Connect with us

Padang Panjang

Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan – siarminang.net

Tanpa Toleransi Tidak Ada Kerukunan – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net –  Kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Pengembangan toleransi dan kerukunan antar umat beragama merupakan karya bersama para tokoh agama, para menteri agama dan aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan,” demikian amanat menteri agama yang dibacakan Walikota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano saat menjadi inspektur upacara bendera dalam peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke 75 Tahun 2021  di Lapangan upacara MAN 1 Padang Panjang, Selasa (5/01).

Ia mengatakan, toleransi dan kerukunan antar umat beragama, dilakukan dengan tanpa mengusik akidah dan keimanan masing-masing pemeluk agama. Pengalaman membuktikan toleransi dan kerukunan tidak tercipta hanya dari satu pihak, sedangkan pihak yang lain berpegang pada hak-haknya sendiri.

“Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain. Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keindonesiaan sebagai bangsa yang beragama,” lanjutnya.

Ditambahkan, sila pertama dan utama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, meneguhkan identitas nasional sebagai bangsa yang beragama dan bermoral. Komitmen religius dan moralitas menjadi barometer apakah suatu bangsa dapat menjadi bangsa yang besar atau tidak.

Sejalan dengan itu, lanjutnya, tugas dan tanggung jawab sejarah bagi seluruh bangsa Indonesia adalah mengisi negara yang ber-ketuhanan Yang Maha Esa ini sejalan dengan asas demokrasi dan kedaulatan rakyat. 

“Bangsa Indonesia, dari generasi ke generasi harus bisa menjaga komitmen nasional tentang landasan bernegara di tengah dahsyatnya percaturan global di bidang geopolitik, ekonomi, kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi dan lain-lain,” sampai Fadly.

Semangat Kementerian Agama yang baru,  lanjutnya, dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Di akhir sambutannya, Menag mengajak kita semua untuk mari mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

Usai melaksanakan upacara ini, juga dilakukan penyerahan Satya Lencana bagi pegawai yang telah lama mengabdikan diri bekerja di Kementerian Agama Kota Padang Panjang serta penyerahan wakaf uang tunai ASN ke pengurus Badan Wakaf Indonesia Kota Padang Panjang yang diterima H. Ali Usman Suib.

Adapun penyerahan satya lancana diberikan kepada pegawai yang masa kerja 10 tahun yaitu Fasmi Dedi, S.Ag dan Syamsuid. Pegawai masa kerja 20 tahun, Firmawati Anwar, S.Pd, M.Pd dan Drs. Masri. Serta pegawai dengan masa kerja 30 tahun, Misnar, S,Pd.I. (Ben)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang Panjang

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana – siarminang.net

Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Padang Panjang Barat Terlaksana – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_ Setelah Sukses Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang dua hari yang lalu di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang, kembali dilaksanakan Penandatangan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kankemenag Kota Padang Panjang dengan Pemenang Tender dan Pengawas yang disaksikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Kakankemenag Kota Padang Panjang, Tim Kejari Padang Panjang, Kasi Bimas Islam beserta JFT dan JFU KUA Padang Panjang Barat di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (28/07/2021)

Kegiatan Penandatanganan Kontrak Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat ini dihadiri, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat H. Yosef Chairul, Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang, Kasubbag TU H. Bustami, Kasi Bimas Islam H. Syaiful Arifin, Penyelenggara Zakat Wakaf Kankemenag Kota Padang Panjang Bastiar, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Emi Ratna Aprilana, Direktur CV. NIASHINTARIDHO BERSAUDARA selaku Pemenang Tender, Direktur CV. NAJFAS selaku Konsultan Perencana, Direktur CV. DELTA ARSITEKTUR PERSADA selaku Konsultan Pengawas, Kasi Perencana Keciptakaryaan DPUPR Kota Padang Panjang Meri Susanti, S.ST, Tenaga Pengelola Teknik (Staf DPUPR Provinsi Sumatera Barat) Cynthia Utami Putri, Tenaga Pembantu Pengelola Teknis (Staf DPUPR Provinsi Sumatera Barat) Lenindo, Peneliti Hasil Kontrak (Staf DPUPR Kota Padang Panjang) Chintya Mayasari, FIC SBSN 2021(Perencana Muda Kankemenag Kota Padang Panjang) Fryta Nery Putri Zam, beserta Tim Pendukung SBSN 2021 dan seluruh Staf Bimas Islam Kankemenag Kota Padang Panjang beserta Analis Pengelola Keuangan APBN.

Sementara itu Perwakilan Kejari Padang Panjang turut serta menyaksikan Penandatangan Kontrak ini selaku Tim Pengawas Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).

Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang sangat mengapresiasi gerak cepat Tim Pokja dan Pejabat Pengadaan yang telah bekerja sama demi terealisasinya kegiatan ini.

“Hanya berselang dua hari dari kegiatan sebelumnya, sekarang telah ditandatangani Kontrak Pembangunan Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Padang Panjang Barat,” ujarnya.

“Ini merupakan yang kedua dari tiga Pekerjaan Proyek di Tahun 2021 yang dialokasikan melalui Program SBSN pada Kantor Kementrian Agama Kota Padang Panjang, ada satu Kegiatan Pekerjaan Proyek selanjutnya yakni Pembangunan Asrama Type 1 MAN 2 Kota Padang Panjang,” tukas Kakankemenag.

Perwakilan Kejari Padang Panjang siap mengawasi pelaksanaan kegiatan ini dari sudut Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Kejari pada prinsipnya siap melakukan pengawasan dan pendampingan sesuai dengan Regulasi dan Aturan Perundang-undangan yang berlaku,” tuturnya.

Pihak Pemenang tender dan pengawas proyek pun siap bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.

“Kami siap bekerja sesuai dengan Regulasi dan Aturan yang berlaku,” ujar Direktur CV. NIASHINTARIDHO BERSAUDARA.

Senada dengan Pelaksana Pekerjaan Proyek, Direktur CV. DELTA ARSITEKTUR PERSADA selaku Konsultan Pengawas, siap melakukan pengawasan pekerjaan proyek ini sampai selesai.

Setelah Penandatangan Kontrak dan Direktur Pelaksana Proyek, dilanjutkan dengan Survei kelokasi Pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji oleh Tim Teknis bersama Perencana dan Pengawas.(Adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Panjang

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota – siarminang.net

Padang Panjang PPKM Level 4, Kakankemenag Ikuti Rapat Bersama Walikota – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_Kakankemenag Kota Padang Panjang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Wahyu Salim mengikuti Rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Tingkat Desa dan Kelurahan Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 serta Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Dalam Rapat kali ini, dihadiri seluruh Pimpinan Forkopimda Kota Padang Panjang bersama Camat dan Lurah se-Kota Padang Panjang yang diselenggarakan di Hall Lantai III Balaikota Padang.

Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano dalam sambutannya menyampaikan bahwa, “Instruksi Menteri Dalam Negeri ini harus kita laksanakan dan sosialisasikan bersama. Penyekatan diperbatasan harus jadi perhatian sampai tingkat kelurahan, ” ujar Fadly.

Senada dengan Walikota, Wakil Walikota Padang Panjang Asrul meminta Kepala Dinas Sosial memantau kondisi Bantuan Sosial (Bansos) untuk warga yang terdampak PPKM.

“Hal ini harus terus kita pantau, sehingga nantinya masyarakat yang terdampak PPKM dapat menerima santunan yang layak dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu Dandim 0307/Tanah Datar, Letkol. Inf. Wisyudha Utama sangat mengapresiasi Satgas Covid-19 Kota Padang Panjang sampai tingkat Kelurahan yang telah bersama-sama menegakkan peraturan tetang penerapan protokol kesehatan ditengah-tengah masyarakat.

Begitupun dengan Kapolres Padang Panjang Apri Wibowo mengatakan, “bahwa selama ini untuk Satgas Covid-19 Kota Padang Panjang telah berjalan sebagaimana mestinya, tinggal lagi melanjutkan yang sudah ada,” ujarnya.

Perwakilan Kejari Padang Panjang juga menyampaikan pesan dari Jaksa Agung Republik Indonesia, agar kiranya Forkompinda didaerah memperhatikan ketersediaan obat, oksigen, dan kamar Rumah Sakit.

“Janganlah kita abai terhadap Covid-19 ini, mari tetap mempertahankan protokoler kesehatan (prokes) dalam setiap aktivitas,” tuturnya.

Begitu pula Kakankemenag Kota Padang Panjang dalam hal ini diwakili oleh Kasi Penmad Wahyu Salim, beliau menyampaikan bahwa sesuai aturan yang diturunkan dari Menteri Agama Republik Indonesia bahwa “segala kegiatan peribadatan termasuk di Masjid, harus melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M yakninya, 1.Memakai masker; 2. Mencuci tangan; 3. Menjaga jarak; 4. Menghindari kerumunan; dan 5. Mengurangi mobilitas. Hal ini kembali diulas dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 poin ke Ketujuhbelas yang sedang kita bahas sekarang tentang pelaksanaannya,” ujar Wahyu.

Semua pihak yang hadir dalam rapat Persiapan Pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2021 ini setuju untuk melaksanakan PPKM Level 4 di Kota Padang Panjang bersama-sama, dengan mengoptimalkan Satgas Covid-19 yang telah berjalan selama ini.(Adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang Panjang

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik – siarminang.net

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Kakankemenag lansung menyembelih hewan Qurban dihari pertama dari hari-hari Tasyrik yakninya tanggal 11, 12 13 Dzulhijjah di Lapangan Parkir Kantor Kementerian Kota Padang bersama seluruh peserta qurban dari Aparatur Sipil Negara Kankemenag Kota Padang Panjang.

Sebelum kegiatan penyembelihan dimulai, H. Gusman Piliang kembali mengingatkan kepada seluruh panitia pelaksana agar tetap melaksanakan protokoler kesehatan dalam penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban sesuai Surat Edaran Menteri Agama Republik Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Shalat Idhul Adha dan Pelaksanaan Qurban Tahun 1442 Hijriyyah/2021 Masehi

“Selain berqurban, mari kita perbanyak do’a dan dzikir dihari tasyrik ini, semoga Allah menerima semua ibadah kita serta mengangkat wabah pandemi Covid-19 dari bumi,” ujar Kakankemenag.

Dalam kegiatan pelaksanaan Qurban kali ini 3 (tiga) Ekor Sapi disembelih di Lapangan Parkir Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang. Hasil sembelihan hewan Qurban ini, nantinya akan dibagikan kepada masyarakat sekitar Kankemenag Kota Padang Panjang yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo Nomor 84 Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang dengan cara langsung dibagikan kerumah warga masing-masing (door to door).

Kakankemenag memahami dan mengerti bahwa semua kita banyak yang terdampak akibat ujian pandemi Covid-19 ini, baik secara fisik, psikis maupun ekonomi. Semoga dengan kegiatan berbagi daging qurban ini dihari yang mulia dalam suasana Hari Raya Idhul Adha kepada masyarakat sekitar Kelurahan Tanah Pak Lambik, bisa meringankan ujian warga sekitar dalam suasana PPKM Darurat yang diperpanjang di Kota Padang Panjang.

“Hari-hari Tasyrik adalah hari makan dan minum setelah idul adha (hari nahr), kesempatan emas bagi kita untuk meningkatkan kepedulian kepada sesama, tutur Kakankemenag.
“Harapan kedepannya mudah-mudahan semua kita ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang tetap diberi kelapangan rezeki oleh Allah dan Allah mudahkan untuk beramal sholeh seperti berqurban dihari Raya Idul Adha tahun depan” ujar Gusman.

“Selamat Hari Raya Idul Adha dan selamat menikmati daging qurban dengan berbagai macam menu spesial, semoga hari raya ini menjadi hari penuh berkah,” tambahnya.

“Kita sangat bersyukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam suasana Hari Raya Idul Adha Tahun ini 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi, kita telah melaksanakan Sholat Idul Adha dirumah masing-masing dan bisa menyelenggarakan Ibadah Qurban dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan” kata Kakankemenag mengakhiri sambutannya. (adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer