Connect with us

Sijunjung

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas – siarminang.net

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas setempat. Hal itu dikatakannya dalam acara pencanangan Gerakan Sijunjung Berzakat di Balairung Lansek Manih, Selasa (4/5).

Menurut Benny Gerakan Sijunjung berzakat ini akan kita sampaikan kepada seluruh elemen masyarakat yang berhak mengeluarkan zakat, mulai dari zakat penghasilan atau yang dikenal juga sebagai zakat profesi ataupun yang lainnya.

“Pengelolaan zakat lewat baznas ini, sudah banyak manfaat di rasakan oleh masyarakat. Dengan dana zakat ini telah bisa membantu warga Sijunjung yang terkena musibah, apakah musibah banjir, kebakaran, puting beliung, bantuan untuk biaya pendidikan bagi anak yang berprestasi, serta anak kurang mampu tapi memiliki kemauan dan kecerdasan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” katanya.

Pada kesempatan itu Bupati Sijunjung juga menandatangani surat edaran, supaya ASN dan pegawai swasta yang ada di kabupaten Sijunjung berzakat lewat Baznas.

Ketua Baznas Sijunjung Hidayatullah LC,dalam laporannya menyampaikan, bahwa Sijunjung berada di peringkat terbawah dalam rangka pengumpulan zakat lewat Baznas di tingkat Sumbar atau segaris di atas kabupaten Mentawai yang sedikit umat muslim.

 “Saat ini di Sijunjung zakat yang terhimpun baru berkisar pada angka Rp.3 miliar saja. Padahal potensi yang kita miliki bisa mencapai angka Rp.7 miliar lebih.” Katanya.

Ia menyebutkan masih banyak potensi yang belum optimal disentuh, seperti instansi vertikal baru sekitar 15 persen. Bila kita sandingkan dengan Kabupaten Pesisir Selatan yang mampu mengumpulkan zakat mencapai Rp12 miliar.

“Hasil analisa Baznas Sijunjung, masih banyak ASN di sini yang belum  untuk  mengeluarkan zakat. Semoga dengan adanya surat edaran bupati ini, target yang kita harapkan bisa tercapai dengan baik,” harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wabup Sijunjung H.Iraddatillah, Sekdakab Zefnihan, unsur Forkopimda, dan para OPD juga hadir.   Pada kesempatan itu, bupati dan wabup juga menyerahkan zakat yang diterima Ketua Baznas setempat, bahkan juga dilakukan penandatangan surat edaran bupati tentang zakat bupati dan wakil bupati juga menyerahkan paket sembako dari Baznas pada dua orang mustahiq. (alim)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sijunjung

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi – siarminang.net

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan akta kelahiran.

“Kerja sama ini untuk melahirkan program “Anak Lahir Akta Siap” atau disingkat Anla Aksi”,” kata Direktur RSUD Sijunjung Dr.Diana Oktavia di Ruang kerjanya Jumat (7/5).

Ia mengatakan setiap anak yang lahir di RSUD tersebut sudah disiapkan akta kelahirannya, apakah anak itu lahir normal atau lewat operasi pasti diberikan akta. Tinggal yang bersangkutan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan akta kelahiran ini, diantaranya Fotochopy atau scan buku nikah/SPTJM asli ( terlihat biodata dan nomor registrasi), fotochopy atau scan kartu keluarga, fotochopy atau scan keterangan lahir/ SPTJM asli, dan memberi nama anak.

Kemudian, setelah dicetak kartu keluarganya ditandatangani oleh kepala keluarga dengan tinta biru.

Anak pertama yang mendapatkan akta kelahiran di RSUD Sijunjung atas nama  Ayra Monera Ayona anak dari pasangan Yoki Saputra dengan Dona Febriyanti warga Jorong Ambacang Nagari Pulasan kecamatan Tanjung Gadang.

Anak kedua yang mendapat akta Kelahiran dalam program Anla Aksi ini adalah   Annasya Keyla Auriska anak pasangan Rio Winata dengan Riska Andriani warga Jorong Talang Nagari Sei Lansek kecamatan Kamang Baru.

Terobosan yang dilakukan RSUD ini untuk membantu Masyarakat Sijunjung untuk mendapatkan akta kelahiran anaknya dengan mudah.

“Kalau mereka sendiri yang mengurus ke Disdukcapil akan memerlukan biaya transportasi mereka dan memerlukan waktu. Biasanya masalah seperti ini yang membuat orang tua malas mengurus akta kelahiran anaknya,” katanya.

Orang tua akan sibuk mengurus akta kelahiran anaknya, apabila sudah diperlukan seperti mau masuk sekolah dan keperluan lainnya. Dengan adanya program Anla Aksi ini, anak dan orang tua sudah mendapatkan akta kelahiran yang dapat dipergunakan untuk beberapa kebutuhan di adminstrasi jorong, nagari, dan kebutuhan administrasi lainnya. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Sijunjung

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat – siarminang.net

Program Rumah Sakit Peduli Dari RSUD Sijunjung Direspon Positif Masyarakat – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Program Rumah Sakit Peduli yang diluncurkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung mendapat respon positif dari masyarakat sekitarnya, yang mana kepedulian para pegawai fasilitas kesehatan itu dirasakan manfaatnya bagi anak yatim dan masyarakat kurang mampu.

Selama ini Rumah Sakit Peduli memberikan bantuan biaya berobat kepada masyarakat kurang mampu.

“Pada bulan Ramadhan 1442 H para pegawai kembali memberikan santunan kepada anak yatim, bantuan nasi kotak dan takjil untuk berbuka,” kata Direktur RSUD Sijunjung Dr.Diana Oktavia Sp PD ,Jumat (7/5).

Untuk santunan anak yatim sebanyak 30 orang, sedangkan untuk makanan ( nasi kotak dan tajir) sebanyak 100 paket. Paket makanan  ini di berikan untuk warga jorong Ganting Kenagarian Sijunjung.

Adapun sumber dana untuk kegiatan tersebut dikumpulkan dari partisipasi seluruh pegawai RSUD Sijunjung. Kegiatan ini dimulai sejak satu minggu lalu.

“Kita umumkan  ada kegiatan peduli anak yatim dan masyarakat kurang mampu.

Dalam rentang waktu satu minggu, sudah terkumpul uang untuk kegiatan Rumah Sakit Peduli ini,” katanya.

Menurutnya kepedulian para pegawai untuk berbagi dengan masyarakat sekitar dan anak yatim, untuk menimbulkan semangat mereka dalam menghadapi lebaran nantinya. Setidaknya, bantuan santunan anak yatim ini bisa mereka manfaatkan untuk belanja kebutuhan idul fitri.

Kegiatan sosial ini akan selalu kita budayakan di Lingkungan RSUD dan juga mengajak masyarakat Sijunjung yang mendapat rezeki lebih dari yang Kuasa untuk ikut berpartisipasi dengan Rumah Sakit Peduli untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Sijunjung

Cek Posko Operasi Ketupat Singgalang 2021, Ini Imbauan Forkopinda Sijunjung – siarminang.net

Cek Posko Operasi Ketupat Singgalang 2021, Ini Imbauan Forkopinda Sijunjung – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sijunjung melakukan pengecekan kesiapan Posko Sekat Operasi Ketupat Singgalang 2021 di perbatasan Sumbar Riau, tepatnya di Jembatan Timbang Oto, Kecamatan Kamang Baru pada Kamis sore (6/5).

Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan pada kesempatan itu menegaskan kepada seluruh petugas jaga di posko tersebut agar seluruh kendaraan yang masuk ke wilayah hukum Polres Sijunjung harus di cek surat- surat yang berhubungan dengan protokol kesehatan.

“Bagi mereka yang tidak ada surat negatif covid-19 atau tidak memiliki surat antigen dan yang lain, supaya mengurus surat tersebut terlebih dulu. Kalau sudah ada, dan dinyatakan negatif, baru boleh masuk wilayah Sumbar,” kata dia.

Akan tetapi, kalau tidak ada dokumen sesuai dengan protap covid-19, silakan disuruh putar balik ke daerah asalnya.

Lebih lanjut Andry menyampaikan mobilitas perantau jangan sampai menjadikan  klaster penyebaran covid-19 di kampung halamannya dan pihaknya tidak main-main yang berhubungan protap covid-19.  Apabila ada masyarakat perantau yang nekat menerobos posko sekat ini, akan diambil tindakan tegas.

“Posko di Kamang ini juga ditugaskan Satuan Brimob yang siap setiap waktu untuk melakukan pengaman demi kebaikan warga, yang lebih banyak terhindar dari penyebaran virus covid-19,” tegas kapolres.

Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengatakan pada hari ini Kamis (6/5) ada sebanyak 14 orang  positif terpapar covid-19 di kabupaten Sijunjung.

Untuk itu, bagi Warga Sijunjung dan Sumbar yang mau melewati daerah itu yang tidak bisa memperlihatkan dokumen yang menyatakan negatif covid-19, terpaksa kita suruh putar balik.

Kepada personil yang di tugaskan di posko sekat ini, harus ketat terhadap pemudik atau perantau, tidak ada toleransi bagi mereka yang tidak bisa melihat bukti tertulis bahwa mereka dinyatakan negatif covid-19.

“Para petugas di posko untuk menjaga kesehatan, jangan sampai kita pula yang sakit. Untuk itu atur jadwal tugas secara baik sesama anggota. Daerah kita bebas dari covid-19 yang disebarkan oleh klaster perantau,” katanya bupati.

Kemudian Forkopimda menyerahkan bantuan minuman dan makanan untuk kebutuhan petugas di posko tersebut. Acara pengecekan kesiapan posko sekat yang dilakukan Forkopimda juga diikuti beberapa orang Kepala OPD kabupaten Sijunjung, selesai pengecekan rombongan ini melakukan berbuka di Warung Pecel Lele Wong Solo Sei Tambang. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer