Connect with us

Padang

HMI Sumbar Pertanyakan Kesiapan KPU Sukseskan Pemilu – siarminang.net

HMI Sumbar Pertanyakan Kesiapan KPU Sukseskan Pemilu – Beritasumbar.com

Padang,- Pesta demokrasi pilkada serentak sudah hampir memasuki babak final. Komisi pemilihan umum ( KPU) provinsi ataupun kabupaten/ kota sudah menyiapkan strategi yang maksimal.

Namun lain halnya dengan keadaan dilapangan yang dinilai bertolak belakang dan belum maksimal seperti yang disampaikan secara tertulis oleh sutan mudo wakil sekretaris badko HMI Sumbar pada senin ( 26/10/20).

“Penyelanggara pemilu atau KPU dinilai belum maksimal karena sampai detik ini belum ada sosialisasi yang jelas kepada masyarakat terkait pelaksanaan pemilu mendatang” tulisnya jelas.

Selain itu, ditambahkannya bahwa transparansi anggaran pelaksanaan pilkada juga terlihat tidak jelas sehingga anggaran sosialiasasi tidak tersebar merata.

“Tranfaransi publik terkait anggaran dari APBD juga terlihat tidak maksimal dan terkesan tidak tepat sasaran” tulisnya

Semoga kondisi ini bisa menjadi rujukan bagi penyelanggara pemilu tutupnya. (Rezar)



Sumber

Baca Selengkapnya
Click to comment

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

audy

Audy Joinaldy Sanbangi Kantor DPN LPPKI – siarminang.net

Audy Joinaldy Sanbangi Kantor DPN LPPKI – Beritasumbar.com


Padang,siarminang.net,-Calon Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir.Audy Joinaldy mengunjungi kantor sekretariat Dewan Pimpinan Nasional Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (DPN LPPKI) Jalan Rimbo Data No 20 Kelurahan Bandar Buat,Kecamatan Lubuk Kilangan,Kota Padang Sumbar.
Pada Sabtu 28-November 2020.

Acara kegiatan kunjungan Calon Wakil Gubernur Sumbar dengan nomor urut 4 itu disambut oleh Ketua Umum DPN LPPKI Azwar Siri.SH beserta Ketua DPW LPPKI Sumbar Zul Erifal Efendi S.Pd,Ketua DPC LPPKI Kota Padang Ferdinan Chaniago,Sekretaris DPC LPPKI Kota Padang Suprihadi,beserta jajaran pengurus LPPKI lainya.

Dalam kesempatan kunjugan tersebut Audy Joinaldy menyampaikan sangat mendukung dan mensupport kegiatan LPPKI dalam membantu konsumen untuk memperjuangkan hak-haknya dan melakukan pencerdasan konsumen sehingga konsumen bisa memahami tentang hak dan kewajiban sebagai konsumen.

Dikatakan Audy lagi bahwa kegiatan LPPKI ini sangat mulia dan menjadi amal ibadah apabila dilakukan dengan niat yang tulus, yang diniatkan untuk membantu orang lain dalam menyelesaikan sengketa perkara konsumen serta bantuan advokasi hukum dan LPPKI juga nantinya bisa bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menyelesaikan kasus sengketa konsumen.
ujar Audy

Sedangkan Ketua Umum LPPKI Azwar Siri.SH menyampaikan visi dan misi LPPKI serta maksud dan tujuan apa itu LPPKI serta beberapa perkara konsumen yang telah diselesaikan oleh LPPKI, dan selanjutnya Azwar siri selaku Ketum LPPKI menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan dan dukungan Calon Wakil Gubernur Audy Joinaldy kepada DPN LPPKI yang sekarang dipimpinnya itu berpusat di Kota Padang Sumbar.
LPPKI bukan saja mempunyai DPC dan DPW di daerah Sumbar,akan tetapi sudah mempunyai beberapa DPC dan DPW di daerah se Indonesia. ucap azwar siri

Ditambahkan oleh Ketum LPPKI menyebutkan bahwa apabila bapak Ir.Audy Joinaldy terpilih dan diridhoi Allah SWT menjadi Gubernur Sumbar. Semoga Amanah memimpin Sumatera Barat ini untuk 5 tahun kedepannya pungkas azwar siri. Pada sesi akhir acara kunjungan tersebut Audy Joinaldy foto dan makan bersama dengan pengurus,anggota LPPKI. (Andra)



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang – siarminang.net

Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Hidup Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang – Beritasumbar.com

Padang,siarminang.net,-Pada hari jum’at (27/11) Tim Pengabdian kepada Masyarakat yang terdiri dari Pasar Rabu Tani – Koperasi Mandiri Dan Merdeka (PRT – KMDM), Tim Pusat Tanggap Bencana (PTB) LPPM Unand, serta dosen dan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Menanamkan Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal) Pada Santri TPA di Kota Padang.  Berdasarkan data di Instagram  @pandemictalks pada tanggal 27 Nov 2020 Indonesia berhasil memecahkan dua rekor sekaligus terkait jumlah kasus harian COVID-19 yang telah menembus angka 5.828 kasus dalam sehari dan angka kematian harian sebanyak 169 orang. Sehingga apabila di kalkulasi berarti setiap jam ada 242 kasus baru ada 7 orang Indonesa meninggal karena COVID-19.

Data tersebut membuktikan masih sangat diperlukannya menumbuhkan kesadaran berbagai elemen masyarakat agar lebih peduli terhadap COVID-19 baik kepada dirinya sendiri dan orang lain dalam mencegah dan memutus rantai penularan COVID-19. Salah satu kelompok yang berisiko tinggi tertular infeksi COVID-19 adalah anak usia sekolah/TPA.  Berdasarkan hasil observasi langsung di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Amanah Bandarasah, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, hampir sebagian besar anak TPA tidak memakai membawa dan tidak memakai masker.

Data ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Mansur dkk (2020), yang menyatkan bahwa kurangnya pemahaman masih menjadi permasalahan pada anak usia sekolah mengenai gejala COVID-19 dan masih rendahnya sikap anak dalam  upaya perlindungan diri terhadap pandemic. Kondisi ini berpotensi meningkatkan risiko penularannya terhadap anak-anak. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa edukasi adaptasi kegiatan baru dalam menghadapi COVID-19 bagi anak TPA  sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap pencegahan terhadap COVID-19 pada anak-anak.

Sebelum melakukan kegiatan pengabdian, tim datang sebelum waktu solat ashar, sebelumnya tim juga berdiskusi dengan salah satu ustadzah di TPA tersebut tentang kondisi masyarakat di sekitar TPA. Tim kemudian melaksanakan ibadah solat ashar terlebih dahulu. Setelah itu acara dibuka oleh Virtuous Setyaka dari PRT KMDM, kemudian dilanjutkan dengan edukasi tentang virus korona, tanda dan gejala, cara pencegahannya yang meliputi mencuci tangan, memakai masker.

Pengabdi menggunakan metode bercerita sambil diselingi kegiatan tanya jawab untuk meningkatkan keterlibatan santri dalam kegiatan penyuluhan.  Penyajian materi dilakukan dengan media banner.  Para Santriwan dan santriwati juga diajak untuk mendemonstrasikan cara mencuci tangan dengan benar.  Edukasi New Normal yang disampaikan oleh Said seorang Mahasiswi Prodi S-1 Keperawatan Unand dengan mengajak para Santri TPA untuk menerapkan gaya hidup baru di era new normal yanitu dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau yang dikenal dengan istilah 3 M. Santri TPA terlihat sangat senang mengikuti kegiatan pendidikan kesehatan tentang COVID-19, santri terlihat sangat antusias.  Setelah acara selesai, dilanjutkan dengan kegiatan pembagian Paket Sedekah Pangan segar, sehat, dan ramah lingkungan untuk  54 Santri, lima orang Guru, dan seorang Kepala TPA yang dihimpun dari para donatur. 

Ketika mulai dibagikan, diiringi doa dari para Santri untuk para donatur agar senantiasa dilapangkan rezkinya, diberikan kesehatan, serta keselamatan. Sebelum acara ditutup, salah seorang dosen dari Bagian Maternitas Anak yaitu Ns. Arif Rohman Mansur, S.Kep., M.Kep memberikan beberap quiz untuk para Santri, bagi yang berhasil menjawab akan diberikan “Komik Edukasi COVID-19”, sebanyak lima eksemplar komik berhasil didapatkan oleh lima orang Santri TPA. Komik tersebut juga sebagai salah satu media edukasi yang terbukti efektif dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan COVID-19. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya mengingatkan semua pihak tanpa terkecuali agar tetap waspada terhadap penyakit COVID-19 karena virus korona masih ada dan nyata walupun saat ini kita sudah masuk di era new normal.

Penulis: Arif Rohman Mansur

Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.



Sumber

Baca Selengkapnya

Padang

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang – siarminang.net

Dosen UNAND Melakukan Program Kimitraan Masyarakat di Posyandu Anggrek 2 Sebarang Padang – Beritasumbar.com

Padang,- Pada saat ini masih ditemukan balita dengan kasus gizi kurang dan gizi buruk di kota Padang, karena penanganan masalah gizi kurang dan gizi buruk belum maksimal. Penderita gizi kurang dan gizi buruk terbanyak pada balita usia emas di bawah 2 tahun. Berdasarkan survei yg dilakukan ditemukan balita anggota Posyandu Anggrek 2 mengalami gizi kurang dan gizi buruk. Berdasarkan observasi yang dilakukan secara dari rumah ke rumah (door to door) oleh tim peneliti, penyebab utama dari gizi kurang dan gizi buruk pada balita Posyandu Anggrek 2 adalah kurangnya pengetahuan ibu balita tentang pentingnya makanan bergizi untuk tumbuh-kembangnya balita, kesehatan dan imunitas, disamping itu kondisi ekonomi keluarga dan jumlah anak juga sangat berpengaruh terhadap status gizi balita.

Hal ini mendorong tim peneliti dari Jurusan Kimia FMIPA dan Fakultas Farmasi Unand  melaksanakan kegiatan ”Program Kemitraan Masyarakt (PKM) Posyandu Anggrek 2 di kelurahan Seberang Padang, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang”. Program ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang didanai oleh didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Deputi Bidang Penguatan Risbang Kemenristek/BRIN.

Baca Juga: Program Rutin Jumat Berkah Bersama Koperasi Mandiri Dan Merdeka Melalui Unit PRT

Kegiatan ini bertujuan untuk bertujuan untuk meningkatkan gizi balita anggota Posyandu Anggrek 2 dan meningkatan pengetahuan ibu dari balita tentang makanan bergizi dan cara pengolahan makanan agar tidak kehilangan nutrisi nya. Membarikan pengatahuan tentang manfaat Spirulina platensis sebagai suplement bernutrisi tinggi.

Tim diketuai oleh Dr. Armaini, MS. dengan anggota Prof. Dr. Yetria Rilda (Kimia-FMIPA) dan Dr. Netti Suharti (Fakultas Farmasi), serta melibatkan 2 orang mahasiswa. Solusi yang diberikan tim PKM untuk mengatasi masalah gizi kurang dan gizi buruk dilakukan dalam 2 bentuk kegiatan. Pertama memberikan kapsul Spirulina platensis yang merupakan suplement bernutrisi tinggi, disertai pemberian menu makanan bergizi untuk meningkatkan status gizi balita dari gizi kurang dan gizi buruk menjadi gizi baik dan juga meningkatkan imunitas balita. Status gizi balita ditentukan bardasarkan indek Antropometri (berat badan/umur dan tinggi badan/umur ) untuk menentukan status gizi balita merujuk pada Surat Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (SK MEMKES No: 1995/MENKES/SK/XI/2010).

Kegiatan kedua memberikan penyuluhan yang diberikan dengan 3 tahap yaitu penyuluhan sosialisai COVID-19 untuk penerapan protokol COVID-19, waspadai gejala, penanganan dan peningkatan imunitas selama pendemi, penyuluhan tentang gejala gizi buruk, makanan bergizi yang dapat meningkatkan status gizi dan imunitas, penyuluhan manfaat Spirulina platensis sebagai suplement nutrisi tinggi untuk meningkatkan gizi dan sebagai antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan imunitas pada balita.

Kegiatan ini mendapat tanggapan positif dan ucapan terima kasih dari ibu dari balita anggota Posyandu Anggrek 2 kepada tim PKM Unand karena telah membantu mengatasi masalah gizi kurang dan gizi buruk pada anak mereka, Pemberian kapsul Spirulina platensis telah dapat meningkatan status gizi balita dan penyuluhan memberikan pengetahuan tentang gizi dan makanan dan menu balita bergizi tinggi, manfaat Spirulina platensis, pengetahuan tentang COVID-19 dan peningkatan imunitas keluarga. Kami tim PKM sangat senang karena kegiatan ini telah dapat membantu masalah gizi balita Posyandu Anggrek 2 di Sebarang Padang.

Tim pelaksanaan kegiatan mengucapkan terima kasih untuk respon yang positif dan dukungan dari Kepala Puskemas Sebarang Padang, dr. Desy Susanti dan petugas Puskesmas untuk kegiatan Posyandu Rahmawati S.ST, M.Kes. Keberadaan dan konstribusi mitra yaitu tim kadar Posyandu yang diketuai oleh Roza Yusra dan anggotanya sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan dilapangan.



Sumber

Baca Selengkapnya

Populer