Connect with us

NASIONAL

Rezka Oktoberia Dilantik Sebagai Anggota MPR RI Saat Kota Payakumbuh Merayakan Hari Jadi Ke 50 – siarminang.net

Rezka Oktoberia Dilantik Sebagai Anggota MPR RI Saat Kota Payakumbuh Merayakan Hari Jadi Ke 50 – Beritasumbar.com

Jakarta,siarminang.net, – Rezka Oktoberia, Srikandi Luak Limopuluah dilantik menjadi anggota MPR RI di saat kota Payakumbuh memasuki usia emas. Pelantikannya pun bertepatan dengan Hari lahir Kotamadya Payakumbuh yaitu 17 Desember. Yang mana tahun ini sudah 50 Tahun usia Kota yang awalnya berjulukan kota Galamai ini berusia.

Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) melantik enam anggota MPR pergantian antar waktu (PAW) periode 2019-2024. Pelantikan itu digelar dengan menggunakan protokol Covid-19.

Bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke 50 Kota Payakumbuh, 17 Desember 2020, Rezka Oktoberia diambil sumpah jabatannya sebagai anggota MPR RI di Gedung Nusantara 5.

Perempuan berdarah minang itu memakai baju khas Minangkabau saat dilantik langsung oleh Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam acara yang digelar dengan protokol Covid-19 ketat itu.

Para anggota MPR RI yang baru dilantik yakni, Muhammad Hasanuddin Wahid (Fraksi PKB) dari daerah pemilihan Jawa Timur V, Bambang Hermanto (Fraksi Partai Golkar) dari daerah pemilihan Jawa Barat VIII, Rezka Oktoberia (Fraksi Partai Demokrat) dari daerah pemilihan Sumatera Barat II, Heru Widodo (Fraksi PKB) daerah pemilihan Kalimantan Selatan II, Y Jacki Uly (Fraksi Partai NasDem) daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur II, dan Cen Sui Lan (Fraksi Partai Golkar) dari daerah pemilihan Kepri.

“Pelantikan kali ini digelar di tengah keprihatinan wabah Covid-19. Sehingga tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujar Bamsoet saat melantik PAW anggota MPR RI, di komplek MPR RI, Jakarta, Kamis (17/12/20).

Selain itu, Bamsoet juga menyampaikan selamat kepada para anggota MPR RI yang baru dilantik dan berpesan kepada semuanya untuk ikut mensosialisasikan program vaksin covid-19 gratis yang akan diberikan kepada masyarakat Indonesia. “Sebagai tokoh yang berpengaruh di masyarakat, harus turut mengedukasi masyarakat, khususnya konstituen di masing-masing dapil agar mau ikut program vaksinasi,” kata Bamsoet saat memberikan sambutan.

Pelantikan Rezka sebagai anggota MPR-RI mencatatkan sejarah baru bagi Luak Limopuluah (Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh). Uni Rezka, begitu sapaan akrabnya, menjadi perempuan pertama yang mewakili daerah pemilihan Sumbar II meliputi Payakumbuh, Limapuluh Kota, Agam, Bukittinggi, Pariaman, Padangpariaman, Pasaman, dan Pasaman Barat. Pasalnya, sejak Luak Limopuluah berdiri belum ada satupun wakil yang berhasil duduk di Senayan dari dapil tersebut.

“Amanah ini pasti sekuat tenaga akan saya tunaikan dengan mengusung semangat baru dan menyuarakan setiap aspirasi masyarakat Sumbar, Alhamdulillah pelantikan berjalan lancar dan langsung dipimpin oleh Ketua MPR, Bapak Bambang Soesatyo,” kata Rezka usai pelantikan.

Rezka menyinggung, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020 baru usai terselenggara pada 9 Desember 2020 lalu. Baik wajah baru maupun lama, Rezka berharap, semuanya dapat saling berkontribusi bagi masyarakat Sumbar. Pilkada telah usai, perbedaan pilihan sudah tidak ada lagi, mari kita bergandengan tangan untuk membangun daerah.

Untuk diketahui, pada Pilkada 2020, Sumatera Barat melangsungkan 14 pemilihan serentak. Jumlah itu, terdiri dari pemilihan gubernur dan pemilihan di tingkat 13 kota/kabupaten di Sumatera Barat.

Rezka juga mengatakan bahwa akan ikut andil dalam rangka sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat soal program vaksinasi yang akan segera dilakukan di Indonesia. “Sesuai pesan Pak Bamsoet, kami semua diminta untuk mengedukasi dan mensosialisasikan program vaksinasi yang akan segera diberikan kepada masyarakat,” ujar Rezka.

Selanjutnya, Rezka juga menyampaikan, akan terus berupaya untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan Pemeritah Kota/Kabupaten di dapil Sumbar II maupun Pemprov Sumbar. Demi kemajuan Sumbar, Ia berharap, semua masyarakat bersatu, bersama sama serta memberikan dukungan untuk pemerintah kab/kota/provinsi.

Disisi lain, Uni Rezka mendapatkan pesan yang sangat luar biasa dari Mantan Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja & Transmigrasi Kabinet Indonesia Bersatu, Bapak Fahmi Idris, juga banyak lagi tokoh dan masyarakat dari luak 50.

Fahmi Idris yang merupakan tokoh minang, menitipkan pesan, supaya Rezka mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang, adat budaya penting sekali dipegang oleh Rezka sebagai perempuan minangkabau.

Tokoh Minang Fahmi Idris menyampaikan pesan kepadanya untuk senantiasa menunjukkan adat, budaya dan keragaman yang ada di Sumatera Barat. “Sebagai salah satu bundo kanduang yang duduk di DPR/MPR, saya berharap saudari Rezka bisa menampilkan prinsip-prinsip kepemimpinan yang ada di Sumatera Barat”, ujar Fahmi Idris.

“Orang minang dikenal memiliki adat budaya yang cukup tinggi, elok dilihat, dan elok dirasakan masyarakat. Sebagai senior, harapan kami kepada Rezka agar tampil dengan baik mewakili masyarakat dan wanita Sumatera Barat. Selamat kepada Rezka, kita bersyukur Sumbar II memiliki perwakilan anggota DPR-RI perempuan, kebanggaan ini tentu juga dirasakan masyarakat Luak Limopuluah,” kata Fahmi.

Dipenutup pembicaraan Uni Rezka mengharapkan dukungan penuh dari seluruh pihak di ranah minang, Provinsi Sumatera Barat,”ucap srikandi Luak 50 itu.(*)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

halal bihalal

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan – siarminang.net

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan – Beritasumbar.com

Jakarta (siarminang.net) – Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta – Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

Halal Bihalal SPRI tersebut dihadiri oleh 100 lebih utusan dari hotel-hotel se-Indonesia, ada 217 hotel yang telah menjadi anggota SPRI, di antaranya; Group Hotel Marriot, The Ritz-Carlton, Sheraton Accor, Archipelago, IHG, Santika, Best Western, Alila, dan Shangri-la. Acara tahunan tersebut juga dihadiri oleh Dewanto dari Kementerian Dalam Negeri, serta  perwakilan dari beberapa Kementerian lainnya yang ikut mendukung upaya mengembalikan kejayaan industri perhotelan.

Yudito, Ketua Umum SPRI pada kata sambutannya di acara tersebut mengatakan, “Industri pariwisata Indonesia sempat jatuh diterpa pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 lalu, tapi perlahan kini mulai menggeliat naik. Hal ini didukung oleh Sumber Daya Manusia yang tentunya tidak mau lama-lama bersedih pada badai Covid-19 yang menimpa. Salah satunya adalah SPRI, organisasi yang menghimpun para sales hotel dari Sabang sampai Merauke.”

“SPRI dibentuk dalam upaya menyatukan visi dan misi di dunia sales hotel se-Indonesia, membuka jaringan baru kepada calon buyer, serta wadah untuk bersilaturahmi antar pejuang revenue di masing-masing hotel anggota SPRI,” kata Yudito.

Ahmad Gandi, Wakil Ketua Panitia Acara berharap, semoga Halal Bihalal tersebut bisa mendorong peningkatan kesadaran terhadap potensi industri hotel, dengan saling membantu antar hoteliers, berbagi lead, database, agar bisnis hotel makin pulih.

Halal Bihalal SPRI tersebut dimeriahkan dengan penampilan dua bintang tamu, grup band Supernova dan Ratu Anakonda, acara dipandu langsung oleh Madan Juis bersama Uda Fee, Presenter Kondang TVRI Jakarta.

Para peserta Halal Bihalal SPRI tersebut duduk pada round table dengan social distancing, makan malam pun digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Pihak hotel serta panitia acara menyediakan hand sanitizer untuk digunakan para peserta. Selama acara berlangsung, panitia selalu mengingatkan para peserta, agar prokes dilaksanakan secara disiplin, seperti; memakai masker, mengecek suhu tubuh di pintu masuk hotel dan pintu masuk ruangan acara.

Pada kesempatan yang sama, Billy Jo, Director of Sales and Marketing Hotel Aryaduta Tugu Tani mengatakan, “Terima kasih kepada SPRI, para pejuang pariwisata, untuk dapat selalu kompak di kondisi apapun, dan terus menerapkan tagline SPRI, Pantang Pulang Sebelum Confirm, demi keberlangsungan hidup orang banyak, khususnya para staff hotel di seluruh Indonesia.”

“Semoga acara ini diharapkan makin dapat menyatukan hoteliers, khususnya para sales hotel se-Indonesia, supaya terus memberikan kontribusi dengan kegiatan-kegiatan lain ke depannya yang tidak kalah menarik, demi mewujudkan Pariwisata Indonesia Hebat,” kata Billy Jo.

(Muhammad Fadhli)



Sumber

Baca Selengkapnya

Dunia

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN – siarminang.net

POSKO BERSAMA PPIPB TAPAN TANAM 1000 POHON DI HULU DAS BATANG TAPAN – Beritasumbar.com

siarminang.net (7/6/2021). Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Posko Bersama Pemuda Pelajar Islam Peduli Bencana (PPIPB) mengadakan kegiatan menanam pohon di Hulu Sungai Batang Tapan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu 6 Juni 2021, di daerah Hulu Sungai Batang Tapan terkhusus di Nagari Sungai Gambir Sako Tapan. Kegiataan ini merupakan kegiatan penutup dari rangkaian kegiatan Posko Bersama PPIPB.

Penanaman seribu pohon ini juga dilatarbelakangi karena seringnya banjir yang melanda Daerah Tapan, sehingga membuat PPIPB berinisiatif untuk melakukan Gerakan Menanam Seribu Pohon di Hulu DAS Batang Tapan Khususnya di Nagari Sako Tapan.

”Kegiatan ini merupakan recovery dari bencana banjir yang melanda Kecamatan Ranah Ampek Hulu dan Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Salah satu penyebab dari banjir di daerah Tapan ini  karena rusaknya hutan yang ada di Hulu DAS Batang Tapan. Selain itu, ini juga merupakan rangkain program dari PPIPB’’ ujar Muhammad Shaifulah selaku koordinator Posko Bersama PPIPB.

Kegiatan menanam pohon tersebut dibuka oleh Kasi Umum Camat sebagai perwakilan dari Camat Ranah Ampek Hulu yang berhalangan hadir. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Basa Ampek Balai, Babinsa, Babinkatibmas, Pok Darwis Sako, Perwakilan dari TNKS, dan Osis SMAN 1 Basa Ampek Balai, Imasta, Gentapala dan beberapa ormas yang terlibat serta Tokoh Masyarakat Tapan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tambah Beliau.



Sumber

Baca Selengkapnya

NASIONAL

Empat ASN Kemenag Kota Padang Panjag Terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah – siarminang.net

Empat ASN Kemenag Kota Padang Panjag Terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah – Beritasumbar.com

Padang Panjang, siarminang.net,_Sebanyak Empat ASN Kementerian Agama Kota Padang Panjang terima Sertifikat Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah yang diikuti oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam H. Syaiful Arifin, Dua orang Penghulu Jupagni dan Marliyus serta Satu orang Penyuluh Agama Islam Fungsional Ermasni hari Rabu s.d Jum’at, 2 s.d 4 Juni 2021 di Hotel Pusako Bukittinggi.

Bimtek Fasilitator Keluarga Sakinah ini diikuti oleh 80 orang peserta, meliputi Kasi Bimas Islam se Kabupaten/Kota, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Penghulu, Penyuluh se Sumatera Barat.

Kegiatan ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Bina Kantor Urusan Agama dan Bina Syariah (KUA Binsyar), Direktorat Jenderal (Ditjend) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenang RI, H.Muhammad Adib Machrus.

Muhammad Adib Machrus menyampaikan, “sebagai barometer lembaga sekaligus menjadi ujung tombak Kementrian Agama di Kecamatan, maka KUA bersama aparaturnya, baik sebagai Kepala, Penghulu, Penyuluh Agama dan Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya, harus mau dan mampu menjadikan lembaga bersama diri pribadi masing-masing sebagai pelayan”. Ungkapnya.

Bimtek fasilitator keluarga sakinah bagi ketahanan bangsa tingkat Sumatera Barat, yang dilaksanakan selama 3 hari ini, adalah sarana efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas dan kemandirian serta profesionalisme setiap pelayan Kementrian Agama di Kecamatan. “Saya yakin dan percaya, seluruh peserta Bimtek adalah pelaku dan pelayan kepada masyarakat, serta siap memberikan yang terbaik kepada masyarakatnya”, tuturnya.

Dilain sisi, Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang berharap kepada ASN yang telah selesai mengikuti Bimtek, agar kiranya dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dilapangkan untuk tercapainya pelayanan yang paripurna terhadap masyarakat. (Adi)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer