Connect with us

Limapuluh Kota

Satreskrim Polres Limapuluh Kota Amankan Pelaku Curanmor Roda 4 – siarminang.net

Satreskrim Polres Limapuluh Kota Amankan Pelaku Curanmor Roda 4 – Beritasumbar.com


Limapuluh Kota,- Jajaran Satreskrim Polres Limapuluh Kota bekuk pelaku curanmor pada Sabtu 10/10 subuh. Satu dari tiga anggota komplotan curanmor berhasil diamankan beserta dua unit kendaraan roda empat.  

Pihak kepolisian dari Satreskrim sempat kejar kejaran dengan pelaku. Alhasil tim yang dipimpin Aipda Bainur berhasil mengamankan satu dari tiga pelaku di depan rumah makan Padi Salibu Sibumbun Kecamatan Pangkalan Kabupaten Limapuluh Kota.

Menurut Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso, melalui Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan yang didampingi oleh KBO Reskrim Iptu Armi Ariosa, Sabtu 10 Oktober 2020, membenarkan ada penangkapan 1 dari 3 komplotan curanmor sebuah mobil L300 jenis Pikup berplat merah di kawasan hukum mereka.

Satu orang pelaku yang berhasil diamankan dan telah ditetapkan sebagai tersangka itu inisial Ir (35) alias In warga Jorong Kampung, Nagari Batu Kambing, Kecamatan Ampek Nagari, Agam. Adapun dua orang yang berhasil kabur dan kini menjadi DPO adalah masing masing, PIT alias Apuih dan A alias Anto.

Menurutnya peristiwa terjadi dari bermula kegiatan rutin Reskrim Polres Limapuluh Kota, patroli menjaga Wilayah Hukum agar aman dan terkendali.

Sesampai di kawasan Jorong Ketinggian Sarilamak, Harau, sekira pukul 03.30 WIB, saat hendak kembali ke Mapolres, tim Reskrim melihat dua unit mobil iring iringan melaju cukup kencang melintas di kawasan tersebut, menuju arah Pekanbaru.

Saat itu tim merasa curiga melihat dua unit mobil yang melintas tersebut. Salah satu mobil jenis Toyata Calya warna Orange BA 1566 TV, yang menyamarkan plat nomor polisinya dengan cat warna hitam. Mobil Cayla tersebut juga diiringi oleh L 300 pikup ber plat merah.

Merasa curiga, tim Opsnal Reskrim Polres Limapuluh Kota langsung menyusul iringian dua mobil tersebut untuk dihentikan. Namun setelah beberapa kali untuk dihentikan, 3 orang yang ada di atas iringan dua kendaraan itu tidak mau berhenti, sehingga terjadilah aksi kejar kejaran terhadap mereka.

Di kawasan depan PUSTU, Jorong Air Putih, salah satu mobil yakni L300 hilang kendali, dan masuk ke dalam halaman perkarangan warga. Namun saat polisi memeriksa, dua orang yang ada di atas mobil tersebut tidak ditemukan. Di duga keduanya telah terlebih dahulu melompat keluar dari kendaraan dan kabur. Saat dilakukan penyisiran dengan dibantu oleh warga setempat, keduanya belum berhasil ditemukan.

Selanjutnya polisi kembli mengejar satu mobil lagi yang kabur ke arah Pekanbaru. Dengan dibantu aparat Polsek Pangkalan, satu mobil jenis Toyata Calya berhasil dihentikan depan rumah makan Padi Salibu. Polisi berhasil mengamankan dan menangkap pengemudinya, inisial Ir alias In.

Saat dilakukan intogarsi, tersangka mengaku hendak membawa satu unit mobil jenis L 300 jenis pikup ber plat merah yang baru saja mereka gasak di Lubuk Sikaping Pasaman, pada Sabtu 10 Oktober 2020 dini hari, sekira pukul 01.00 WIB. Rencananya mobil curian itu akan mereka bawa ke kawasan Riau.

Saat dilakukan pengembangan kasus di Mapolres Limapuluh Kota, pelaku bersama dua orang kawannya juga pernah menggasak satu unit mobil L300 pick up dg nomor polisi BA 8066 MN pada Sabtu 5 September 2020, sekira pukul 02.00 WIB, di Jorong Ketinggian Nagari Sarilamak Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, dengan korbannya bernama Erlinda (45) warga setempat.

Saat ini satu unit mobil L 300 Plat merah dan 9 buah kunci leter T yang disita dari tangan tersangka telah diamankan. Polisi masih melakukan pengembangan kasus terkait mencari keberadaan barang bukti lainnya, papar Nofrizal Chan.



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Limapuluh Kota

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan – siarminang.net

Irfendi Arbi inginkan masyarakat taati Aturan Protokol Kesehatan – Beritasumbar.com

Lima Puluh Kota,- Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi terus berupaya mensosialisasikan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Pakai masker bila keluar rumah, hal ini disampaikan kepada Wali Nagari beserta perangkat ke Nagarian Simalanggang Kecamatan Payakumbuh, Kamis (22/10) di halaman kantor.

“Tetap di rumah dan hanya keluar bila memang benar-benar perlu. Ini penting, terutama bagi orang yang berisiko tinggi, termasuk orang lanjut usia dan yang memiliki riwayat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan paru” ,kata Irfendi Arbi.

Selalu gunakan masker saat keluar rumah. Karena kita mungkin membawa virus tapi tidak memiliki gejala atau hanya gejala ringan, sehingga bisa menularkan ke orang lain. Tapi masker harus dipakai dengan benar, pastikan masker menutupi hidung, mulut, dan dagu dan hanya dipakai satu kali. Masker kain dipakai ulang setelah dicuci dengan deterjen. tetapi masker medis harus dibuang begitu sampai di rumah, ucap Irfendi Arbi.

Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Saat menyentuh benda-benda yang sering disentuh orang lain seperti pegangan pintu, uang, meja makan, tangan Anda bisa terpapar virus. Mata, hidung, dan mulut merupakan pintu masuk virus.

“Selalu ambil jarak lebih dari 1 meter dari orang-orang saat berada di luar rumah. Kadang kita merasa tidak nyaman saat ada yang berdiri terlalu dekat, semisal saat mengantri. Jangan ragu, minta dengan sopan agar mereka menjaga jarak ”, tegas Irfendi Arbi.(humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan – siarminang.net

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan – Beritasumbar.com

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo benar-benar menyentuh sampai ke masyarakat bawah. Pro rakyat, begitulah sebutan lain terhadap program-program yang dicetuskan pasangan yang disingkat SALAM itu. Tak heran, popularitas serta elektabilitas dari calon Bupati dan Wakil Bupati Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo terus melejit.

Pada bidang pendidikan contohnya, calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung partai Demokrat-PAN- Partai Nasdem itu, tidak hanya sekedar memperhatikan kesejahteraan guru honorer saja. Melainkan, pasangan nomor urut 2 itu juga sudah memikirkan bagaimana nasib anak didik kedepannya.

Selama menjadi anggota DPRD Sumbar, banyak anggaran yang diperjuangkan Darman Sahladi untuk kemajuan Pendidikan Limapuluh Kota. Yaitu berupa beasiswa dan bantuan biaya Pendidikan, terutama bagi keluarga yang tidak mampu. Begitu juga apabila dirinya diamanahkan sebagai Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi akan mengalokasikan anggaran banyak untuk pendidikan. Terutama anggaran beasiswa serta bantuan biaya Pendidikan. Jumlahnya pun tak main-main, mencapai 10.000 beasiswa yang dialokasikan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo.

“Untuk menciptakan Limapuluh Kota Cerdas, tidak cukup melalui fasilitas pendidikan saja yang harus terpenuhi. Tetapi, pemerintah juga harus memikirkan terkait nasib anak didik, terutama dari segi dukungan biaya. Tidak semua anak didik dari kalangan keluarga mampu,”terang calon Bupati Darman Sahladi. Dengan kondisi itu, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo mengalokasikan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan sebagai program unggulan untuk pemerintahan Limapuluh Kota kedepan.

“Kami ingin, anak didik ceria ke sekolah, kita ingin orang tua tidak terbebani lagi oleh biaya pendidikan lain. Apabila semua terpenuhi, sehingga semuanya itu nantinya bermuara pada mutu Pendidikan Limapuluh Kota. Insha Allah Limapuluh Kota Cerdas bisa terwujud dengan baik,”katanya.

Kemudian, menurut Maskar M Dt Pobo, banyak anak didik Limapuluh Kota terutama dari kalangan keluarga menengah kebawah yang berprestasi. Tetapi, karena terkadang persoalan biaya sehingga pendidikan mereka tidak bisa dilanjutkan. “Ada anak didik yang putus dijalan karena persoalan biaya padahal mereka juara dan berprestasi. Kedepan kondisi seperti itu tidak ada lagi. Karena kami sudah mengalokasikan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan dalam menunjang prestasi anak,”terang Maskar M Dt Pobo.

Selain itu, katanya, pemerintahan kedepan, tidak akan mempersulit dalam pengajuan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan di Limapuluh Kota. “Ini juga yang kami tekankan. Pemerintah sifatnya melayani dan menjamin agar beasiswa dan bantuan biaya Pendidikan tersalurkan dan sampai ke penerima dengan baik. Sehingga, anak didik bersemangat dan tersenyum ke sekolah,”kata Maskar M Dt Pobo. (tim)



Sumber

Baca Selengkapnya

Limapuluh Kota

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28 – siarminang.net

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28 – Beritasumbar.com

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan MTQ Nasional ke 28 yang akan di helat di Sumatera Barat. Panitia lakukan seleksi Beberapa hari lalu panitia lakukan seleksi untuk mencari MC terbaik dari putra putri Ranah Minang ini.

Untuk Kabupaten Limapuluh Kota mengirim 2 Master of Ceremony (MC) terbaik mereka mengikuti seleksi tersebut. Tesi Febrina dan Prima Myfirston ikut seleksi bersama seratusan peserta dari daerah lain di Sumbar pada tanggal 14-15/2020 kemaren di Kota Padang.

Salah satu program menyemarakan gemar membaca Al Qur an dan memahaminya adalah dilaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur an (MTQ) secara berjenjang mulai dari tingkat Nagari/Desa sampai ke Tingkat Nasional. Sumbar tahun ini menjadi Tuan Rumah MTQ Nasional yang ke 28 yang juga sebelumnya sudah pernah menjadi tuan rumah MTQ ke 13 tahun 1983.

Dari 125 lebih peserta yang ikut seleksi, kedua orang utusan tersebut dinyatakan lulus seleksi oleh Dewan Juri yang bertaraf Nasional.Tesi Febrina  dan Prima Myfirston adalah MC Utama di Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah berpengalaman luas, bahkan Prima adalah anak muda kreaktif dan Sekretaris BAMUS Nagari Sungai Antuan Kecamatan Mungka dan juga pernah ikut Pertukaran Pemuda antar Provinsi yang ditempatkan di Palu Sulawesi Tangah.Diharapkan meraka membawa nama baik Sumatera Barat dipentas Nasional dan menjadi duta wisata Minangkabau selama perhelatan MTQ Nasional.

Ir.H.Irfendi Arbi, MP ketika diminta tanggapannya tentang prestasi ini, saya bangga  dengan keberhasilan utusan Limapuluh Kota untuk menjadi MC MTQ Nasional yang akan menjadi publik figur ini,mudah mudahan mereka dapat menjalankan tugas dengan profesional dan tidak lupa memperkenalkan Kabupaten Limapuluh Kota kepada Tamu yang hadir di ajang Nasional itu tutur Bupati yang setiap waktu selalu mengingatkan warganya untuk tidak terpapar Pandemi Covid 19, dengan mematuhi protokol kesehatan dalam kesehariannya.

MTQ Nasional akan berlangsung tanggal 12 sd 21 November 2020, dgn acara Pembukaan bertempat d Main Stadium Sumbar di Nagari Sikabu Kab.Padang Pariaman.Memperlombakan 8 cabang dengan venua di 12 lokasi di Padang dan Padang Pariaman.MTQ Nasional ke 28 di masa Pandemi ini akan melaksanakan Protokol Kesehatan yang ketat untuk semua pemangku kepentingan yg ikut dalam kegiatan.

Sekda Limapuluh Kota Widya Putra, M.Si mengucapkan terima kasih dan penghargaan untuk Tesi dan Prima yang telah membawa nama baik Luak Limopuluah. Semoga mereka berhasil dalam bertugas dan membawa nama harum Lima Puluh Kota,ujar Sekda. (humas)



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer