Connect with us

News

Ombudsman pantau layanan publik selama libur lebaran

Ombudsman pantau layanan publik selama libur lebaran


Padang, (Antaranews Sumbar) – Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat melakukan pemantauan layanan publik pada masa libur Idul Fitri 1439 Hijriah serta membuka layanan pengaduan bagi masyarakat yang ingin melapor.

“Libur yang lumayan panjang selama 10 hari kerja berpotensi mengurangi kualitas pelayanan publik, atau bahkan tidak ada pelayanan sama sekali, oleh sebab itu kami akan fokus melakukan pengawasan pada beberapa kabupaten dan kota di Sumbar,” kata Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman perwakilan Sumbar Adel Wahidi di Padang, Rabu.

Menurut Adel Wahidi, kendati sudah libur ada beberapa bidang pelayanan publik yang tidak boleh libur sehingga tetap harus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Misalnya pos pelayanan pengamanan Lebaran, layanan rumah sakit dan kesehatan, angkutan umum dan layanan darurat seperti pemadam kebakaran, kata dia.

Adel menyampaikan Ketua Ombudsman RI dalam memo khusus, memerintahkan seluruh perwakilan Ombudsman di setiap ibu kota provinsi melakukan pengawasan terhadap unit layanan publik yang rawan masalah seperti layanan kesehatan, layanan pariwisata, layanan perhubungan dan layanan ketertiban keamanan.

Sementara Koordinator Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Yunesa Rahman menyampaikan pihaknya membuka layanan pengaduan masyarakat melalui nomor telepon 081374 227 866.

Selain itu, kami juga berharap peran pemangku kepentingan lainnya dalan pengawasan unit layanan publik selama cuti panjang sehingga dapat meminimalkan kejadian yang tidak diinginkan, ujar Yunesa.

Sebelumnya pemerintah menambah tiga hari cuti bersama untuk?libur lebaran 2018 yang jatuh pada 14 atau 15 Juni 2018.

Dengan demikian, libur Lebaran 2018 akan dimulai pada 11 Juni dan berakhir pada 19 Juni 2018.

Kebijakan itu membuat cuti libur Lebaran tahun 2018 menjadi 10 hari. Bahkan, bisa bertambah menjadi 12 hari karena tanggal 9-10 Juni 2018 merupakan hari libur yakni Sabtu dan Minggu.

Sementara di Padang, tujuh puskesmas rawat inap yang n buka 24 jam saat libur Lebaran 1439 Hijriah mulai 11 Juni hingga 20 Juni 2018 untuk melayani masyarakat yang hendak berobat.

“Semua puskesmas yang ada di Padang yaitu 23 unit tetap buka saat cuti bersama tapi dengan jadwal tertentu dan tujuh puskesmas rawatan siap melayani masyarakat selama 24 jam,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani.

Feri menyampaikan tujuh puskesmas yang buka 24 jam tersebut yaitu Puskesmas Lubuk Buaya, Puskesmas Nanggalo, Puskesmas Air Dingin, Puskesmas Pauh, Puskesmas Bungus, Puskesmas Seberang Padang dan Puskesmas Padang Pasir.

Sementara puskesmas nonrawat inap tetap buka dengan jadwal dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Tidak hanya itu untuk puskesmas yang berada di lokasi rawan kecelakaan yaitu Puskesmas Ambacang, Puskesmas Ikur Koto, Puskesmas Alai, Puskesmas Air Tawar, dan Puskesmas Lubuk Begalung juga buka 24 jam untuk memberikan pelayanan.

Feri menyebutkan pada setiap puskesmas terdapat tenaga medis yang siap melayani sebanyak enam sampai tujuh tenaga medis. (*)





Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita

Kerumunan HRS Diganjar Tersangka – Fadli Zon

Komentari Kunker Jokowi Tanpa Prokes di NTT, Fadli Zon: Kerumunan HRS Diganjar Tersangka


Buntut kerumunan massa saat kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) Selasa (23/2/2021) menimbulkan pro dan kontra di saat RI sedang berjuang mengatasi Pandemi Covid-19.

Sejumlah tokoh pun turut mengomentari beda perlakuan saat kerumunan terjadi antara Presiden Jokowi di NTT dengan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Petamburan yang dinilai tanpa protokol kesehatan.

Politisi Partai Gerindra Fadli Zon pun mengkritisi kedatangan Jokowi yang memicu kerumunan massa.

“Kerumunan Jokowi dianggap spontanitas, kerumunan HRS di Bogor diganjar tersangka,” twit Fadli Zon seperti yang dikutip Indozone, Rabu (24/2/2021).

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Berita

Ibunda Fadli Zon Sukses Mendidik Anak-anaknya – Fadli Zon

Bongkar Sosok Ellyda Yatim, Ahmad Riza: Ibunda Fadli Zon Sukses Mendidik Anak-anaknya


Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyampaikan kabar duka cita atas wafatnya ibunda Fadli Zon, Almh Hj. Ellyda Yatim.

Ucapan belasungkawa untuk ibunda Fadli Zon, Hj. Ellyda Yatim tersebut disampaikan Ahmad Riza melalui cuitan di akun Twitter pribadinya @BangAriza.

“Pak @fadlizon tegar. Menghadiri pemakaman ibunda tercinta (Ellyda Yatim) sahabat saya Pak Fadli Zon di TPU Karet Bivak,” tulis Ahmad Riza dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya.com pada Sabtu, 20 Februari 2021.
Ahmad Riza kemudian menyampaikan doa untuk ibunda Fadli Zon Almh Hj. Ellyda Yatim.

“Semoga Almarhumah Ibu Hj. Ellyda binti Yatim di tempatkan di surga Allah SWT,” tutur Ariza Patria.
Ariza Patria kemudian mengungkapkan siapa sebenarnya Hj. Ellyda Yatim semasa hidupnya.

“Almarhumah Hj. Ellyda binti Yatim adalah aktivis Kohati HMI (Korps Himpunan Mahasiswa Islam Wati) yang sukses mendidik anak-anaknya, amal jariah bagi beliau. Aamiin,” ungkap Ariza Patria.
Ibunda Fadli Zon Hj. Ellyda Yatim, tutup usia pada Jumat, 19 Februari 2021.

Hj. Ellyda binti Yatim tutup usia diusianya yang ke-75 tahun di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Sebelumnya pada Senin, 25 januari 2021 lalu, Fadli Zon menyampaikan kabar bahwa ibunya Hj. Ellyda binti Yatim tengah terbaring sakit.

“Hari-hari menemani ibu di tengah sakitnya. Ketika kondisinya membaik, badan ini rasanya ikut baik. Ketika memburuk, rasanya ikut sakit,” ujar Fadli Zon.

Fadli Zon kemudian berharap, semoga Allah SWT mengangkat penyakit ibundanya Hj. Ellyda binti Yatim.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Berita

Turut Berduka Cita, Alangkah Besar Pengorbanan Seorang Ibu – Fadli Zon

Ibunda Fadli Zon Meninggal Dunia, Mahfud MD: Turut Berduka Cita, Alangkah Besar Pengorbanan Seorang Ibu


Ibunda Fadli Zon, Hj Ellyda binti Muhammad Yatim meninggal dunia pada Jumat 19 Februari 2021.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD lantas menyampaikan rasa duka cita atas kepergian ibunda Fadli Zon.

Selain menyampaikan bela sungkawa terhadap ibunda Fadli Zon, Mahfud MD turut menyampaikan doa untuk almarhumah.
Hal ini disampaikan oleh Mahfud MD kepada Fadli Zon melalui akun Twitter @mohmahfudmd pada Jumat 19 Februari 2021.
Ikut berduka cita atas wafatnya Hj. Ellyda binti Muhammad Yatim, ibunda ⁦Fadli Zon, semoga husnul khatimah,” tuturnya dikutip Pikiranrakyat-Tasikmalaya.com dari Twitter @mohmahfudmd.

Selain itu, Mahfud MD juga mengingatkan kepada semua orang bahwa pengorbanan ibu sangatlah besar dan semakin terasa ketika kehilangan.

“Alangkah besar pengorbanan dan pentingnya asuhan Ibu tentu menjadi semakin terasa saat Ibu wafat,” ungkapnya.

Di akhir tweetnya, Mahfud MD berpesan agar jangan sia-siakan kesempatan untuk berbakti kepada ibu.

“Maka jangan sia-siakan kesempatan untuk berbakti kepada ibu selagi Ibu masih ada. Al Fatihah,” tutup Mahfud MD.

Seperti diketahui sebelumnya, ibunda Fadli Zon meninggal dunia hari ini 19 Februari 2021 pada pukul 11.55 WIB.

Mendiang menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok.

Sumber



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer