Connect with us

PESISIR SELATAN

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan – siarminang.net

Turun Tinjau Lokasi Banjir Dan Longsor, Kapolres Pessel Serahkan Bantuan – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,- Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.Ik turun menuju lokasi longsor di Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan. Lokasi longsor ini ada sekitar 35 km dari jalan nasional yang melintasi kabupaten ini.

Untuk menuju lokasi longsor, Kapolres Pessel bersama anggota harus menempuh jalan sempit, serta menitih jembatan gantung dengan kondisi jalan berlumpur. Didampingi walinagari Ganting Mudiak Utara Surantih.

Berdasarkan informasi warga setempat, bahwa jalan menuju lokasi longsor Kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, adalah jalan buntu. Tidak menghubungkan antara kabupaten satu dengan kabupaten lainnya ( bukan jalan utama).

” Ini jalan buntu, kampung Langgai, Nagari Ganting Mudiak Utara Surantih, Kecamatan Sutera, tidak bisa tembus kemana – kemana,” kata Ranto warga setempat pada, Senin (11/1).

Menggunakan sepeda motor trail, Kapolres Pessel melihat dari dekat kondisi kampung Langgai yang terkena longsor beberapa hari lalu. Berdasarkan pantuan awak media dilokasi, hanya kendaraan roda dua yang bisa melewati jalan ke lokasi tersebut, sedangkan kendaraan roda empat tidak bisa melintas.

Sementara untuk operasional alat berat escavator, tidak bisa melintas karena kondisi jembatan gantung yang tidak cukup memungkinkan dilewati alat berat. 

Usai melihat dari dekat lokasi longsor, Kapolres melanjutkan pengecekan ke kampung Akad, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang. Didampingi Kapolsek Lengayang.

Kepada media, Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.I.K mengatakan, berdasarkan hasil kegiatan pengecekan kelokasi longsor di kampung Langgai, Kecamatan Sutera memang ada beberapa titik longsor, namun secara keseluruhan aktifitas masyarakat tetap berjalan seperti biasa. Sedangkan akses kendaraan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. 

Kepada masyarakat Sri Wibowo agar tetap mewaspadai anomali cuaca tidak menentu. Termasuk bersama – sama mengawasi aktifitas ilegal logging diwilayahnya, jika ada pembabatan hutan secara ilegal segera laporkan ke pihak polsek ataupun polres pessel, untuk nantinya akan kita tindak tegas. 

” mari kita jaga lingkungan kita, jangan sampai hal itu menyebabkan bencana, seperti banjir dan tanah longsor,” kata Sri Wibowo.

Lebih jauh Sri Wibowo, bahwa penanganan musibah ini harus dilakukan bersama – sama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) dan Dinas terkait untuk segera penanganan cepat. Agar, aktifitas warga kembali normal.

Dan, untuk perambahan/pembabatan hutan atau sering disebut ilegal logging Sri Wibowo telah memerintahkan jajaran Kapolsek melakukan patroli wilayah, tindak tegas jika ada oknum pelaku dilapangan.

” Sedikit bantunan dari Polres Pessel kita serahkan pada warga di Kampung Akad, minimal bantuan ini bisa membantu warga sedang mengalami cobaan banjir,” ucapnya.

Sedangkan Armis warga kampung Akad, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang dihadapan kapolres menyampaikan kecemasan dan khawatir akan banjir susulan, apalagi sampai berita ini diturunkan hujan masih cukup tinggi. 

” Kita dan warga lain berharap sama Pak Kapolres bisa membantu menyampaikan pada Pemkab dan dinas terkait, untuk mempercepat penanganan normalisasi sungai batang lenggayang,” harap Armis.

Atas bantuan dari Kapolres Pessel, Armis mengucapkan terima kasih. Dan bantuan ini cukup membantu warga disini. Ada beberapa rumah warga terkena dampak banjir, sedangkan tiga rumah rusak akibat tersapu air sungai.

Di kampung Akad Kapolres Pessel cukup prihatin dengan kondisi warga yang terkena musibah. Sekaligus melihat dari dekat kondisi rumah warga yang rusak tersapu banjir. 



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PESISIR SELATAN

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel – siarminang.net

Kapolda Sumbar Gelar Safari Kambtibmas Ke Polres Pessel – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,-Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol.Drs.Toni Harmanto, M.H melakukan kunjungan safari Kamtibmas ke Polres Pesisir Selatan, Kamis (4/3) pukul 08.00 Wib. Yang berlangsung di Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Polres Pesisir Selatan diikuti pejabat tinggi Polda Sumbar. 

Kedatangan Kapolda Sumbar, diterima  Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo. S.I.K.M.H dan PJU serta Kapolsek jajaran di halaman Mako Mapolres Pessel.

Kapolda Sumbar Irjen. Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H dalam arahnya, mengajak seluruh personil Polda Sumbar, khususnya Polres Pessel dalam berbagai bidang kamtibmas dan situasi PPKM Mikro terkini yang sedang di galakkan pemerintah, Polri harus ikut didalamnya sebagai pendorong masyarakat agar patuh protokol kesehatan dan ikut berpartisipasi dalam kemajuan ekonomi.

Beberapa hal lain disampaikan Kapolda Sumbar yaitu peningkatan ketakwaan kepada Tuhan YME menjaga moralitas dan mentalitas personil.

” Masalah narkoba pasti tegas di pecat dan pidana apalagi menjadi bandar narkoba,” tegas Kapolda Sumbar Irjen Pol. Drs. Toni Hermanto.

Dalam kucapan terima kasih disampaikan pada  personil Polres pessel dengan terus tingkatkan pengabdian, serta mampu menjadi garda terdepan dalam mengayomi dan melayani masyarakat di bupaten Pesisir Selatan ini. Terlebih lagi dengan apa yang dihadapi masa pandemi ini tetap jaga kesehatan dan “Keselamatan Masyarakat adalah hukum tertinggi”. 

Ini, sejalan dengan motto Kapolri yaitu  “Presisi” Konsep kepolisian Prediktif, Responsibilitas dan Transaparansi Berkeadilan, sebagai konsep yang relevan dan bagus menghadapi tantangan yang dihadapi oleh Kepolisian mendatang. Tekuk Kapolda.

Adapun rombongan Polda Sumbar yang hadir, Dir Intelkam Kombes Pol. Heri Prihanto, S.I K, Dir Lantas Kombes Pol. Yofie Girianto Putra, S.I.K, M.H dan Karo SDM Kombes Pol.Defrian Donimando, S.I.K, M.H.



Sumber

Baca Selengkapnya

PESISIR SELATAN

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel – siarminang.net

3 Orang Bandar Dan Pemakai Narkoba Dibekuk Tim Sapu Jagat Polres Pessel – Beritasumbar.com


Pesisir Selatan,siarminang.net,-Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pesisir Selatan menangkap tiga orang pemakai dan pengedar narkoba jenis ganja juga sabu – sabu di dua tempat berbeda. Di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3).

Bertempat di depan SMPN 2 Painan, Kampung luar Salido, Kenagarian Salido, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan diamankan satu orang tersangka berinisial RY (20) pelajar. Saat dilakukan penangkapan tersangka diduga hendak melakukan transaksi narkoba jenis sabu. Didapatkan 4 (empat) paket narkotika Gol 1 jenis sabu yang di temukan di saku baju sebelah kiri tersangka.

Tidak berhenti disitu, tim opsnal sapu jagat Resnarkoba Polres Pessel kembali melakukan patroli wilayah. Mendapatkan informasi warga ada transaksi narkoba di daerah kampung luar salido, Kecamatan IV Jurai, langsung meluncur kelokasi.

Mendapatkan ciri – ciri sesuai informasi warga sedang berada disebuah rumah, AS (51) asal Kampung Luar Salido Kenagarian Salido IV Jurai, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, pukul 12.30 Wib dilakukan penangkapan AS oleh tim Opsnal Sapu Jagat Resnarkoba Polres Pessel. Dengan barang bukti 21 (dua puluh satu) Paket narkotika Gol I Jenis ganja kering, dibungkus kertas pembungkus nasi dengan kantong plastik warna hitam. Disimpan dibelakang rumah.

Setelah dilakukan pengembangan, lagi – lagi kembali tim ospnal sapu jagat Resnarkoba Polres Pessel menuju tkp ketiga kampung luar Salido, Kenagarian Salido, Kecamatan IV Jurai,  Kabupaten Pessel. 

Satu paket Narkotika golongan 1 paket Janis Ganja Kering. Yang di bungkus dengan kertas buku tulis dan di bungkus lagi dengan Vavir yang di temukan di kandang ayam. Di amankan dari tersangka A (40).

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK, melalui Kasat Resnarkoba Polres Pessel AKP. Hidup Mulia, SH , Rabu (3/2) pukul 11.00 Wib membenarkan penangkapan 3 orang tersangka tersangka pengedar serta pemakai narkoba jenis sabu dan ganja di wilayah hukum Polsek IV Jurai, Polres Pesisir Selatan. Rabu (3/3) dini hari. 

” 3 orang tersangka berinisial ” RY (20) x pelajar, AS (51) perempuan dan A ( 40) laki – laki berserta barang bukti narkoba jenis ganja serta sabu – sabu,” tegas Kasat Narkoba Polres Pessel itu.

Diterangkan Hidup Mulia, dari tangan ” RY ” barang bukti didapatkan empat) paket narkotika Gol 1 jenis sabu, ” AS ” barang bukti 21 (dua puluh satu) Paket narkotika Gol I Jenis ganja kering. Dan ” A ” 1 paket Janis Ganja Kering. Ditiga lokasi yang berbeda. Untuk penyelidikan, serta pengembangan lebih lanjut ketiganya sudah diamankan di Mapolres Pessel.

Patroli rutin seperti ini akan terus dilaksanakan oleh anggotanya di seluruh wilayah hukum Polres Pessel, Kasat Narkoba Polres Pessel ini adalah bentuk komitmen jajaran Resnarkoba Polres Pessel dalam pemberantasan narkoba di wilayah hukum Polres Pessel,tutupnya.



Sumber

Baca Selengkapnya

PESISIR SELATAN

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla. – siarminang.net

Kapolres Ajak Warga, Ikut Berikan Informasi Ilegal Logging maupun Karhutla. – Beritasumbar.com

Pesisir Selatan,siarminang.net,- Komitmen tegas disampaikan Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo, S.IK menindak lanjuti arahan dan intruksi dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam rangka mencegah serta meminimalisir kebakaran hutan, bencana alam dan ilegal logging. 

Kepada media, Selasa (23/2)  dalam pelaksanaan penegakan hukum diwilayah hukum Polres Pessel, Kapolres Pesisir Selatan tetap mengedepankan preemtif, preventif dan penegakan hukum. Serta melaksanakan koordinasi dengan elemen masyarakat, TNI dan unsur pemerintah. Seperti  Tagana, BPBD, dan Damkar.

” Saya tegaskan, tidak ada tempat bagi pelaku kejahatan Ilegal Logging serta pembakaran hutan di wilayah hukum. Kita akan tindak tegas,” ujar Sri Wibowo.

Banyak dampak bisa terjadi dari ilegal logging yaitu, banjir dan tanah longsor termasuk juga menggangu habitat satwa yang ada didalam hutan itu sendiri. Sementara itu, perambahan hutan dengan cara membakar hutan juga bisa memberikan dampak pada kesehatan warga, akibat asap ditimbulkan dari pembakaran hutan ataupun lahan. 

Dan jika terbukti didapatkan oknum warga sengaja membakar hutan ataupun melakukan ilegal logging kita akan tindak tegas ( proses hukum).

Lebih lanjutnya, perlu ada kerjasama semua pihak untuk ikut berperan dalam menjaga alam, apabila menemukan atau mengetahui aktifitas ilegal logging ataupun perambahan hutan, Sri Wibowo bisa menginformasikan pada Polres Pessel, serta jajaran Polsek – Polsek. 

Pada para jajaran Polsek – Polsek agar tetap melakukan kegiatan patroli rutin diwilayah hukumnya masing – masing, untuk meminimalisir Ilegal logging, kebakaran hutan. Termasuk bencana alam.

” Atas informasi hal tersebut, maka Kita akan segera ditindak lanjuti,”  kata Kapolres Pessel.

Lebih jauh Kapolres Pessel itu akan melaksanakan intruksi dan arahan dari Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam hal pencegahan ilegal logging, kebakaran hutan, dan bencana alam. Tekuknya.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer