Connect with us

BUKITTINGGI

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako – siarminang.net

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100 paket semabako per kecamatan disalurkan di masa pendemi covid-19, yang menyasar langsung ke masyarakat menengah ke bawah.

Ketua Program Bidang Kesejahteraan Sosial (Kesos) DPD PKS Kota Bukittinggi, Eva Marfendi, Selasa (4/5/2021), menyebutkan, program bidang Kesos DPD PKS yang telah menjadi agenda rutin tahunan setiap Ramadhan, diharapkan dapat sedikit meringankan beban dari masyarakat akan kebutuhan sembako di masa pandemi covid-19.

Untuk menyasar masyarakat yang lebih membutuhkan bantuan dalam program Kesos DPD PKS, penerimanya langsung masyarakat di sekitar DPC PKS, tentunya yang betul-betul membutuhkan.

Program yang telah disalurkan kepada masyarakat di dua kecamatan yang ada di Kota Bukittinggi, yakni Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dan Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB), semuanya telah berjalan dengan lancar.

Hadir pada penyerahan waktu itu, Ketua DPD PKS Kota Bukittinggi, Ibnu Azis, Ketua MPD PKS Kota Bukittinggi, Marfendi, dan Ketua DPRA serta jajaran pengurus DPD PKS Kota Bukittinggi lainnya.

Kota Bukittinggi yang memiliki tiga kecamatan tersebut, untuk Kecamatan Guguk Panjang (GP), penyaluran program kesos semabako subsidi direncanakan dilakukan pada Rabu besok (5/5/2021), yang penyerahannya juga akan dihadiri unsur pengurus DPD PKS Kota Bukittinggi.

Program kesos DPD PKS, merupakan bagian terpenting untuk membantu masyarakat, sehingga dana bersumber dari penggalangan dari masyarakat, kader PKS, serta dari DPD PKS sudah tersedia setiap tahunnya.

Meski dana baru bisa untuk 100 paket per kecamatan, yang berbentuk subsidi seperti, paket dengan harga Rp110 ribu, diganti dengan kupon Rp50 ribu. Tetapi bagi kader yang mau menambah jumlah paket sembako bersubsidi itu, misalnya dari para anggota dewan, DPD PKS mempersilahkan menambahnya.

Seperti yang terjadi di Kecamatan MKS, adanya tambahan paket dari kader PKS, paket yang hanya 100 bungkus menjadi 120 bungkus disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Eva Marfendi yang bidang tupoksinya memberikan ke sejahtera sosial kepada kader dan masyarakat itu, menegaskan penyaluran sembako sudah dilakukan di dua kecamatan tersebut, dalam penyaluran yang diserahkan ke pengurus DPC secara langsung itu, ada diantar langsung kader PKS ke rumah-rumah penerima.

Sewaktu penyaluran di dua kecamatan, juga dilakukan pembagian takjir dan nasi bungkus. Untuk kecamatan MKS, penyerahan tersebar di sembilan titik, yang penyerahan serimonialnya hanya beberapa paket saja, sisanya langsung diantar ke rumah penerima. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BUKITTINGGI

Jangan Dikritisi Berlebihan – siarminang.net

Jangan Dikritisi Berlebihan – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Ketidakhadiran wali kota Bukittinggi, Erman Safar dalam sidang paripurna Laporan Kerja Pertanggungjawaban (LKPJ) 2020 di aula sidang utama dewan, tidak bisa disematkan sesuatu hal yang berhubungan dengan sikap atau perilaku.

Pasalnya, berdasarkan PP No. 13 tahun 2019, tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, jika wali kota berhalangan tetap atau berhalangan sementara, LKPJ dapat disampaikan wakil kepala daerah.

“Tidak ada peraturan dilanggar wali kota, ketika tidak hadir mengikuti sidang paripurna LKPJ pada Jumat (7/5/2021), kemarin,” kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi di Bukittinggi, Sabtu malam (8/5/2021).

Ia mengatakan, ketika wali kota berhalangan hadir mengikuti sidang paripurna, seperti paripurna LKPJ boleh diwakilkan kepada wakil wali kota.

“Saya sebagai wakil wali kota, boleh mewakilinya. Bahkan sekretaris daerah (Sekda) juga dibolehkan, jika wali kota dan wakil wali kota berhalangan,” sebut Marfendi.

Marfendi menilai, ketidakhadiran wali kota di paripurna LKPJ tersebut, tidak perlu dikritisi secara berlebihan, yang disangkakan sebagai sesuatu hal yang melecehkan lembaga DPRD atau pun dianggap berhubungan dengan perilaku.

“Pada waktu paripurna berlangsung, ada anggota dewan yang interupsi. Saya jawab wali kota sedang tugas ke Jakarta. Kenapa pula ada anggota dewan dikabarkan meradang dan heboh atas tidak hadirnya wali kota,” ucapnya.

Marfendi mengaku suka dengan sikap anggota DPRD Kota Bukittinggi yang kritis, karena dengan sikap yang kritis tersebut bisa sebagai alat kontrol bagi pemerintahan, sehingga eksekutif bisa bekerja secara maksimal.

“Sayangnya, kritisnya dewan terlihat hanya di pemerintahan sekarang. Di pemerintahan sebelum kami, diam-diam saja,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam PP No. 13 tahun 2019, tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Pasal 19 ayat (1), Kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna yang dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Sedangkan ayat (2), Dalam hal kepala daerah berhalangan tetap atau berhalangan sementara, LKPJ disampaikan oleh wakil kepala daerah selaku pelaksana tugas kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna.

Sementara di dalam ayat (3), Dalam hal kepala daerah dan wakil kepala daerah secara bersamaan berhalangan tetap atau berhalangan sementara, LKPJ disampaikan oleh pejabat pengganti kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam rapat paripurna.

Dengan demikian, komentar anggota dewan dari PAN terkait berhalangan wali kota di paripurna LKPJ dengan mengatakan, seorang kepala daerah yang baru saja dilantik, harusnya menunjukan prilaku yang baik, jangan se-enaknya dan menimbulkan suasana menjadi blunder.

Cobalah beretika sebagai mitra kerja, beretika dalam melaksanakan pemerintahan, bukan se-enak-enaknya sendiri seperti sekarang.

Lalu komentar anggota dewan lainya dari PKS, dengan tidak hadirnya wali kota pada acara sekelas sidang paripurna terkesan melecehkan lembaga DPRD, tidak harus dikritisi secara berlebihan, apa lagi aturan dilanggar tidak ada. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Ratusan Santri Pondok Pesantren Gontor Buka Barsama dengan Wawako Marfendi – siarminang.net

Ratusan Santri Pondok Pesantren Gontor Buka Barsama dengan Wawako Marfendi – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menggelar buka bersama dengan santri dan santriwati, wali santri serta alumni Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Minggu (2/5/2022).

Acara buka bersama bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi, di Belakang Balok tersebut, berlangsung dengan penuh keakraban antara alumni dan para wali santri dan santri.

Buka bersama wakil wali kota, Marfendi dengan ratusan orang dari Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo Jawa Timur tersebut, juga dihadiri pimpinan pesantren Gontor 9, Sulit Air, Kabupaten Solok, Ustad Ridwan.

Selain itu juga hadir pimpinan Pondok Pesantren Diniyyah Pasia, Kabupaten Agam, Drs. H. Nawazir Muchtar, Lc, termasuk juga pimpinan Tawalib Gunung Padang Panjang, H. Mahfudz Mustia, Lc.

Marfendi dalam sambutannya menyampaikan, sekolah di pondok pesantren bisa juga berkarir di dunia politik.

Marfendi mencontohkan bahwa dirinya telah berkarir di dunia politik, dimana pernah menjadi anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Kini menjadi wakil wali kota Bukittinggi. Insya Allah, kalau bisa berkarir menjadi Presiden,” ujar Marfendi sedikit berseloroh, dan disambut tepuk tangan ratusan para santri dan santriwati, serta wali santri dan para alumni.

Marfendi yang juga merupakan tamatan Pondok Pesantren Darussalam Gontor ini, menyebutkan, bahwa ia yang berkarir di dunia politik ini, tentunya dapat memotivasi para santri dan santriwati untuk bisa juga berkarir mengikuti jejaknya.

“Ini motivasi bagi santri dan santriwati agar belajar sungguh-sungguh. Dengan demikian, insya Allah apa yang menjadi cita-cita, kelak nantinya tercapai,” paparnya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Alumni SMAN 3 Bukittinggi Santuni 95 Orang Anak Yatim – siarminang.net

Alumni SMAN 3 Bukittinggi Santuni 95 Orang Anak Yatim – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Rasa kepedulian ke sesamanya kembali ditunjukkan para Alumni SMA N 3 Kota Bukittinggi. Kali ini, rasa kepedulian tersebut diperlihatkan dengan memberi santunan kepada 95 orang anak yatim.

Santunan yang telah disiapkan di dalam amplop putih tersebut, diserahkan di Musholla Babul Taubah, yang masih berada di lingkungan SMA N 3 kota itu, Minggu (2/5/2021).

Ketua Pelaksana Santunan, Syarif Isran, menyebutkan, santunan yang diberikan kepada anak yatim itu, sudah menjadi agenda rutin Alumni SMA N 3 setiap tahunnya.

Dana santunan tersebut bersumber dari sumbangan para alumni, dari seluruh tingkatan angkatan.

Tentunya, pemberian santunan di bulan Ramadhan, menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H, akan dapat membantu meringankan kebutuhan mereka para anak yatim itu.

Berbeda dengan tahun lalu. Santunan diberikan di tahun ini, para anak yatim disuruh menjemput langsung di lokasi yang sudah ditentukan.

“Tahun lalu, santunan diberikan dengan langsung mendatangi rumah para penerimanya,” ucapnya.

Sementara itu, Alumni SMA N 3, Oskar menyampaikan, penerima santunan ini diberikan kepada mereka yang berumur di bawah 14 tahun.

“Santunan diberikan bukan per kepala keluarga (KK), tetapi diberikan satu orang per kepala, yang artinya per KK bisa mendapatkan dua sampai tiga amplop santunan,” ucap Oskar diamini Young Happy.

Ia menyatakan, penerimaan santunan yang pendataannya dilakukan para alumni itu, telah sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan.

“Penerima santunan tersebar di wilayah kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, berdasarkan dengan kriteria pantas dan sepatunya mendapatkan,” tuturnya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer