Connect with us

Politik

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB – siarminang.net

DPRD Solok Selatan “Jemput Bola” Dana Hibah Rehab Rekon BNPB – Beritasumbar.com

Padang Aro, siarminang.net – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan melakukan jemput bola untuk mendapatkan dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Pertemuan ini diadakan terkait mitigasi bencana dan penanganan pasca bencana banjir dan longsor di Solsel pada 2019, yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan terhadap beberapa infrastruktur yang ada,” kata Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda saat dihubungi, Selasa.

Pertemuan dengan BNPB diadakan pada Senin, 4 Januari 2021di Graha BNPB, Jakarta. Ikut dalam kegiatan itu dari Pemkab Solsel, yakni Pj. Sekda, Kalaksa BPBD beserta rombongan dan tim TAPD.

Inisiatif ini dilakukan supaya sumber dana tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat Solsel terutama yang terdampak banjir dan longsor 2019.

Di Graha BNPB, Zigo bertemu dengan Sestama BNPB, Harmensyah dan Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Rivai.

“Alhamdilllah, dari hasil pertemuan itu, BNPB berjanji segera mentransfer dana hibah bantuan Rehab Rekon ke Rekening Daerah selama Solsel mampu menyiapkan dokumen perencanaan atau detail Engineering Design (DED) yang di bebankan pada APBD Solsel,” ujarnya.

Tidak hanya terkait itu, dalam pertemuan itu juga dibahas beberapa kebutuhan mendesak dan darurat terkait usulan Pemkab Solsel mengenai bantuan Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi rumah warga terdampak di dua kecamatan.

Ia mengatakan, Sestama BNPB, Harmansyah juga menawarkan beberapa kegiatan lain di BNPB yang disinergikan di Solsel, seperti pembenahan alur sungai dan irigasi terdampak bencana melalui DSP BNPB.

Terakhir, Zigo Rolanda berharap agar kedepan tidak ada lagi bencana yang masif di Solsel seperti yang terjadi pada 2019. “Dengan mitigasi yang bagus. Pihak BNPB juga akan segera melakukan perbaikan pasca bencana di Solsel dalam waktu dekat,” tutur Harmensyah ditirukan Zigo. Selain dana hibah Rehab Rekon, Zigo beserta pejabat Pemkab Solsel juga mengupayakan dana siap pakai (DSP) BNPB yang bisa dimanfaatkan kabupaten itu.(Akbar)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Politik

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir – siarminang.net

Pasca Dilantik Sebagai Bupati Sijunjung, Ini Penegasan Beny Dwifa Yuswir – Beritasumbar.com

Sijunjung, siarminang.net – Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir menegaskan tugas pertama akan memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Penegasan ini disampaikan bupati pada pidato pertamanya dalam acara serah terima tugas bupati.

Serah terima tugas bupati dari Plh bupati Sijunjung Zefnihan kepada Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir di Balaiurung Lansek Manih, Muaro Sijunjung, Jumat (26/2).

Plh Bupati Sijunjung Zefnihan dalam kesempatan itu mengatakan, proses pilkada sudah usai, mari kita satukan energi untuk membangun Sijunjung yang lebih baik.

“Selamat datang bagi Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung di Ranah Lansek Manih untuk menjadi Nakoda diatas kapal yang besar ini. Untuk itu mari kita berikan dukungan sepenuhnya kepada Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung yang baru, untuk membuat Sijunjung yang lebih baik,” ajak Zefnihan.

Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir pada malam ini mengatakan, amanah berat berada di pundak kami. Mari kita membangun Sijunjung yang lebih baik lagi ke depan. Tidak mampu membangun Sijunjung oleh bupati dan wakil bupati, tanpa dukungan dari semua komponen masyarakat. “Kami butuh dukungan dengan keseriusan kita bersama,” katanya.

Wakil bupati Iradatillah bersama bupati ingin memberikan yang terbaik untuk kabupaten Sijunjung kedepannya. Untuk itu para jajaran ASN dan masyarakat untuk selalu memberikan dukungan sepenuh hati dengan penuh keihlasan, harap wabup. (Alim)



Sumber

Baca Selengkapnya

BUKITTINGGI

Pelantikan Ketua TP-PKK Sebelas Kabupaten/kota di Sumbar, Istri Wako Bukittinggi Paling Muda – siarminang.net

Pelantikan Ketua TP-PKK Sebelas Kabupaten/kota di Sumbar, Istri Wako Bukittinggi Paling Muda – Beritasumbar.com

Padang, siarminang.net — Ketua TP – PKK untuk 11 Kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar), dilantik serentak di Auditorium Gubernur berlangsung khidmat, Jumat (26/2/2021).

Pelantikan ini didampingi oleh suami masing-masing Ketua TP-PKK, yang telah dilantik sebelumnya sebagai orang nomor 1 dan nomor 2 di Kabupaten/kota yang bakal mereka pimpin.

Setelah pelantikan, diadakan foto bersama di teras salah satu bangunan samping gedung Auditorium. Pada sesi foto tadinya menggunakan masker, sejumlah juru foto meminta untuk membuka masker.

Ketika foto bersama tanpa memakai masker, tampak dari sekian srikandi TP – PKK, sosok istri wali kota Bukittinggi, Viona Agyta lebih muda dari yang lainnya.

Istri Wako Erman Safar itu selain paling tinggi, ia terlihat juga paling cantik dan anggun. Saat pembukaan masker, ia terkesan sosok ibu TP-PKK yang sederhana dan bersahaja.

Sambutan istri Gubernur Sumatera Barat, Harneli Bahar, sebagai Ketua TP-PKK Provinsi mengatakan, insyaallah kegiatan PKK kedepannya akan semakin sukses.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan selamat kepada TP-PKK yang baru saja dilantik.

“Alhamdulillah, masih sangat muda- muda. Mudah-mudahan, saya bisa terbawa dengan semangat muda dari ibu-ibu TP-PKK yang baru saja dilantik,” ujarnya. (adil)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen – siarminang.net

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Tiga hal penting yang menjadi pembahasan utama ialah penguatan penanganan Covid-19 termasuk vaksinasi, proyeksi pembangunan jalan tol, serta stunting di Sumbar. Diawal rapat, Gubernur memaparkan kondisi kekinian terkait tiga poin diatas dan Gubernur meminta masukan dari peserta rapat.

“Terkait penanganan covid-19, pesan presiden yang juga disampaikan Kemendagri, kita harus lebih serius.
Kita diminta agar mempersempit ruang penyebaran untuk kemudahan pengendalian. Banyak program yg sudah ada selama ini seperti Nagari Tageh, Kongsi Covid, atau yang lainnya, itu sangat bagus sekali tinggal kita perkuat lagi, terutama disiplin prokes,” ungkap Mahyeldi.

Untuk program vaksinasi di Sumbar yang sebelumnya sempat anjlok di rangking 25 di Indonesia, sudah membaik
dengan cakupan pelaksanaan vaksin mencapai 94,83 persen. Gubernur mengapresiasi daerah dengan cakupan vaksinasinya yang sudah melebihi 100 persen.

“Alhamdulillah cakupan vaksinasi kita saat ini sudah mencapai 94,83 persen. Bahkan ada kabupaten kota yang nilainya diatas 100 persen. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak, semoga bisa menjadi motivasi bagi daerah lainnya,” tambah Mahyeldi.

Daerah dengan cakupan vaksinasi mencapai 100 persen adalah Kabupaten Padang Pariaman 124 persen, Kabupaten Sijunjung 115 persen, Kota Pariaman 111 persen, Dharmasraya 102,8 persen, Kota Sawahlunto 104,62 persen, Kota Padang Panjang 104,5 persen, dan Kota Padang 102,96 persen.

Selain itu, Rakor juga membahas progres pengerjaan jalan tol Sumbar-Riau yang terkesan lambat. Untuk pembahasan ini, bupati walikota yang hadir dalam Rakor menyatakan siap berkoordinasi dan bersinergin dengan provinsi demi peecepatan pembangunan.

Bahkan Gubernur secara tegas mengajak, jika perlu perencanaan pembangunan Sumbar kedepan yang melibatkan kabupaten kota agar dituangkan dalam bentuk MoU.

Usai menggelar rakor, peserta rapat melaksanakan Jumatan di Masjid Pemrprov Sumbar, Baitul Auliya, dengan Gubernur langsung sebagai khatib dan imam shalat.(doa/MC)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer