Connect with us

AGAM

“Trinda Farhan Menyelami Visi Mulia Agam Madani Aristo Munandar” – siarminang.net

"Trinda Farhan Menyelami Visi Mulia Agam Madani Aristo Munandar" – Beritasumbar.com

Oleh Syaddam Anelka Abdillah

Siapa yang tak kenal dengan Nama yang satu ini, Seorang Bupati yang ramah, mudah senyum dan dekat dengan seluruh kalangan Masyarakat Kab Agam. itu semua karakter yang masih melekat di memori kita kalau disebutkan nama beliau.

Banyak hal besar yang telah diperbuatnya serta prestasi demi prestasi yang dipersembahkan semasa menjabat, sebagai orang nomor satu di Kabupaten Agam pada saat itu, salahsatu hal hebat yang dilakukanya yaitu melahirkan sebuah Visi besar dan Mulia untuk kampungnya tercinta. Visi tersebut sangat akrab ditelinga orang Agam yaitu Menuju Agam Mandiri, Berprestasi dan Madani.

Kata Madani ini bukanlah bahasa yang sembarangan, karena pada dasarnya Madani merupakan harapan besar menjadikan Kabupaten Agam layaknya Madinah sebagai Puncak peradaban dan akhlak terbaik Umat Islam. Ini menunjukkan betapa dalam dan Visionernya Bapak Aristo Munandar menanamkan Pondasi dengan harapan Kabupaten Agam bisa seperti Madinah Almunawarah, dimana setiap sudut kampung yang didengarkan bahasa-bahasa kebaikan serta akhlak yang baik, tolong menolong, surau-surau hidup serta banyak lahirnya Ulama dan Hafidz Qur’an, jika ini terwujud maka akan Allah turunkan keberkahan dari langit dan bumi untuk Kabupaten Agam.

Namun sangat disayangkan setelah Visi mulia ini digagas oleh bapak Aristo Munandar tidak adalagi yang mampu memahami isi dari visi tersebut, kemudian beberapa periode berjalan dimasa Cucunya Buya Hamkalah yaitu Trinda Farhan Satria yang mendalami dan Paham bahwa Visi ini sangat mulia. Sehingga berangkat dari itu beliau mengambil langkah untuk menjalankan harapan dari Aristo Munandar dengan gerakan Nagari Madani, memulai Harapan Agam Madani dari Nagari-nagari di Kabupaten Agam.

Hal ini merupakan angin segar dan harapan besar dari Pondasi awal yang digagas oleh Aristo Munandar dan direalisasikan oleh Trinda Farhan Satria dengan tujuan yang sama yaitu Menuju Agam yang Madani. Pada dasarnya Visi Orang hebat hanya bisa dipahami dan dijalankan oleh orang hebat juga, Visi orang yang taat hanya bisa dipahami dan dijalankan oleh orang yang serupa.

Bagi seorang pemimpin yang dikenal taat dan dekat dengan Allah swt, tidak ada harapan yang paling tinggi disematkan dalam hatinya kecuali bisa bermanfaat bagi orang banyak walaupun sudah tidak di Dunia ini lagi, jika Pondasi Agam Madani ini berhasil direalisasikan oleh Trinda Farhan Satria dan dimaksimalkan jika terpilih menjadi Bupati Agam untuk periode kedepan, maka Aristo Munandar telah menabung Amal Jariah untuk kehidupan abadinya kelak.

Setiap aturan kebaikan yang terlahir dari pondasi Agam Madani yang digagas oleh beliau akan terus melahirkan amal pahala kebaikan yang tak putus-putus kepada sang penggagas ide, amal ini yang dikatakan dalam Hadits Rasulullah saw dengan sebutan Amal Jariyah.

Namun jika pemimpin yang terpilih kedepan bukan orang yang paham dengan Visi Agam Madani tersebut, maka pondasi hanya tinggal pondasi, rumah baru yang akan didirikan bisa jadi bukan dipondasi yang lama, selamat tinggal cita mulia Menuju Agam Madani.(RD)



Sumber

AGAM

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas – siarminang.net

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas – Beritasumbar.com

Bukittinggi, siarminang.net — Sebanyak 20 penumpang mobil travel BA 7993 nyaris tewas, setelah mobil hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang Palupuh, Kanagarian Koto Rantang Palupuh, Kabupaten Agam, Minggu ( 21/2/2021), sekitar pukul 16.00 WIB.

Beruntung, dalam insiden tersebut sopir membanting stir ke kiri, hingga mobil oleng lalu rebah. Jika sopir kurang cekatan, mobil akan terjun ke jurang berkedalaman puluhan meter, di bagian kanan jalan.

Jika hal itu terjadi, sebanyak 20 orang penumpang dari arah Rao, Kabupaten Pasaman tujuan Bukittinggi, bakal tak satu pun selamat dari maut mengingat jurang yang cukup dalam tersebut.

Informasi didapatkan di tempat kejadian peristiwa (TKP). Saat tiba di pendakian kodok, supir travel Rahmat Ramto (24) sudah berupaya merem mobil. Namun sayang, usaha tersebut tak berhasil, mobil terus melaju lalu rebah ke bagian kiri jalan.

“Saya sudah merem, tapi memang tidak bisa. Kalau saya ke kanan, mobil bisa masuk jurang. Ke kiri banyak tebing kan, mobil jatuh terguling di samping tebing,” ia menceritakan.

Semua penumpang di dalam mobil selamat, tanpa mengalami cedera dan luka-luka. Hanya saja kejadian sangat menegangkan itu, membuat sejumlah penumpang mengalami shock.

Bunyi keras ditimbulkan akibat mobil rebah ke aspal, sontak mengudang perhatian masyarakat di sekitar TKP. Warga bersama pengguna jalan lainnya, berusaha membantu penumpang yang berada di dalam mobil.

Usai diselamatkan warga, semua para penumpang dibawa ke kedai terdekat. Mereka penumpang mobil disuguhkan minum serta disarankan beristirahat untuk meredam keterkejutannya.

“Hampir sebagian penumpang mobil, saat peristiwa terjadi tengah sedang beristirahat. Dapat dipastikan, mereka dalam keadaan tak sadar saat mobil rebah,” ujar seorang penumpang mobil SN (20).

Kecelakaan di simpang pendakian Kodok, menurut informasi masyarakat sudah sering terjadi. Hingga berita ini dinaikkan, kecelakaan tunggal tersebut sudah ditangani aparat berwajib. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

AGAM

Mobil Rombongan Pemkab Agam Alami Kecelakaan Di Kota Nopan – siarminang.net

Mobil Rombongan Pemkab Agam Alami Kecelakaan Di Kota Nopan – Beritasumbar.com

Agam,siarminang.net,- Kabar duka selimuti pemkab Agam. Mobil rombongan pejabat Agam yang melakukan kunjungan kerja ke Aceh dilaporkan alami kecelakaan. Mobil bus yang ditumpangi pejabat Pemkab Agam tercebur masuk sungai di daerah Kota Nopan Sumatera Utara, pada Senin (8/2) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dari informasi yang didapat topsatu.com dikabarkan ada dua penumpang yang meninggal.
Staf Ahli Bupati Agam Isman Imran, melalui telepon nya mengatakan semua penumpang dirawat di rumah sakit tedekat.

Di antara penumpang diketahui yang luka berat adalah Fatimah Kadis Tenaga Kerja dan Ariyati Kadis Perdagangan.

Bus yang membawa mereka jatuh masuk sungai di Simpang Angin Barat, Kotanopan, Madina.

Tiga buah foto yang diposting oleh IG kotanopan madina, memperlihatkan posisi bus. Bus dengan logo pariwisata dan lukisan marawa itu, berada dalam sungai di dekat sebuah jembatan. link IG: https://www.instagram.com/p/CLBd5KGrdud/

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js



Sumber

Baca Selengkapnya

#bawaslu agam

Hasil Rapid Test Petugas Reaktif, 10 TPS di Agam Tak Punya Pengawas

Hasil Rapid Test Petugas Reaktif, 10 TPS di Agam Tak Punya Pengawas


LUBUK BASUNG – Sebanyak 10 dari 1.380 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Agam, Sumatera Barat tidak memiliki pengawas TPS akibat hasil rapid test mereka reaktif dua kali berturut-turut. 10 TPS itu tersebar di Kecamatan Malalak dua TPS, Banuhampu satu TPS, Canduang dua TPS, Kamangmagek satu TPS dan Tanjungraya empat TPS.

Menurut Ketua Bawaslu Agam, Elvys di Lubukbasung, Selasa (8/12), sebelumnya 1.380 orang pengawas TPS mengikuti rapid test di lima Puskesmas. Dari 1.380 orang itu, 94 orang dinyatakan reaktif pada hari pertama, Sabtu (28/11).

Setelah itu, dilanjutkan rapid test kedua bagi mereka reaktif pada Rabu (2/12). Hasil rapid test lanjutan ditemukan 77 orang reaktif. Dengan kondisi itu, mereka yang reaktif dilakukan pergantian antar waktu (PAW) dengan calon lainnya. Namun, yang terisi hanya 67 orang dan kosong atau tidak ada PAW untuk 10 orang.

Menurut Elvys, tidak adanya pengganti pengawas TPS akibat calon sebelumnya mengundurkan diri, tidak bersedia menjadi PAW dan lainnya.

“Untuk mengatasi itu, kita melibatkan staf Bawaslu dan Pengawas Kelurahan atau Desa dalam mengawasi pelanggaran di TPS,” katanya. (ant/mat)

window.fbAsyncInit = function() {
FB.init({
appId : ‘{your-app-id}’,
cookie : true,
xfbml : true,
version : ‘{api-version}’
});

FB.AppEvents.logPageView();

};

(function(d, s, id){
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer