Connect with us

Padang Pariaman

Menghadapi Pilwana Serentak, Pemnag Ulakan Sosialisasikan Tahapan Pilwana. – siarminang.net

Menghadapi Pilwana Serentak, Pemnag Ulakan Sosialisasikan Tahapan Pilwana. – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net,-Sehubungan dengan semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Padang Pariaman dan sesuai tahapan pelaksanaan Pilwana yang telah berjalan. Nagari Ulakan yang merupakan salah satu peserta Pilwana serentak, melaksanakan Sosialisasi Pilwana yang menjadi kegiatan akhir pada Tahapan Persiapan.

Diketahui, seluruh rangkaian pelaksanaan Pilwana serentak dibagi dalam 4 Tahapan. Yaitu, Tahapan Persiapan tanggal 13 April – 13 Agustus 2021, Tahapan Pencalonan tanggal 1 Juni – 30 Oktober 2021, Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara tanggal 25 Oktober – 7 November 2021 dan Tahapan Penetapan Calon tanggal 5 November – 27 Desember 2021. Pilwana serentak akan diikuti sebanyak 29 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman dan hari pelaksanaannya (pemungutan suara) ditetapkan pada hari Minggu tanggal 31 Oktober 2021.

Sosialisasi Pilwana serentak tahun 2021 di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, dilaksanakan pada Rabu (9/6) bertempat di kantor Wali Nagari Ulakan. Sosialisasi diikuti oleh peserta dari seluruh kelembagaan yang ada di Nagari (Wali Korong, LPM, PKK, Karang Taruna, Niniak mamak dan Alim Ulama) tersebut, dibuka oleh Plt. Sekcam Ulakan Tapakih Anesa Satria, SH MM. dan dihadiri oleh Pj. Wali Nagari Ulakan Irmanto, SE. Ketua KAN Ulakan Yusabri Rky. Rajo Bandaro, Ketua Panitia Pilwana Zul Rahmat beserta anggota dan Pendamping Desa Darmawan, ST. yang sekaligus sebagai narasumber dalam sosialisasi itu.

Dalam sambutannya saat membuka sosialisasi, Plt. Sekcam Ulakan Tapakih Anesa Satria menyampaikan beberapa hal. Bahwa peserta sosialisasi diharapkan dapat membantu kelancaran jalannya pelaksanaan Pilwana di Nagari Ulakan dan memotivasi masyarakat untuk bersama-sama datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya. Disamping itu, peserta juga harus memahami regulasi yang ada dan bersikap netral. Agar tidak terjadi konflik di tengah masyarakat, serta gugatan dari pihak-pihak yang dirugikan.

“Diharapkan kepada peserta sosialisasi untuk dapat mengikuti materi yang disajikan dengan serius, karena setelah mengikuti kegiatan ini akan menularkan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. Terutama dalam menumbuhkan kesadaran untuk menggunakan hak pilihnya, dalam Pilwana serentak nantinya. Semoga rangkaian tahapan pelaksanaan dapat berjalan dengan baik dan lancar, sesuai dengan harapan kita bersama. Begitu juga dengan partisipasi pemilih, akan terjadi peningkatan dan Nagari Ulakan menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan Pilwana serentak di Kabupaten Padang Pariaman,” ulasnya. (bus/rel)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Pariaman

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi – siarminang.net

Pasca Ditetapkan Zona Merah Covid-19, TNI-Polri Di Pariaman Kunjungi-Pantau Wilayah Penyebaran Tinggi – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net -Pasca ditetapkannya Kabupaten Padang Pariaman dalam zona merah oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Sumatera Barat pada Sabtu (12/6),  jajaran polres setempat bersama Kodim 0308 Pariaman melakukan kunjungan lapangan dan pemantauan wilayah yang memiliki resiko tinggi dalam penyebaran  virus tersebut seperti pusat perbelanjaan, pasar, terminal, bandara, serta kawasan wisata.

Kunjungan yang dipimpin Dandim 0308 Pariaman Letkol. CZI Titan Jatmiko bersama Wakapolres Padang Pariaman Kompol Alfias tersebut menyasar Kawasan Wisata Green Talao Park (GTP) di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih pada Senin (14/6).

Dalam kunjungan tersebut, ia menyampaikan beberapa hal kepada Wali Nagari Ulakan, bahwa sesuai Perda nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat dengan ditetapkan Padang Pariaman dalam zona merah, maka berbagai aktivitas masyarakat harus dibatasi.

Terkait di Nagari Ulakan yang memiliki objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, diharapkan kepada pihak pengelola Kawasan Ekowisata Green Talao Park untuk menghentikan aktivitas dan menutup objek wisata dari kunjungan wisatawan sampai ada pemberitahuan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Padang Pariaman.

“Dengan ditetapkannya zona merah bagi Kabupaten Padang Pariaman, kami berinisiatif untuk memantau wilayah bagi daerah dan lokasi yang rawan penyebaran Covid-19, termasuk Green Talao Park Ulakan. Untuk itu, diharapkan semua memahami kondisi ini dan sama-sama mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Sesuai dengan status zona yang dimiliki oleh miliki oleh masing-masing daerah. Semua objek wisata dan tempat keramaian ditutup sementara, hingga ada ketentuan lebih lanjut dari Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Padang Pariaman,” ujarnya.

Sementara itu Wakapolres Padang Pariaman Kompol Alfias mengatakan hal itu adalah sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

“Untuk kepastian penanganan selanjutnya, kita tunggu instruksi dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Padang Pariaman selaku Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Padang Pariaman,” katanya.

Senada dengan itu, Wali Nagari Ulakan Irmanto lansung menyikapi dan merespon instruksi tersebut. Pemerintah Nagari akan membicarakan terkait penutupan objek wisata GTP dengan Direktur BUMNag Pesisir Ulakan Madani selaku pengelola.

“Kami akan segera memanggil pengelola Kawasan Ekowisata Green Talao Park, untuk menghentikan aktivitas di kawasan ini termasuk para pedagang. Sebagaimana arahan dari Bapak Dandim dan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, sebagaimana diberlakukan pada daerah yang zona merah,” jelasnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Padang Pariaman satu-satunya dari 19 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat yang ditetapkan sebagai Zona Merah mulai tanggal 13 Juni 2021 sampai tanggal 19 Juni 2021.

Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan 15 indikator data onset pada minggu ke-67 Pandemi Covid-19 di Sumatera Barat oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19  Sumbar dengan skor 1,80. Semakin tinggi skor, semakin baik pengendalian penyebaran covid-19 di daerah tersebut.

Terlihat ikut dalam rombongan Kabag Ops. Kompol. Armijon, Kasat Binmas Polres Padang Pariaman AKP. Irwan, Danramil 07/PK Kapten Agus Lesmono, Kapolsek Nan Sabaris Iptu Zulkanaini, Plt. Camat Ulakan Tapakih Nurmalis, SE.MM, Kasi Trantib Anesa Satria, SH.MM, Wali Nagari Ulakan Irmanto, SE. serta anggota Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.(Bus/Rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil – siarminang.net

Gagak Hitam Satreskrim Polres Padang Pariaman Ringkus Pelaku Pencurian Mobil – Beritasumbar.com

Padang Pariaman,siarminang.net,- Tim Opsnal Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman berhasil menangkap inisial IS (27) tersangka pencurian kendaraan roda 4 (empat) yang terjadi di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kecamatan 2X11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman. Pelaku IS tersebut diringkus dirumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Pada Jumat 11/6/2021 sekira pukul 22:00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Padang Pariaman AKP Ardiansyah Rolindo Saputra mengatakan kronologi kejadiaan pencurian kendaraan roda empat tersebut berawal pada hari Rabu 9/6/2021 sekira pukul 20:30 wib tempat kejadian yaitu di Jalan Raya Padang Bukittinggi Simpang Pariaman, Korong Pasa Laban, Nagari Sicincin, Kabupaten Padang Pariaman.

Pada saat itu sewaktu korban akan bertransaksi menjual mobil jenis Toyota Avanza B 1748 ZFP warna silver milik Syamsudin. Kemudian pelaku mengajak korban untuk tes drive, sesampainya ditempat lokasi pencurian itu di Simpang Pariaman Korong Pasa Laban Nagari Sicincin, Pelaku yang duduk sebelah kiri korban ingin mencoba mobil (test drive) dan pelaku langsung pindah duduk kebangku kemudi mobil tanpa turun dari mobil tersebut,kemudian korban yang saat itu turun dari mobil untuk pindah duduk kebangku sebelah kiri,namun tiba-tiba pelaku langsung tancap gas mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi dan meninggalkan korban menuju arah Pariaman,diatas mobil tersebut Handphone merk Iphone X milik korban yang diletakan diatas box mobil juga dibawa kabur pelaku,atas kejadian tersebut korban itu mengalami kerugian sekitar Rp 112 juta rupiah. ucap Ardiansyah Rolindo

Dituturkan oleh Ardiansyah Rolindo Saputra berdasarkan pengembangan oleh Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman,setelah diketahui identitas pelaku,maka terhendus keberadaan pelaku IS di Kota Padang.

Selanjutnya pada hari Jumat 11/6/2021 sekira pukul 15:00 wib tim berangkat dari Mapolres Padang Pariaman menuju keberadaan pelaku dan sekira pukul 17:00 wib tim sampai ditempat keberadaannya serta pada saat disurvey oleh tim pelaku tersebut tidak berada dirumah, Kemudian tim yang pada saat itu membagi tugas dan hunting (patroli) di seputaran rumah pelaku. Selanjutnya sekira pukul 22:00 wib tim Gagak Hitam berhasil meringkus pelaku IS didekat rumahnya di Parak Sigarang, Kelurahan Anduring, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

Pada saat diamankan ditangkap pelaku IS tersebut sempat melarikan diri kabur dari kejaran petugas.
Dihadapan petugas pelaku tersebut mengakui perbuatannya dan berdasarkan pengakuan pelaku IS pada saat dikejar oleh massa pelaku bersembunyi di pematang sawah dan menunggu pagi,sekira pukul 07:00 wib pelaku keluar dari persembunyiannya dan mengambil baju milik masyarakat yang terjemur disamping rumah lalu memakainya dengan tujuan supaya orang-orang tidak mengenalinya.
Setelah itu pelaku berjalan hingga Simpang Tiga Koto Mambang, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak dan naik angkot menuju terminal Sicincin dan naik mobil tranex menuju Kota Padang, ujarnya

Sementara itu pelaku IS tersebut juga telah menggelapkan sejumlah uang Rp 85 juta rupiah di laporan polisi Polsek Nanggalo Kota Padang. Tidak itu saja di Polsek Padang Utara Kota Padang ada juga laporan polisi atas penggelapan 1 (satu) unit mobil Daihatsu Grandmax pick up warna putih.

Kemudian selanjutnya tim membawa pelaku IS dan barang bukti ke Mapolres Padang Pariaman guna proses hukum lebih lanjut. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Pariaman

Nagari Seulayat Ulakan yang Tercepat Salurkan BLT DD Bulan Februari 2021 di Ulakan Tapakih – siarminang.net

Nagari Seulayat Ulakan yang Tercepat Salurkan BLT DD Bulan Februari 2021 di Ulakan Tapakih – Beritasumbar.com

Padang Pariaman, siarminang.net,- Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2021, telah ditetapkan prioritas dengan tiga fokus anggaran. Pertama, Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sesuai kewenangan desa. Kedua, program Prioritas Nasional sesuai kewenangan Desa yang meliputi pendataan Desa, pemetaan potensi dan sumber daya, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting serta Desa inklusif. Yang terakhir ialah, Adaptasi Kebiasaan Baru yaitu Desa Aman Covid-19.

Untuk pemanfaatan Dana Desa (DD) dimasa Pandemi Covid-19 ini, diarahkan kepada Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 8.045.861 Kepala Keluarga atau 39.263.802 jiwa di seluruh Indonesia. Sedangkan di Nagari Seulayat Ulakan anggaran untuk BLT DD tahun 2021, telah dialokasikan sebanyak 68 (enam puluh delapan) Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan jumlah bantuan diterima, masing-masing sebesar Rp. 300.000 setiap bulan.

Penyerahan dana BLT DD bulan Januari 2021, telah dilaksanakan sebulan yang lalu. Dan untuk bulan Februari 2021 penyerahannya dilaksanakan pada Kamis (3/6), bertempat di Kantor Wali Nagari Seulayat Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman.

Hadir dalam acara itu, Camat Ulakan Tapakih yang diwakili oleh Kasi Trantib Anesa Satria, SH.MM. Wali Nagari Seulayat Ulakan Muhammad Idris, Bhabinkamtibmas Polsek Nan Sabaris Bripka Indra Jasman dan Sekretaris Nagari Ali Azwir beserta perangkat dan para Wali Korong setempat.

Dilaporkan oleh Wali Nagari Muhammad Idris, bahwa berkat kerjasama yang baik dari rekan-rekan Sekretariat, Nagari Seulayat Ulakan yang pertama bisa mencairkan BLT DD bulan Februari 2021 untuk wilayah Kecamatan Ulakan Tapakih. Mengenai jumlah penerima BLT tahun ini atau Keluarga Penerima Manfaat, masih sama dengan tahun lalu dan tidak ada perubahan. Seandainya ada perubahan, itu disebabkan penerima BLT tersebut meninggal dunia atau mengundurkan diri.

“Alhamdulillah, Nagari kita yang pertama di Kecamatan Ulakan Tapakih untuk penyaluran dana BLT DD bulan Februari 2021 ini. Mengenai jumlah dan nama penerima BLT Nagari Seulayat Ulakan, masih sama dengan tahun 2020 yaitu sebanyak 68 Kepala Keluarga. Tidak ada perubahan data untuk Penerima Manfaat di Nagari Seulayat Ulakan pada tahun ini,” jelas M. Idris.

Senada dengan itu Camat Ulakan Tapakih berpesan kepada KPM, yang disampaikan oleh Kasi Trantib Anesa Satria. Sebagai wujud rasa syukur, agar masyarakat yang menerima BLT dapat menggunakan uang yang diterima untuk usaha yang produktif dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Serta selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada.

“Diharapkan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu penerima BLT, dapat menggunakan dana bantuan ini kepada hal-hal yang produktif dan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Karena saat ini situasi Pandemi Covid-19 di daerah kita masih belum terkendali. Karena itu, tetaplah menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada. Lakukan selalu 5M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi,” ujar Anes.

Dalam kesempatan itu, Camat juga memberikan apresiasi kepada Wali Nagari dan Sekretaris Nagari beserta tim keuangan, atas kecepatan dan ketepatan dalam menyelesaikan laporan administrasi keuangan penyaluran BLT DD bulan Januari 2021. Sehingga untuk penyaluran BLT DD bulan Februari 2021 Nagari Seulayat Ulakan menjadi yang pertama bisa dicairkan untuk Kecamatan Ulakan Tapakih.

“Kami pihak Kecamatan mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Wali Nagari Seulayat Ulakan beserta perangkat, atas keberhasilan sebagai Nagari yang pertama dalam penyaluran BLT DD bulan Februari tahun 2021 ini. Semoga keberhasilan ini bisa dipertahankan untuk bulan selanjutnya dan kualitas pelayanan dapat lebih ditingkatkan,” katanya mengakhiri pembicaraan. (bus/rel)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer