk menguatkan kampanye pelestarian alam yang kami lakukan. Pesan-pesan yang dibawakan dalam karya mereka adalah salah satu bukti nyata yang telah dilakukan. Prima Founder Show saya cetuskan bersama Rully Aryanto, pertama kali dilaksanakan tanggal 15 Desember 2020, berikutnya digelar setiap hari Jumat pada pukul 15.30 WIB. Materi yang diangkat dirumuskan oleh Ipun Mardiyanto, Koordinator Prima Founder Show, yang dipandu oleh Manajer Prima Founder Records, Ninuk Dian Suratri, dan juga saya bersama Rully Aryanto sebagai Owner.”

“Prima Founder Show juga jadi jalan bagi para artis binaan kami dan para pegiat lainnya di seni musik, untuk mengasah diri dalam menyajikan karya-karyanya. Prima Founder Show telah menampilkan Alex Yunggun, Bea Serendy, Heniikun Bay, AM. Kuncoro Project, Donas, dan ada Rojanah. Pada edisi 5 dan 12 Februari kami akan menghadirkan dua talent baru yang sudah sangat berpengalaman di industri musik, Donas, dan Rojanah. Sebagai komposer berpengalaman, Donas akan menyajikan lagu-lagu yang ditulisnya. Rojanah akan menampilkan lagu-lagu dengan genre dangdut, sebagai cover dari lagu-lagu yang telah ada. Tidak tertutup kemungkinannya bagi artis di luar label Prima Founder Records juga bisa tampil,” kata AM. Kuncoro.

AM. Kuncoro juga mengatakan, “Melihat animo masyarakat pada program Prima Founder Show yang sedang kami jalankan, membuat kami optimis untuk membuat program-program streaming baru, baik secara live ataupun radio live.”

Seperti juga dikatakan oleh AM. Kuncoro, alam semesta adalah tempat yang perlu dilestarikan, sebagai tanggungjawab kita kepada generasi selanjutnya. Ketika permasalahan polusi, penggundulan hutan, eksploitasi alam yang tidak mempertimbangkan kelestarian alam terus dilakukan, maka akan membawa dampak negatif yang akan dirasakan oleh generasi mendatang.

Prima Founder Records memiliki misi untuk terlibat aktif dan kepedulian pada kebersihan pantai agar selalu terbebas dari sampah yang berserakan, juga pada penghijauan pesisir pantai di Yogyakarta, serta kampanye kelestarian terumbu karang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Pesan-pesan yang dibawakan dalam karya para artis Prima Founder Records adalah salah satu bukti nyata yang telah mereka lakukan.

Lebih lanjut AM. Kuncoro mengatakan, “Prima Founder Records memiliki kantor cabang di Jakarta. Kantor pusatnya di Jalan Asmorodono, Gang Prima No. 2, Pojok Tiyasan, Condong Catur, Yogyakarta. Beberapa program yang telah dan terus kami laksanakan adalah untuk membangun kesadaran para talent binaan kami pada pelestarian seni budaya dan alam, serta kepedulian sosial, dengan cara mendekatkan, memperlihatkan, dan mengalami realita dari problematika yang ada. Hanya dengan cara langsung melakukan para talent binaan kami akan dapat memiliki personal experience dan personal mission di dalam diri mereka masing-masing.”

Rully Aryanto pada kesempatan yang sama mengatakan, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia secara umum dan masyarakat Jawa secara khusus, pelestarian budaya adalah salah satu hal yang menjadi perhatian mereka. Minat untuk memberikan apresiasi pada seni budaya Indonesia hanya bisa dilestarikan dengan terus menerus secara konsisten menyajikan karya, mengenalkan, memberikan edukasi, mewadahi, dan menyebarluaskan ke segala kalangan, baik lokal, nasional, maupun internasional. Hal tersebut mereka upayakan bersama para artis binaan.

Prima Founder Records menyadari, ke depannya perlu untuk saling bekerjasama dengan para pegiat lainnya di seni budaya, bukan hanya musik saja, namun juga dengan para pegiat seni pertunjukan, seni rupa, seni tari, dan lainnya. Mereka berharap budaya Indonesia khususnya budaya Jawa terus berkembang dan tidak digerus oleh budaya asing.

“Kegiatan sosial Prima Founder Records lebih berfokus kepada pendidikan yang bersifat non formal, baik terkait budaya, ekonomi, pertanian, dan teknologi. Dengan fokus kepada pendidikan diharapkan Prima Founder Records dapat memberikan sumbangsih dalam proses peningkatan pola pikir yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia di setiap aspek kehidupan yang ada,” kata Rully Aryanto.

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer