Connect with us

Padang

Napak Tilas Nagari Koto Gadang, Tanah Leluhur Boy Rafli Amar – siarminang.net

Napak Tilas Nagari Koto Gadang, Tanah Leluhur Boy Rafli Amar – Beritasumbar.com

PADANG (4/1/2021),- Ketua Umum Gema Santri Nusa KH. Akhmad Khambali, SE, MM bersama elemen Santri, Aktivis, Jurnalis dan Tokoh Intelektual Sumatera Barat Melakukan Napak Tilas di Nagari Koto Gadang yg sdh byk Melahirkan Tokoh Nasional dan salah Satunya adalah Komjen Pol Dr.Drs.H. Boy Rafli Amar Dt Rangkayo Basa Kepala BNPT RI.

Ahli Minangkabau yang juga antropolog dan sosiolog Indonesia, Dr Mochtar Naim menemukan, di antara 2.666 orang yang berasal dari Koto Gadang pada 1967, sebanyak 467 atau 17,5% merupakan lulusan universitas.

Di antaranya, 168 orang jadi dokter, 100 orang jadi insinyur, 160 orang jadi sarjana hukum dan kira-kira 10 orang doktorandus ekonomi dan bidang-bidang ilmu kemasyarakatan lainnya. Kemudian, pada 1970, 58 orang lagi lulus universitas.

Jadi, merujuk hasil penelitian Mochtar Naim itu, dengan 525 orang lulusan universitas (tidak termasuk mereka yang bergelar sarjana muda), Koto Gadang yang punya penduduk kurang dari 3.000 tak terkalahkan barangkali oleh desa mana saja, bahkan tidak oleh masyarakat-masyarakat yang telah maju lainnya di dunia.

Tradisi intelektualitas yang sangat kuat dari nagari (desa) seluas 268 hektare yang terletak di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat itu, juga mengalir kuat dalam darah Boy Rafli Amar. Pendidikan tingkat doktoral, dituntaskannya dari Universitas Padjajaran, Bandung pada 2019 lalu selain pendidikan di kepolisian seperti Sespimti (2011) dan Lemhannas PPSA (2013).

Diketahui, Boy Rafli beribukan seorang bundo kanduang dari Nagari Koto Gadang yang bersuamikan pria dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Sama dengan kakeknya yang juga seorang sastrawan angkatan Balai Pustaka, Aman Datuk Madjoindo, Boy Rafli Amar juga mendapat gelar adat dari Suku Koto, kaum dari sang ibunda.

Pada tanggal 29 November 2013, Boy Rafli dilewakan (diangkat/disahkan-red) sebagai kepala kaum suku Koto, Nagari Koto Gadang, dengan gelar adat, Datuak Rangkayo Basa.

Kuatnya tradisi intelektualitas dari Nagari Koto Gadang ini, juga mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Tercatat 17 tokoh yang sudah diakui pemerintah sebagai pahlawan nasional, 7 di antaranya berasal dari Kabupaten Agam. Hebatnya lagi, tiga di antaranya, merupakan keturunan dari Nagari Koto Gadang.

Para tokoh itu yakni Perdana Menteri pertama Sutan Syahrir. Kemudian, politisi legendaris yang juga Menteri Luar Negeri pertama, H Agus Salim. Tokoh pejuang hak-hak wanita yang juga wartawan wanita pertama di republik ini, Rohana Kudus, juga lahir dari negeri ini (Rohana Kudus ini merupakan kakak kandung satu ayah dengan Sutan Syahrir-red).

Tradisi bidang keilmuan ini, juga sudah mengakar kuat dari Koto Gadang ini jauh sebelum zaman sebelum kemerdekaan RI.

Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi, imam mazhab Syafii di Masjidil Haram, di Makkah Almukaramah, juga seorang tokoh dunia yang juga terlahir dari rahim bundo kanduang di nagari yang berada di pinggir Kota Bukittinggi itu.

Putra-putri dari Nagari Koto Gadang ini, juga pernah jadi menteri di masa Orde Lama maupun Orde Baru. Puluhan di antaranya menjadi pejabat tinggi negara di berbagai bidang. Tercatat sembilan putra Koto Gadang pernah menjadi Duta Besar RI di berbagai belahan dunia.

Koto Gadang juga melahirkan 10 jenderal dalam ketentaraan nasional. Tak terhitung lagi mereka yang menjadi pejabat lokal, pemimpin di berbagai perusahaan terkenal, intelektual, dan seniman.

Sebut saja, pelukis Usman Effendi yang turut mendirikan Taman Ismail Marzuki, puluhan arsitek, ahli hukum, dokter, ahli-ahli kemasyarakatan juga lahir dari desa yang terletak di ujung jalan dari arah Kabupaten Agam ini.

Kegemilangan Nagari Koto Gadang di masa silam, memang tinggal jadi sebuah sejarah di masa saat ini. Tapi, bekal sejarah gemilang ini, jadi modal besar bagi sosok Komjen Pol Dr Drs Boy Rafli Amar MH gelar Datuak Rangkayo Basa memimpin korps Bhayangkara sebagai Tribata 1.

Perwira tinggi Polri yang sejak 6 Mei 2020 menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ini, punya segudang pengalaman yang mumpuni sebagai salah seorang kandidat Kapolri. Lulusan Akpol 1988 ini, berpengalaman dalam bidang reserse.

Mantan Kapoltabes Padang pada 2008 yang juga penyuka gado-gado itu, dipercaya sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV. Boy merasakan sejumlah pengalaman mengesankan saat bertugas selama satu tahun di negara itu. Ia memiliki banyak teman dari berbagai negara dan bisa bertukar pikiran. (*)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Padang

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik – siarminang.net

LPPKI Bangga Dengan Nagari Mart Melayani Konsumen Dengan Baik – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN- LPPKI) Azwar Siri.SH beserta jajaran pengurus LPPKI lainya mengunjungi Mini market Nagari Mart yang terletak di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman,
Senin 7/6/2021.

Kunjungan tersebut dalam rangka untuk menjalani fungsi LPPKI sebagai lembaga control sosial dalam bidang perlindungan konsumen sebagaimana diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,untuk melakukan pengawasan terhadap barang dan jasa yang beredar di pasaran bahwa mini market Nagari Mart, sebuah mini market yang baru berdiri untuk melayani kebutuhan harian konsumen.

Pada kesempatan tersebut Azwar Siri.SH menyampaikan bahwa pelayanan Nagari Mart cukup baik dan suasana belanja yang nyaman dan menyenangkan serta barang-barang yang dijual baru dan hargapun relatif stabil,dengan itu kami sebagai konsumen dari LPPKI merasa senang berbelaja disini karena adanya kenyamanan berbelaja bagi konsumen dan LPPKI merasa bangga bahwa mini market ini yang punya dan dikelola oleh putra daerah Pariaman sendiri dan disaat banyak orang yang di PHK Nagari Mart bisa membuka lapangan kerja baru dan LPPKI sangat mensupport berdirinya Nagari Mart ini dalam rangka pemenuhan kebutuhan konsumen dan untuk mengejar pertumbuhan ekonomi,ujar Azwar Siri

Sementara itu dalam kesempatan tersebut Direktur PT.Nagari Minang Sakato (Nagari Mart) Nasirman Chan yang asli putra daerah Pematang Tinggi, Nagari Sikucua Utara, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kab Padang Pariaman yang lebih akrab dipanggil Aciak, juga merupakan sebagai pengelola Nagari Mart menyatakan bahwa Nagari Mart tersebut juga punya asli putra daerah VII Koto Sungai Sariak, Kab Padang Pariaman yaitu H.Ramal Saleh beliau mendirikan mini market Nagari Mart ini untuk membantu masyarakat dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat disaat pandemi semua kita mengalami dampak ekonomi maka Nagari Mart mencoba untuk membangun ekonomi dengan membuka lapangan kerja baru dan peluang usaha bagi masyarakat dan Nagari Mart akan membuka kemitraan bagi masyarakat yang berminat buka usaha mini market, ucapnya

Ditambahkan oleh Nasirman (Aciak) mengenai tentang admitrasi perusahaan Nagari Mart (PT.Nagari Minang Sakato) yakni didirikan padan tahun 2019 yang lalu yang berkantor di Kota Padang,dengan membuka usaha mini market dengan nama Nagari Mart dan perizinannya dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman dan 100% saham nya milik orang Pariaman Sumatera Barat.
Dijelaskan oleh Aciak tentang konsep program mini market Nagari Mart adalah Sato Sakaki yaitu untuk pemberdayaan masyarakat dalam usaha riteil, pemberdayaannya adalah semua milik gedung bangunan itu milik masyarakat, Nagari Mart sebagai manajemen dan operator,jadi tidak ada kepemilikan orang lain,selain orang sumatera barat, kata aciak mengakiri.
(Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Kepala UPT BP2MI Berkunjung Kesumbar – siarminang.net

Kepala UPT BP2MI Berkunjung Kesumbar – Beritasumbar.com

KETUA DPD PARTAI HANURA SUMBAR ZALFADRI S.T.,M.M. SAMBUT KEPALA BP2MI BENYY RAMDHANI DI BANDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU

Padang, siarminang.net,-Ketua DPD partai Hanura Sumbar Zalfadri S.T.,M.M. bersama Sekretaris DPD Hanura Sondri BS dan kepala UPT BP2MI Provinsi Sumatera Barat Joko Purwato. Kadisnaker Provinsi Sumatera Barat bapak Nazrizal menyambut kedatangan kepala BP2MI Benny Ramdhany, di VIP Room Bandara Internasional Minangkabau, Minggu (6/6/2021).

Direncanakan Benny Ramdhani bersama tim akan berada di Sumbar selama dua hari melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa daerah. Di antaranya meninjau UPT BP2MI di kota Padang, kegiatan di kantor Gubernur Sumatera Barat kemudian acara Talkshow di TVRI Padang, di tutup kuliah umum di sekolah perikanan (SPUM) di Kota Pariaman di hadapan 150 siswa calon PMI ke Korea Selatan.

Ketua DPD Hanura, Zalfadri menyambut baik kedatangan kepala BP2MI ke Sumbar, sekaligus acara silaturahmi sesama keluarga di Partai Hanura,

“Pak Benny merupakan senior kami di Partai Hanura kini beliau sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Hanura (2015-2024), dimana sebelumnya pernah menjadi Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Hanura (2016-2020). Alhamdulilah sekarang diamanahkan Presiden untuk menjadi Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Saya berharap ditangan cekatan beliau BP2MI semakin lebih baik dan hadir untuk masyarakat” ujar pak Zalfadri

“saya akan menemani beliau selama dua hari di Sumbar,.” Untuk saat ini saya support beliau fokus menangani masalah ketengakerjan PMI asal  sumbar, Alhamdulillah tadi beliau mengatakan Sumbar mendapatkan kuota target 2000  PMI” tambah (penulis Reza Jefrika)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan – siarminang.net

Keluarga Besar LPPKI Silaturahmi Dengan Anak Panti Asuhan – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,- Keluarga besar Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) mengadakan kunjungan silaturahmi dengan panti sosial Lubuk Kilangan, yang bertempat di Panti Sosial Anak Asuh Batu Gadang, Lubuk Kilangan, Kota Padang, Sumatera Barat, Selasa 1/6/2021.

Dalam acara silaturahmi bersama anak-anak panti asuhan tersebut hadir Ketua Umum DPN-LPPKI Azwar Siri.SH beserta Sekretaris Umum Bakri A. Rifai.SH, Ketua Harian Zul Erifal Efendi.Spdi, beserta Ketua DPW LPPKI Sumatera Barat Abdurahman Spdi, beserta segenab jajaran pengurus lainnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum DPN-LPPKI Azwar Siri.SH menyampaikan bahwa LPPKI bersilaturahmi ke panti sosial ini sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial,rasa cinta dan empati LPPKI pada anak-anak panti asuhan sebagi bentuk dukungan moral LPPKI pada anak-anak panti,agar mereka tidak merasa sendiri di panti.
Semoga anak panti lebih giat dan semangat belajar untuk mengejar cita-citanya, ucap Azwar Siri

Pimpinan panti asuhan Lubuk Kilangan Syaril Ulbi dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan silaturahmi keluarga besar LPPKI pada panti ini, semoga dapat memberikan semangat dan dukungan moril bagi kami disini dalam mengasuh dan mendidik anak disini,katanya

“Namun lebih lanjut disampaikannya bahwa panti ini berdiri pada tahun 1974 telah banyak menghasilkan lulusan yang telah sukses pada berbagai bidang dan pada saat ini panti mempunyai anak asuh sebanyak 35 orang,yang tersebar pada berbagai tingkat jenjang sekolah dan sangat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari kita semua untuk kelancaran pengasuhan anak panti ini,tuturnya

Selanjutnya acara silaturahmi LPPKI bersama anak panti asuhan tersebut dilanjutkan dengan tausiah agama dari ustad Erifal Efendi dan penyerahan bantuan dari keluarga besar LPPKI, serta di akhiri dengan makan bersama anak-anak panti asuhan. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer