Connect with us

News

Kisah Haru Kapal Ramadhan ACT Sumbar Lintasi Laut Mentawai Antarkan Bantuan

Perjuangan Kapal Ramadhan ACT Sumbar Tembus Pedalaman Siberut Kepulauan Mentawai


Senin, 11 Juni 2018 – 11:03:28 WIB – 144

Kapal Ramadhan ACT Sumbar berlayar menuju Siberia, Jumat (8/6)

Pilwako Kota Padang 2018

FEATURE – Di Jumat (8/6/2018) pagi yang cerah, tim ACT Sumbar setelah Subuh meluncur ke Kantor dengan penuh semangat yang berkobar untuk membantu saudara-saudara yang berada di Pedalaman Siberut, Mentawai. Tim ACT Sumbar pun bergegas memasukkan barang-barang bantuan berupa beras, gula, minyak, pakaian layak pakai dan perlengkapan shalat. Setelah selesai semua dimasukkan dan semua amunisi selama di Mentawai telah disiapkan, tepat pukul 09.00 WIB tim ACT Sumbar berangkat menuju Pelabuhan Bungus, Padang.

Sampai di Pelabuhan Bungus, Padang tepat pukul 10.15 WIB, dan sesuai dengan perjanjian dengan pegawai Pelabuhan mobil bisa masuk kapal pukul 10.00 WIB. Namun sesampai tim dilapangan ada banyak kendala yang dihadang oleh tim agar mobil bisa masuk kapal secepat mungkin. Kapal yang dijadikan Kapal Ramadhan ACT Sumbar akan dikunjungi oleh anggota DPR RI. Setelah tim ACT Sumbar bernegosiasi yang sangat panjang dengan pegawai Pelabuhan Bungus, alhasil mobil ACT Sumbar pun ditunda setelah Jumat untuk masuk ke kapal.

Setelah Jumat pun berlalu, mobil ACT Sumbar masuk ke kapal tepat pukul 15.00 WIB. Dan Tim ACT Sumbar yang terdiri dari 7 orang memasuki kapal pukul 18.00 WIB. Dan Kapal pun berangkat pukul 19.30 WIB dan tiba di Mentawai keesokan harinya yakninya hari Sabtu, (9/6/2018) diwaktu Subuh.

Setelah setibanya di Mentawai, tim pun disambut oleh pengurus Islamic Center yang ada di Siberut, Kepulauan Mentawai. Setelah menurunkan bantuan dari mobil ke kapal boat yang akan dipakai tim untuk menembu pedalaman Siberut, Kepulauan Mentawai. Boat pun berangkat pukul 08.00 WIB menuju ke Pedalaman Siberut, Kepulauan Mentawai pertama yang bernama Gotab. Hadangan ombak yang besar yang ditempuh dan di ombang ambingnya kapal diterjang oleh ombak yang cukup membuat Tim cukup khawatir dan merasa was-was karena takuk terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan amanah dari donatur pun tidak sampai ke tempat yang dituju. Tim pun memasuki hutan bakau dan rawa-rawa di daerah Gotab. Dan akhirnya setelah sampai di daerah ini ucapan rasa syukur tak henti-hentinya kepada Allah SWT setelah sampai ke daerah ini.

Di daerah Gotab ini dari 100 KK yang menghuni pulau ini hanya 17 KK yang beragama Islam. Perjuangan yang penuh haru agar Islam tetap terus berkembang didaerah ini, bimbingan khusus pun dilakukan agar masyarakat di daerah ini tidak kembali berpindah agama. Butuh perjuangan agar Islam diterima di daerah ini. Dan bantuan pun diserahkan kepada penduduk Gotab.

Ucapan rasa syukur ketika Tim ACT Sumbar hadir di pulau ini. Penuh haru dari penduduk muslim yang hanya berjumlah 17 KK. Dengan linangan Air mata para penduduk menerima bantuan yang dititipkan oleh para donatur ke tim ACT Sumbar agar bisa memberikan Mentawai Ramadhan Terbaik nya juga.

Setelah semua selesai kami pun melanjutkan perjalanan ke Pedalaman Siberut, Kepulauan Mentawai lainnya yakni Gulu-Guluk. Di daerah ini pun masyarakat cukup menerimas Islam sebagai agama Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin. Dari 200 KK yang berada di pulau ini terdapat 60 KK yang beragama Islam. Senyum yang semerbak serta tawa kehangatan menyambut bantuan dari Tim ACT Sumbar. Masyarakat di daerah ini sangat bersyukur adanya bantuan yang diberikan dan sekali lagi ucapan terimakasih dan rasa syukur bahagia Tim ACT Sumbar bisa sampai ke daerah ini.

Setelah itu kami melanjutkan kePedalaman Siberut, Kepulauan Mentawai lainnya yakninya ke daerah Saliguma. Kami pun sampai dibarengi dengan masuknya waktu Zuhur. Terik panas yang dihadang tak menyurutkan semangat tim untuk terus menelusuri Pedalaman Siberut Kepulauan Mentawai ini. Sesampai kami daderah ini tim pun shalat berjamaah terlebih dahulu.

Masyarakat disini sebanyak 500 KK yang ada terdapat 200 KK yang beragama Islam. Dan Alhamdulillah masjid yang berada di daerah Saliguma ini cukup banyak jemaahnya. Bahkan uniknya ada seorang nenek-nenek yang dahulunya kepala suku di daerah tersebut telah menjadi Muallaf atas bimbingan yang diberikan oleh Yayasan Muslim Peduli Mentawai. Badan yang penuh tato dengan ciri khas budaya dan adat terdahulu tidak membuat nenek ini malu. Senyuman hangat pun dilemparkan kepada tim ACT Sumbar karena adanya saudara-saudara muslim yang sangat jauh pun peduli dengan mereka di Pedalaman Siberut, Kepulauan Metawai.

Setelah semuanya berakhir Tim ACT Sumbar pun kembali ke Islamic Center Kepulauan Mentawai untuk kembali menuju Padang. Ada rasa bangga yang hadir hingga lelah yang dihadang pun lenyap begitu saja. Hal ini dikarenakan bisa bertemu dengan saudara-saudara yang jauh di Pedalaman Siberut, Kepulauan Mentawai memberikan sedikit bantuan untuk mereka yang jauh disana.

Dan tidak lupa pula ucapan ribuan terima kasih terutama kepada Hijabers Mom Community dan juga SAPA 94 sebagai donatur terbesar atas berangkatnya Kapal Ramadhan ACT Sumbar untuk memberikan Mentawai Ramadhan Terbaiknya. Semoga hal ini dapat meyadarkan diri bahwasanya Nikmat Allah pun sangat besar, dan tiadalah henti-hentinya rasa syukur itu terus dihadirkan selalu dalam hati kita bahwasanya masih banyak saudara-saudara yang jauh disana kehidupan yang jauh dari serba kekurangan, namun mereka tetap selalu beristiqomah dalam menegakkan panji-panji Islam itu sendiri. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi

Tag: feature,mentawai,sumatra-barat

Mudik Lebaran ke Pasbar, Para Pengguna Jalan Dihimbau Agar Berhati-hati Melewati Jalur Ini

Mudik Lebaran ke Pasbar, Para Pengguna Jalan Dihimbau Agar Berhati-hati Melewati Jalur Ini

PASAMAN BARAT – Jelang mudik lebaran, Kasat Lantas Polres Pasaman Barat menghimbau masyarakat Pasaman Barat khusuSnya…

Gubernur Irwan Prayitno Akui Peranan Ormas Dalam Pembangunan Daerah, Shofwan: Kami Siap Sinergi

Gubernur Irwan Prayitno Akui Peranan Ormas Dalam Pembangunan Daerah, Shofwan: Kami Siap Sinergi

PADANG – Silaturahim dan Berbuka keluarga besar Muhammadiyah Gubernur Sumbar di Auditorium Gubernur Sumbar, Ahad…

Ketika Tentara Israel Kalang Kabut Karena Layang-layang Api Palestina

Ketika Tentara Israel Kalang Kabut Karena Layang-layang Api Palestina

INTERNASIONAL – Warga Palestina punya cara terbaru untuk meluapkan kemarahan mereka atas terbunuhnya warga Palestina…

Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Pria Tanah Datar Ini Berusaha Kabur Saat Ditangkap Polisi

Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Pria Tanah Datar Ini Berusaha Kabur Saat Ditangkap Polisi

TANAH DATAR – Seorang pria berinisial MH (48) warga Jorong Situgar, Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara,…

Kodim 0307/TD dan Pramuka bagi-bagi Takjil pada Pengendara

Kodim 0307/TD dan Pramuka bagi-bagi Takjil pada Pengendara

PADANG PANJANG – Jajaran Kodim 0307/Tanah Datar membagi-bagikan takjil (makanan berbuka puasa) kepada pengguna jalan…





Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Peringati Mosi Integral Mohammad Natsir, Fadli Zon Hadiahkan Karyanya kepada Anies Baswedan – Fadli Zon

Peringati Mosi Integral Mohammad Natsir, Fadli Zon Hadiahkan Karyanya kepada Anies Baswedan


Anggota DPR-RI, Fadli Zon memberikan karyanya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Karya tersebut berupa buku yang ditulisnya berjudul Islam dan Demokrasi. 

Politisi Senior dari Partai Gerindra ini, menyerahkan karya tulisnya kepada Anies Baswedaan bertepatan dengan peringatan “Mosi Integral” Mohammad Natsir. 

Peringatan tersebut jatuh pada tanggal 3 April 1950. Mosi Integral Mohammad Natsir dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia sering disebut sebagai Proklamasi ke-2. Sekaligus dicatat sebagai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Hari ini, 3 April (1950) kita peringati “Mosi Integral” Mohammad Natsir, Proklamasi ke-2 lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ungkapnya, sebagaimana diposting dalam laman akun twitter pribadinya @fadlizon pada tanggal 3 April 2021.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Berita

Fadli Zon Bertemu Ernie Djohan, Tengku Zulkarnain Teringat Masa Kecil – Fadli Zon

Fadli Zon Bertemu Ernie Djohan, Tengku Zulkarnain Teringat Masa Kecil


Politikus Partai Gerindra Fadli Zon memosting pertemuannya dengan penyani legendaris Ernie Djohan di lini masa akun Twitternya.

Dalam pertemuannya dengan pelantun tembang-tembang lawas ini, Fadli meminta secara khusus minta tandata-tangannya di koleksi piringan hitamnya sebanyak 50-an.

Fadli mengungkapkan pelantun lagu Teluk Bayur dan Kau Selalu di Hatiku itu sebentar lagi akan memasuki usia 70 tahun.

“Ketemu penyanyi legendaris Uni Ernie Djohan sekalian minta tanda tangan utk 50an piringan hitam. Sebentar lg berusia 70 tahun, dan sudah berkarya sejak usia 12 tahun. Lagu yang terkenal antara lain Teluk Bayur, Kau Selalu di Hatiku, Mutiara yang Hilang. Sehat terus Uni,” kata Fadli dikutip dari lini masa akun Twitternya, @Fadlizon, Sabtu (27/3/2021).

Postingan Fadli Zon langsung direspons sejumlah pengguna Twitter. Salah satunya mantan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain yang mengaku saat kecil hafal lagu-lagu Ernie Johan.

“Salam buat Uni Ernie Djohan…Saat kecil hampir semua lagu beliau saya hafal. Mutiara yang Hilang salah satu yang terbaik…” cuit pria yang biasa disapa Ustad Tengku Zul ini.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Berita

Mereka Kelihatan Jujur – Fadli Zon

Polemik Hagia Sophia, Fadli Zon Sarankan Indonesia Tunjukkan Sikap Terbuka


Politikus sekaligus anggota DPR RI Fadli Zon baru-baru ini angkat suara menanggapi pernyataan Kapolsek Setu yang mengaku tidak tahu menahu soal adanya kabar dan informasi anggota polisi penembak Laskar FPIyang meninggal dunia.

Dalam cuitan yang diunggah di akun Twitternya, Fadli Zonmengungkapkan pendapatnya soal Kapolsek Setu yang menyampaikan bahwa dirinya tidak menerima laporan insiden kecelakaan tunggal yang mengakibatkan anggota polisi penembak FPI meninggal dunia.

Fadli Zonmenilai bahwa Kapolsek Setu terlihat sebagai sosok pemimpin yang jujur, sehingga pernyataan yang disampaikannya diyakini sebagai pernyataan yang penuh dengan kejujuran.

Kapolseknya kelihatan jujur,” tulis Fadli Zon sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com dari akun Twitter @fadlizon, Minggu, 28 Maret 2021.

Diketahui sebelumnya, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyebut satu orang polisi terlapor dalam kasus pembunuhan di luar hukum atau unlawful killing terhadap empat laskar FPI meninggal dunia akibat kecelakaan.

Diberitakan Pikiran Rakyat sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Agus Harianto membenarkan informasi tersebut.

“Saat gelar perkara, saya mendapat informasi kalau salah satu tersangka meninggal dunia karena kecelakaan,” kata Agus saat dikonfirmasi, Kamis, 25 Maret 2021.

Namun demikian Agus tidak merinci di mana lokasi kecelakaan anggota polisi tersebut hingga akhirnya meninggal dunia.

“Silahkan ditanya ke penyidik ya,” ucapnya.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer